Pihak Istana Mengisyaratkan Presiden Jokowi Segera Reshuffle Kabinet

sekilasdunia.com - Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Donny Gahral Adian mengatakan, perombakan ( reshuffle) Kabinet Indonesia Maju dipastikan segera dilakukan. Namun waktu perombakan belum bisa dipastikan.

"Saya hanya bisa katakan segera," ujar Donny Selasa (22/12/2020). 

Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono juga menyebut Presiden Joko Widodo  akan memanggil para calon menteri baru terkait rencana reshuffle kabinet ke Istana Negara, Jakarta pada hari ini Selasa, 22 Desember 2020.

"Iya. Akan diperkenalkan kepada publik oleh bapak presiden. Tentu waktunya akan menyesuaikan dengan jadwal Presiden Jokowi. Bisa pagi atau siang," ujar Heru, Senin malam, (21/12/2020)

Diberitakan sebelumnya, isu perombakan Kabinet Indonesia Maju semakin kencang berembus. Sejak Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo serta Menteri Sosial Juliari Batubara dicokok Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), publik terus berspekulasi tentang pengganti dua sosok ini. 

Spekulasi muncul bahwa reshuffle akan dilakukan pada Rabu Pon, 23 Desember 2020. Hari tersebut bertepatan dengan weton atau hari lahir Presiden Jokowi berdasarkan penanggalan masyarakat Jawa. Dalam kepercayaan masyarakat Jawa, weton merupakan hari istimewa yang bisa menjadi dasar untuk menentukan hari baik atau hari keberuntungan seseorang. Selama enam tahun pemerintahannya, Jokowi beberapa kali merombak kabinet bertepatan dengan hari Rabu Pon.

Sejumlah pengamat memprediksi kali ini akan menjadi momentum bagi Jokowi untuk melakukan reshuffle kabinet besar-besaran mengganti para menteri yang dianggap performanya kurang bagus selama ini.(ims)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *