Sudah Terima EUL dari WHO, Menlu : Indonesia Menggunakan 3 Jenis Vaksin

sekilasdunia.com –  Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi menegaskan bahwa Indonesia menggunakan vaksin Covid-19 yang memenuhi kualitas, keamanan dan keefektifan yang disyaratkan internasional. 

Terkait hal itu, Retno LP Marsudi memerinci Indonesia saat ini menggunakan 3 jenis vaksin, yaitu Sinovac, AstraZeneca dan Sinopharm. Ketiga jenis vaksin tersebut semuanya telah memperoleh Emergency Use Listing (EUL) dari WHO. 

"Ini tentunya menunjukkan bahwa vaksin yang dipakai di Indonesia telah memenuhi persyaratan internasional dalam hal kualitas, keamanan dan efektivitasnya untuk digunakan pada masa darurat kesehatan," ujar Retno saat menyambut kedatangan 1.504.800 dosis vaksin AstraZeneca melalui jalur multilateral Covax Facility, Kamis (10/6/2021) malam.

Sebagai informasi, sampai hari ini WHO telah memberikan EUL kepada 6 jenis vaksin yaitu Pfizer, Johnson & Johnson, Moderna, Astrazeneca, Sinopharm dan Sinovac. 

Sebelum menerima 1.504.800 dosis vaksin AstraZeneca semalam, pada 5 Juni 2021, Indonesia juga telah menerima 313.100 dosis vaksin AstraZeneca, yang juga berasal dari Covax Facility, maka jumlah total vaksin AstraZeneca dari Covax Facility yang diperoleh secara gratis adalah 8.228.400 dosis vaksin jadi.

 (ims)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *