Presiden Jokowi Luncurkan Lembaga Pengelola Investasi Pada Tahun 2021

sekilasdunia.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan pemerintah menetapkan nama Indonesia Investment Authority (INA) untuk Sovereign Wealth Fund (SWF) atau Lembaga Pengelola Investasi (LPI) di Indonesia. Lembaga itu akan diluncurkan pada awal 2021.

“Di awal 2021  kita akan luncurkan SWF Sovereign Wealth Fund yang bernama INA (Indonesia Investment Authority)," kata Jokowi saat membuka acara Outlook Perekonomian Indonesia 2021, secara virtual yang disaksikan di Hotel Kempinski, Selasa (22/12/2020).

Meski baru akan diluncurkan pada awal tahun depan, INA sudah mendapatkan ketertarikan untuk investasi dari sejumlah lembaga yang berasal dari Amerika Serikat (AS), Jepang, Uni Emirat Arab, Arab Saudi, dan Kanada.

"Dalam situasi pandemi ini kita semua harus mampu bergerak cepat, mampu perkuat kerja sama dan sinergi. Saya optimistis kita akan bangkit, ekonomi akan pulih kembali normal," pungkasnya.

Diketahui, pemerintah akan menyuntikkan dana senilai Rp75 triliun untuk modal awal SWF. Suntikan dana berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2020 dan sumber lainnya.

Keputusan ini tertuang di Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 74 Tahun 2020 tentang Modal Awal Lembaga Pengelola Investasi. Selain itu juga diatur di PP Nomor 73 Tahun 2020 tentang Lembaga Pengelola Investasi.

Kedua beleid diteken kepala negara pada 14 Desember 2020 dan diundangkan pada 15 Desember 2020.

SWF nantinya akan menjadi lembaga yang diberi kewenangan khusus (sui geneis) dalam rangka pengelolaan investasi pemerintah pusat. Lembaga ini akan berkantor pusat di Jakarta dan dapat mempunyai kantor di luar Jakarta dan di luar Indonesia.

(ims)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *