Ada Kejanggalan, Kontras Tolak Rekonstruksi Penembakan 6 Laskar FPI

sekilasdunia.com – Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras) menemukan sejumlah kejanggalan dari hasil rekonstruksi penembakan yang menewaskan enam anggota Laskar Front Pembela Islam (FPI).

Sebanyak 58 adegan diperagakan dalam rekonstruksi baku tembak 6 pengawal Habib Rizieq dengan polisi pada Senin (13/12) dini hari. Ada 4 Tempat Kejadian Perkara (TKP) yang didatangi petugas untuk rekonstruksi dari pukul 00.35 WIB hingga pukul 04.00 WIB.

Kejanggalan itu ditemukan Kontras dari beberapa pernyataan pihak kepolisian yang kontradiktif dengan hasil rekonstruksi yang digelar.

"Ada beberapa kejanggalan yang kami temukan di polisi, bahwa korban-korban ini meninggal di mobil, terus dia diduga melawan juga, ada sejumlah pernyataan pernyataan kontradiktif," kata Wakil Koordinator Kontras Rivanlee Anandar, Senin (14/12/2020).

Secara tegas Kontras menolak menghadiri undangan rekontruksi dengan alasan independensi. Kejanggalan ditemukan dari pernyataan Kepolisian yang dianggap kontradiktif dengan hasil rekontruksi. Kejanggalan lainnya yakni pihak kepolisian tak mengundang pihak FPI untuk mengawal kasus tersebut

Kontras berharap kasus penembakan tersebut dapat diselesaikan oleh tim independent dari Komnas HAM. (ims)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *