Tim penyelidik COVID-19 WHO akan Investigasi ke China Awal Januari 2021


sekilasdunia.com – Tim penyelidik COVID-19 World Health Organization (WHO) mengumumkan bahwa tim internasional yang dipimpin oleh badan PBB tersebut akan bertolak ke China pada pekan pertama Januari guna menginvestigasi asal-usul Covid-19 pada Januari 2021.

Dikutip dari Reuters, Kamis (17/12/2020), WHO menyebut bahwa China menyambut tim penyelidik Covid-19 internasional yang diperkirakan akan melakukan perjalanan ke China pada awal Januari 2021. Direktur Darurat Regional WHO di Pasifik Barat Babatunde Olowokure mengatakan, WHO tengah berbicara dengan China mengenai ke mana para penyelidik akan melakukan perjalanan di China guna menyelidiki virus corona. 

“WHO terus mengontak China dan berdiskusi soal tim internasional serta tempat-tempat yang mereka kunjungi. Pemahaman kami saat ini adalah bahwa China menyambut tim internasional dan kunjungan mereka. Kunjungan ini, sejauh yang kami ketahui pada awal Januari," kata Babatunde.

Seorang biolog yang ikut dalam kunjungan WHO itu mengatakan, bahwa lembaga kesehatan PBB tersebut tidak mencari siapa yang harus disalahkan. Tapi cara untuk mencegah pandemi di masa depan.

“Ini bukan tentang menemukan negara yang bersalah, Ini tentang mencoba memahami apa yang terjadi dan melihat apakah berdasarkan data itu, kami dapat mengurangi risiko di masa depan,” kata Fabian Leendertz dari pusat pencegahan dan pengendalian penyakit Jerman, Robert Koch Institute seperti dikutip BBC.

Dapat diketahui, bahwa pada awal pandemi Covid-19 diyakini berasal dari ‘pasar basah’ di Wuhan, Provinsi Hubei. Diduga tersebar melalui penularan dari hewan ke manusia. Tapi sekarang, para pakar menilai virus itu hanya diperkuat di sana.

 (ims)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *