Presiden Jokowi Gratiskan Vaksin COVID-19 Untuk Masyarakat


sekilasdunia.com – Presiden Joko Widodo mengumumkan bahwa pemerintah akan menggratiskan semua vaksin Covid-19. Keputusan ini diambil setelah para pemangku kepentingan menerima banyak masukan dari masyarakat dan mengalkulasi ulang keuangan negara. 

"Jadi setelah menerima banyak masukan dari masyarakat dan setelah melakukan kalkulasi ulang, melakukan perhitungan ulang mengenai keuangan negara, dapat saya sampaikan bahwa vaksin Covid-19 untuk masyarakat adalah gratis. Sekali lagi gratis, tidak dikenakan biaya sama sekali," kata Jokowi melalui tayangan YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (16/12/2020).

Atas keputusan ini, Jokowi menginstruksikan jajaran kabinet di semua kementerian/lembaga serta pemerintah daerah untuk memprioritaskan program vaksinasi pada tahun anggaran 2021. 

Presiden Jokowi juga mengintruksikan kepada Menteri Keuangan Sri Mulyani untuk memprioritaskan dan merealokasi anggaran lain untuk program vaksinasi gratis.  

Presiden Joko Widodo menegaskan dirinya akan menjadi pihak pertama yang akan mendapatkan vaksinasi Covid-19. Menurut dia, ini dilakukan untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat bahwa vaksin Covid-19 aman digunakan.

"Saya juga ingin tegaskan lagi nanti saya yang akan menjadi penerima pertama, di vaksin pertama kali. Hal ini untuk memberikan Kepercayaan dan keyakinan kepada masyarakat bahwa vaksin yang digunakan aman," jelas dia saat memberikan keterangan pers, Rabu (16/12).

Sebelumnya, pemerintah merancang dua skema vaksinasi Covid-19, yakni vaksinasi gratis (subsidi) dan berbayar (mandiri). 

(ims)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *