Arab Saudi Tutup Penerbangan Internasional Akibat Varian Baru Covid-19

 


sekilasdunia.com - Arab Saudi menghentikan semua penerbangan internasional menyusul munculnya varian baru virus Corona yang menyebar cepat di Inggris. Saudi juga menangguhkan arus masuk ke kerajaan tersebut melalui pelabuhan darat dan lautnya setidaknya selama seminggu. 

Keputusan penutupan sementara penerbangan internasional ke Arab Saudi itu mulai berlaku pada Senin (21/12/2020), dan bisa diperpanjang hingga pekan berikutnya.

Ketua Bidang Umrah Asosiasi Penyelenggara Umrah (AMPHURI) Zaki Zakariya mengatakan, pada hari ini ada beberapa biro perjalanan yang akan memberangkatkan jemaah melalui penerbangan Garuda Indonesia pada pukul 13.00 WIB, berdasarkan pemberitahuan resmi dari Garuda Indonesia yang diterima pihaknya, penerbangan dari Jakarta menuju Jeddah untuk penumpang GA 9802/21 Desember 2020 dibatalkan karena adanya Restriksi dari Kerajaan Saudia Arabia. 

"Posisi jemaah umrah yang hari ini akan berangkat masih berada di Hotel Ibis Style Bandara, posisi masih di lobby belum naik bis menuju bandara," kata Zaki Senin (21/12/2020). 

Sementara itu, terkait jumlah dan kondisi jemaah umrah yang telah berada di Saudi, belum ada info lebih lanjut. Seperti diberitakan sebelumnya, melansir Arab News, Minggu (20/12/2020), bagi beberapa penerbangan yang luar biasa masih diperbolehkan memasuki Saudi, dengan catatan menjalani karantina mandiri selama dua minggu, melakukan tes Covid-19, dan kembali melakukan tes Covid-19 setiap lima hari.

Selain jalur penerbangan, akses masuk ke Arab Saudi melalui darat dan laut pun masih ditangguhkan selama seminggu. Akses barang, komoditas, dan rantai pasokan dari negara lain tetap diperbolehkan masuk ke Saudi. 

Perlu diketahui Arab Saudi sejauh ini telah mencatat lebih dari 361.000 kasus infeksi Corona, termasuk lebih dari 6.000 kematian - tertinggi di antara negara-negara Teluk Arab. Tetapi kerajaan itu juga melaporkan tingkat kesembuhan yang tinggi.

 (ims)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *