Presiden RI Joko Widodo Resmikan Papua Street Carnival

Sekilasdunia.com - Presiden RI Joko Widodo meresmikan pembukaan Papua Street Carnival pada Jumat (7/7/2023) pukul 07.30 WIT, yang dipusatkan di depan Kantor Gubernur Papua di Jayapura.

"Dengan memohon berkah dan anugerah Tuhan Yang Maha Esa, pada pagi hari ini Papua Street Carnival secara resmi saya nyatakan dibuka dan dimulai," ujar Jokowi, dikutip dari setkab.go.id, Jumat (7/7/2023).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyatakan bahwa karnaval tersebut merupakan perayaan bagi pelaku ekonomi kreatif (parekraf) di seluruh wilayah Papua.

Ia menjelaskan acara yang dirancang digelar tahunan itu sebagai tindak lanjut dari arahan Presiden Jokowi saat peresmian Papua Youth Creative Hub di Jayapura pada 21 Maret 2023.

Papua Street Carnival mengangkat tema Papua Extravaganza (The East Great Spririt). Acara itu berkiblat pada kemeriahan Rio Carnival, pesta karnaval Rio de Janeiro di Brasil, mengingat lokasinya sama-sama di tepi pantai. Rencananya karnaval akan menampilkan parade ratusan busana karnaval dengan melibatkan ribuan pengisi acara.

Kegiatan tersebut juga akan disemarakkan dengan pameran ratusan UMKM kreatif dengan ribuan pelaku ekonomi kreatif. Di samping itu, panitia juga menyiapkan ratusan perahu hias.

"Ini nantinya bisa menjadi agenda event tahunan dan bisa seperti Rio Carnival di Brasil, atau Mardi Gras Festival di Amerika. Kalau di Indonesia mungkin mirip saudaranya yang ada di Jawa Timur, yaitu Jember Fashion Carnaval," kata Sandiaga dalam The Weekly Brief with Sandi Uno di Jakarta, Senin, 3 Juli 2023.

(ims)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *