HUT ke 41 Satpam, Polri Perkenalkan Seragam Baru Bewarna Cream

 

sekilasdunia.com - Polri resmi perkenalkan seragam baru milik personel Satuan Pengamanan (Satpam) berwarna krem saat upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-41 di Lapangan Bhayangkara, Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (2/2/2022). 

Tema perayaan HUT ke-41 Satpam tahun ini adalah “Bersama Polri, Satpam Siap Menjaga Kamtibmas dan Penanggulangan COVID-19”. 

Dalam kesempatan ini, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyampaikan amanatnya kepada para Satpam di Indonesia senantiasa berlaku profesional dalam mengemban fungsi kepolisian terbatas dan kehadiran dirasakan masyarakat. 

"Terima kasih dan apresiasi kepada seluruh Satpam atas kerja keras dan pengabdiannya memelihara stabilitas kamtibmas terjaga dan tetap kondusif, Satpam diharapkan mampu mendeteksi potensi kejahatan secara dini dan dapat melakukan tindakan pencegahan serta cepat sebagai bagian dari pemolisian yang prediktif,” kata Sigit.

Polri mengubah warna seragam satpam karena dinilai terlalu mirip dengan seragam anggota kepolisian. Masyarakat sering bingung membedakannya, sehingga warna seragam satpam yang diganti.

Nantinya seragam baru tersebut akan digunakan setelah Peraturan Polisi (Perpol) Nomor 2/2020 tentang Pamswakarsa selesai direvisi. Proses transisi seragam baru Satpam juga akan dilakukan dalam kurun waktu setahun setelah Perpol direvisi.

Perlu diketahui, Satpam resmi dibentuk pada 1980. Satpam dikategorikan sebagai pengamanan swakarsa sesuai pasal 3 ayat (1) Undang-Undang Nomor 2 tahun 2002. 

 (ims)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *