Proyek Bandara IKN Beroperasi 1 Agustus 2024, Progresnya Seperti Ini

 


sekilasdunia.com - Kepala Bagian Kerja Sama Internasional, Humas, dan Umum Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Udara Kemenhub Mokhammad Khusnu menjelaskan saat ini proses pembangunan bandara IKN berjalan lancar. 

Secara umum progres pembangunan fasilitas bandara sisi darat per hari ini sudah mencapai 35,5%. Karenanya ia merasa cukup yakin pembangunan Bandara IKN dapat dilakukan sesuai dengan target dari pemerintah.

"Progres pembangunan fasilitas sisi darat sebesar 35,5% (terminal 30%, pekerjaan infrastruktur 41%, fasilitas penunjang 35,5 %). Untuk fasilitas sisi darat tidak ada kendala yang berarti, hanya terkendala cuaca hujan," ujar Khusnu, Selasa (4/6/2024).

Selain itu, seluruh lahan yang digunakan untuk proyek infrastruktur bandara ini 100% sudah dibebaskan, sehingga mempercepat proses pembangunan fisik bandara.

Sebagai tambahan informasi, sebelumnya Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi telah memastikan bandara di IKN, Kalimantan Timur, siap beroperasi 1 Agustus 2024. Kepastian ini disampaikan Menhub usai mengecek langsung progres pembangunan bandara tersebut.

Saat itu Budi Karya sempat mengunjungi beberapa titik bandara seperti lokasi landasan pacu dan gedung terminal. Menurutnya, progres pembangunan di dua lokasi ini dan sejumlah fasilitas lainnya secara garis besar sudah baik dan sesuai rencana.

Dijelaskan progres pekerjaan fisik Bandara IKN hingga awal Juni 2024 ini telah mencakup beberapa aspek yakni pekerjaan baja, instalasi pipa plumbing, atap, dinding, dan elektrikal di Terminal VVIP. Pekerjaan kolom, instalasi pipa plumbing, dan rangka baja di Terminal VIP.

Kemudian ada juga pekerjaan struktur atas lantai 1-4 Gedung ATC, pekerjaan pilecap dan instalasi plumbing Gedung Administrasi dan Operasional, pekerjaan minipile dan pipa plumbing di Gedung PK-PPK, serta pekerjaan struktur atas gedung substation.

Aspek lainnya pekerjaan struktur atas gedung peribadatan, pekerjaan struktur lab karantina, pekerjaan minipile bangunan power house, pekerjaan cut & fill, galian U-ditch, geotextile, agregat di Jalan Akses Utama (uditch), Embung, dan Jalan Perimeter Barat.

Setelahnya ada juga pekerjaan pondasi pancang Gedung Ruang Pompa dan GWT, serta STP, serta pekerjaan pondasi rumah dinas. Hingga kini proses pengerjaan proyek bandara IKN ini masih terus dikebut agar rampung tepat waktu.


(ims)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *