Arca Ganesha Ditemukan Saat Gali Pondasi Rumah di Sleman

By On Juni 29, 2024


sekilasdunia.com - Sebuah arca berwujud Ganesha setinggi kurang lebih 84 sentimeter (cm) ditemukan di wilayah permukiman warga, daerah Sayidan, Sumberadi, Mlati, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Patung tersebut ditemukan oleh Nur Sarjiman (65), seorang tukang bangunan yang melakukan penggalian untuk pondasi cakar ayam bangunan rumah, Rabu (26/6/2024) siang kemarin. Aerca tersebut ditemukan pada kedalaman sekitar satu meter. Kala melakukan penggalian, linggisnya tiba-tiba membentur sebuah benda keras.

"Posisinya tengkurap, saya gali, begitu saya congkel ternyata tangan dan putus. Saya lanjutin ternyata ada kepala gajah," kata Sarjiman ditemui di lokasi.

Selain bagian yang terkena linggis, menurut Sarjiman, arca tersebut masih berbentuk Ganesha. Termasuk satu tangan lainnya yang memegang ujung belalai. Ia juga menemukan batu berbentuk segi empat menyerupai stupa di samping arca Ganesha itu.

Arca Ganesha itu baru diangkat keluar lubang galian Kamis (27/6/2024) kemarin. Sarjiman menyebut butuh tenaga enam orang untuk mengangkat arca Ganesha tersebut.

Arca Ganesha itu sekarang sudah dipindah ke kediaman pemilik lahan ditemukannya arca. Petugas Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman terlihat melakukan pengukuran pada temuan itu.

Jajaran Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) Wilayah X juga sedang menuju lokasi.

(ims)



 Gunung Ibu Meletus Dahsyat Luncurkan 7.000 Meter Abu Vulkanik Siang Ini

By On Juni 29, 2024

sekilasdunia.com - Gunung Ibu kembali erupsi dahsyat pada Jumat (28/6/2024), pukul 11.44 WIT. Laporan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyebutkan, tinggi kolom letusan Gunung Ibu teramati mencapai 7.000 meter di atas puncak, atau sekitar 8.325 meter di atas permukaan laut.

“Terjadi erupsi G. Ibu pada hari Jumat, 28 Juni 2024, pukul 11:44 WIT. Tinggi kolom letusan teramati ± 7000 m di atas puncak (± 8325 m di atas permukaan laut),” ujar Petugas Pos Gunung Api, Ridwan Djalil dalam keterangannya.

Ridwan mengatakan, kolom abu teramati berwarna kelabu hingga hitam dengan intensitas tebal ke arah selatan dan barat daya. Saat laporan ini dibuat, erupsi masih berlangsung. 

Sementara itu, Ridwan meminta agar masyarakat di sekitar Gunung Ibu dan pengunjung atau wisatawan agar tidak beraktivitas di dalam radius 4 km dan perluasan sektoral berjarak 7 km ke arah bukaan kawah di bagian utara dari kawah aktif Gunung Ibu.

“Jika terjadi hujan abu, masyarakat yang beraktivitas diluar rumah disarankan untuk menggunakan pelindung hidung, mulut (masker) dan mata (kacamata),” imbaunya.

(ims)

 Hasil Drawing Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026,Ini Hasilnya

By On Juni 29, 2024

sekilasdunia.com - Drawing putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 selesai digelar Kamis (27/6/2024) pukul 14.00 WIB di markas AFC, Kuala Lumpur, Malaysia. 

Pada putaran ketiga, Skuad Garuda berada satu grup dengan sejumlah negara raksasa Asia langganan Piala Dunia. Adapun pembagian grup pada putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, berdasarkan enam pot yang masing-masing terdiri dari tiga negara. Jika berhasil melewati putaran ketiga ini, Indonesia akan melenggang ke Piala Dunia 2026.

Hasil drawing putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Berikut hasil drawing putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 : 

Grup A:

Iran

Qatar

Uzbekistan

Uni Emirat Arab

Kirgizstan

Korea Utara

 

Grup B:

Korea Selatan

Irak

Yordania

Oman

Palestina

Kuwait


Grup C:

Jepang

Australia

Saudi Arabia

Bahrain

Tiongkok

Indonesia


Babak Kualifikasi Piala Dunia 2026 putaran ketiga akan dimulai pada September 2024. Masing-masing negara akan melakoni laga kandang dan tandang untuk memperebutkan tiket ke Piala Dunia 2026.


(ims)

Polisi Bongkar Kasus Penipuan dengan Modus Like Video YouTube

By On Juni 29, 2024

 


sekilasdunia.com - Ditreskrimsus Polda Metro Jaya membongkar kasus dugaan penipuan dengan modus like video YouTube. Ada dua orang pelaku yang berhasil ditangkap.

Kasus ini diungkap setelah menerima dari salah satu korban penipuan yang membuat laporan ke Polda Metro Jaya. Laporan tercatat dengan nomor: LP/B/2656/V/2024/SPKT/POLDA METRO JAYA, tanggal 13 Mei 2024

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak menerangkan, korban awalnya ditawarkan pekerjaan oleh nomor telepon tak dikenal.

Ade Safri mengatakan, dalam aksinya pengirim pesan mengaku sebagai F, asisten di sebuah perusahaan yang bergerak di perabotan rumah tangga dan furnitur kantor.

"Di tawarkan pekerjaan untuk melakukan like video-video di YouTube dengan komisi sebesar Rp31.000, kemudian dikirimkan link telegram melalui WhatsApp," ujar Ade Safri dalam keterangan tertulis, Kamis (27/6/2024).

Dia mengatakan, korban setuju dengan pekerjaan tersebut. Menurut Ade Safri, korban diwajibkan untuk melakukan deposit sebelum diberikan misi pekerjaan, dan tas kejadian tersebut korban mengalami kerugian sebesar Rp806.220.000.

Terkait kejadian itu, lanjut dia, kedua pelaku yaitu EO (47) dan SM (29) telah dilakukan penangkapan. Tersangka atas nama SM diamankan polisi di Jalan Rawa Bengkel, Cengkareng Jakarta Barat. Sedangkan, tersangka atas nama EO diamankan di Jalan Murai Cengkareng, Jakarta Barat. Keduanya ditangkap pada Selasa, 25 Juni 2024.

"Penyidik Unit II Subdit IV Tipid Siber Ditreskrimsus Polda Metro Jaya telah berhasil upaya paksa penangkapan terhadap dua orang tersangka," papar Ade.

Ade Safri menjelaskan, dalam kasus ini, EO berperan memerintahkan tersangka S untuk mencari rekening. Sementara itu, tersangka SM berperan mencari orang untuk membuat rekening dan menyerahkan kepada tersangka EO.

"Tersangka EO mendapat keuntungan sejumlah Rp. 1.500.000 per-rekening, tersangka SM mengaku mendapat keuntungan sejumlah Rp. 500.000 per-rekening," jelas Ade Safri.

Guna mempertanggungjawabkan perbuatannya, tersangka dijerat Pasal 28 ayat (1) jo Pasal 45 ayat (1) Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2024 tentang perubahan kedua atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan/ atau Pasal 378 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) dan/ atau Pasal 81 dan atau Pasal 82 dan atau Pasal 87 Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2011 tentang Transfer Dana dan/ atau Pasal 3, Pasal 4 dan Pasal 5 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).


(ims)

Hasil Piala Eropa 2024 : Skor 0-2  Portugal Ditekuk Georgia

By On Juni 27, 2024

 


sekilasdunia.com - Timnas Portugal berhadapan melawan Georgia di pertandingan terakhir Grup F Piala Eropa 2024, Kamis (27/6/2024) dini hari WIB. Hasilnya, Portugal kalah dengan skor 0-2.

Portugal memainkan Diogo Costa, Antonio Silva, Danilo Pereira, Goncalo Inacio, Diogo Dalot, Joao Neves, Francisco Conceicao, Joao Palhinha, Pedro Neto; Cristiano Ronaldo, dan Joao Felix sebagai starter.

Sementara, starting XI Georgia diisi oleh Giorgi Mamardashvili; Luka Lochoshvili, Guram Kashia, Giorgi Gvelesiani, Lasha Dvali, Otar Kiteishvili, Giorgi Kochorashvili, Giorgi Chakvetadze, Otar Kakabadze, Khvicha Kvaratskhelia, dan Georges Mikautadze.

Pada babak pertama pertandingan berjalan dua menit, Portugal sudah kebobolan. Adalah Khvicha Kvaratskhelia yang membawa timnya memimpin di awal laga.

Kemudian, di babak kedua Portugal mendapatkan hukuman Penalti. Georges Mikautadze lantas menjadi algojo penalti dan ia menunaikan tugasnya dengan baik. Georges Mikautadze membawa Georgia unggul 2-0 pada menit 57.

Hingga wasit meniup peluit panjang, tak ada lagi gol tercipta. Portugal kalah dari Georgia di laga terakhir fase grup. Namun, Portugal sudah dipastikan lolos dengan finis di sebagai juara grup.

(ims)

 Piala Eropa 2024: Turki Ke Babak 16 Besar Setelah Kalahkan Ceko 2-1

By On Juni 27, 2024



sekilasdunia.com - Timnas Turki sukses mengamankan tiga poin usai menang 2-1 melawan Republik Ceko pada laga terakhir grup F Euro 2024 di stadion Volkspark, Kamis (27/6/2024). 

Turki unggul lewat Hakan Calhanoglu dan Cenk Tosun. Sedangkan Ceko sempat menyamakan skor lewat Thomas Soucek.

Turki  berhasil lolos dengan sempurna ke 16 besar sebagai runner up di grup F Euro 2024. Mereka nyaris memiliki poin yang sama dengan Georgia, tapi gol telat membawa mereka pastikan posisi dua. Meski dengan 4 poin, mereka tetap di posisi kedua karena unggul head to head lawan Georgia.

Adapun jalannya pertandingan Antonin Barak mencoba bangun peluang untuk Republik Ceko. Dia memberi umpan kepada Lukas Provod yang tembakannya masih bisa diamankan di menit ke-2. 

Giliran Turki yang membuka peluang lewat Kenan Yildiz di menit ke-7. Manfaatkan umpan Kadioglu, tembakan Yildiz masih bisa diblok.

Arda Guler mencoba peruntungan lewat tembakan dari luar kotak penalti lewat kaki kirinya di menit ke-13. Dapatkan umpan dari Salih Ozcan, tendangan wonderkid Madrid ini masih melebar.

Turki membangun serangan lewat tendangan sudut yang dilepas Arda Guler. Sundulan Samet Aykadin nyaris bobol gawang Ceko di menit ke-28 tapi masih melebar.

Turki mendominasi permainan hingga menit ke-36. Meski unggul jumlah tendangan yaitu 5 kali, tapi tak satupun mengarah ke gawang.

Hingga babak pertama berakhir, skor 0-o antara Ceko melawan Turki masih bertahan.

Memasuki babak kedua Turki akhirnya unggul 1-0 atas Republik Ceko lewat Hakan Calhanoglu di menit ke-51. Tembakannya dari sisi kiri mampu menembus gawang Ceko dengan mulus.

Republik Ceko sukses samakan skor lewat Thomas Soucek di menit ke-66. Tendangan kaki kanannya dari Jarak dekat mampu mengubah skor menjadi 1-1.

Ondrej Lingr membuat peluang di menit ke-80. Namun sundulannya masih melebar. Dengan 10 pemain, Ceko tetap berbahaya bahkan bisa melepas 7 tembakan ke arah gawang Turki hingga menit ke-85.

Turki akhirnya berhasil mencetak gol kemenangan di menit ke-90+4 lewat Cenk Tosun. Manfaatkan serangan balik, dia berhasil mengubah skor jadi 2-1.

Hingga pertandingan berakhir,Turki berhasil menjaga kemenangan 2-1 atas Republik Ceko. Turki bakal jumpa Austria di 16 besar.

(ims)

 Pemerintah Tak Bisa Pulihkan Data PDN yang Diserang Ransomware

By On Juni 27, 2024


sekilasdunia.com - Direktur Network dan IT Solution Telkom Indonesia Herlan Wijarnako menyebut serangan ransomware pada Pusat Data Nasional (PDN) menyebabkan data dari ratusan instansi pemerintahan tak bisa diperbaiki. 

"Kondisi data itu terenkripsi tapi di tempat (di lokasi PDNS 2) dan sekarang sistem PDNS 2 itu sudah kita isolasi. Tidak ada yang bisa akses, kita putus akses dari luar. Jadi Insya Allah tidak bisa (disalahgunakan)," kata Herlan kepada wartawan, Rabu (26/6/2024).

Secara lebih lanjut, Herlan menjelaskan langkah teknis isolasi pada PDNS 2 membuat data-data yang berada di dalamnya tidak bisa lagi digunakan sehingga data-data tersebut tentunya tidak bisa dicadangkan.

Meski begitu untuk beberapa layanan yang krusial, dengan memanfaatkan PDNS 1 di Serpong, Tangerang Selatan dan pusat data cadangan di Batam, Kepulauan Riau pemerintah berupaya melakukan pemulihan dengan data terbatas yang ada di kedua pusat data itu.

Sementara itu Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamenkominfo) Nezar Patria memastikan PDN yang tengah dibangun di Cikarang, Jawa Barat saat ini bakal memiliki arsitektur keamanan siber lebih diperkuat.

"Keamanan data kita tingkatkan, ini (insiden PDNS 2) jadi pembelajaran dan evaluasi. Di dunia siber semua paham kalau yang namanya soal keamanan data itu concern semuanya," kata Nezar di Jakarta, Rabu.

Nezar menyebutkan sejak awal PDN dibangun dengan arsitektur keamanan siber menggunakan tata kelola pusat data yang tentunya memiliki standar kelas dunia.

(ims)

Basuki Sebut Investor Asing Belum Ada Masuk di IKN, Masih Tahap Tertarik

By On Juni 27, 2024

 


sekilasdunia.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengakui belum ada investor asing yang merealisasikan investasinya untuk proyek di Ibu Kota Nusantara atau IKN, Kalimantan Timur.

"Sampai sekarang, kebetulan saya juga dapat surat sebagai Plt (Kepala Otorita IKN), ada beberapa yang baru menunjukkan untuk interest (baru sampai tahap tertarik) saja," kata Basuki kepada wartawan di Kementerian PUPR, Jumat, (21/6/2024).

Basuki memperkirakan sama halnya dengan investor domestik, investor asing mau merealisasikan investasi di IKN jika internal rate of return (IRR) atau imbal hasilnya di atas 12 persen. "Kalau di atas 12 persen, pasti sudah purely direct investment (murni investasi  langsung)" kata dia.

Nihilnya investor asing dalam proyek IKN memang menjadi sorotan. Beberapa waktu lalu, hal ini sempat dibahas dalam rapat kerja Komisi VI bersama Menteri Investasi Bahlil Lahadalia.

Anggota Komisi VI Fraksi PDIP, Harris Turino, mempertanyakan realisasi penanaman modal asing di IKN karena Bahlil pernah mengklaim banyak investasi asing masuk IKN. 

“Tapi faktanya, sampai sekarang tidak ada satupun saya mendengar ada investasi asing yang sudah merealisasikan investasinya di IKN,” kata Haris dalam rapat kerja di Komisi VI DPR, Selasa, (11/6/2024).

Dalam forum yang sama, Anggota Komisi VI dari Fraksi PKS, Amin Ak, mempertanyakan kelanjutan minat investor asing yang sebelumnya sudah digembor-gemborkan pemerintah. Salah satunya, CEO Tesla Elon Musk yang bukannya datang dan berinvestasi dengan kendaraan listriknya, tetapi malah datang dengan layanan Starlink.

(ims)

 Ketua Panitia Lentera Festival Ditangkap

By On Juni 26, 2024

sekilasdunia.com - Polisi berhasil menangkap Ketua Panitia Konser Lentera Festival, Muhammad Dian Permana terkait kasus dugaan penggelapan dan penipuan.

"Benar (sudah ditangkap)," kata Kapolresta Tangerang Kombes Baktiar Joko Mujiono saat dikonfirmasi, Rabu (26/6/2024).

Baktiar belum membeberkan secara rinci ihwal kronologi penangkapan tersebut. Ia hanya menyebut Ketua Panitia Konser Lentera Festival ditangkap di wilayah Banten.

Sebelumnya, konser Lentera Festival di Lapangan Kebeng, Pasar Kemis, Tangerang berakhir ricuh karena dua band papan atas Indonesia yakni NDX dan Guyon Waton gagal manggung di acara tersebut.

Kapolsek Pasar Kemis AKP Ucu Nuryandi mengatakan kronologi kerusuhan itu dimulai ketika para penonton kecewa karena NDX dan Guyon Waton tak kunjung tampil pada waktu yang ditentukan.

"Penonton kecewa karena pertunjukan sampai jamnya tidak dimulai. Informasi artis belum lunas dibayar," jelasnya.

Disampaikan Ucu, para penonton yang kecewa itu naik ke atas panggung sehingga membakar sejumlah fasilitas yang ada di atas panggung.

Buntut peristiwa itu, panitia konser Lentera Festival pun membuat laporan ke pihak berwajib. Dalam laporan itu, pihak panitia mengalami kerugian hingga Rp800 juta lantaran uangnya dibawa kabur oleh Dian.


(ims)

 Presiden Tajikistan Larang Hijab

By On Juni 26, 2024

sekilasdunia.com - Lebih dari 90 persen penduduk negara pecahan Uni Soviet ini adalah pemeluk Islam, namun Tajikistan melarang hijab. 

Larangan pemakaian hijab disahkan oleh majelis tinggi parlemen setempat, Majlisi Milli, Kamis pekan lalu. Pemerintah menyebut, tujuan larangan hijab untuk melindungi nilai budaya lokal dan mencegah ekstremisme.

UU pelarangan yang dinamakan larangan pakaian asing, melarang pemakaian hijab, atau penutup kepala lainnya. Tidak ada penjelasan hijab seperti apa yang dilarang oleh pemerintah setempat.

Pemerintah Tajikistan mewajibkan perempuan setempat memakai pakaian nasional, demikian dikutip dari Euronews. Hijab dikategorikan pakaian asing.

Jika melanggar, maka denda siap dijatuhkan. Warga biasa akan dijatuhi denda sebesar 7.920 somoni atau setara Rp 12 juta.

Sedangkan denda bagi pejabat pemerintah mencapai 54 ribu Somoni atau Rp 82 juta. Yang paling tinggi adalah denda bagi pemuka agama sebesar 57.600 somoni atau Rp 87 juta.

Pada bulan ini pula, Pemerintah Tajikistan melarang tradisi Idul Adha lokal yang disebut Iydgardak. Tradisi itu adalah anak-anak datang dari rumah ke rumah meminta uang hari raya.

Meski mayoritas penduduknya muslim, Presiden Tajikistan Emomali Rahmon menjalankan pemerintahan sekuler.

Dia menjadi pemimpin Tajikistan selama tiga dekade semenjak negara ini pecah dari Uni Soviet.

Selama berdekade memerintah, Rahmon memerintah dengan tangan besi. Pada 2016 dia mengamandemen konstitusi yang menghapus periode masa jabatan presiden dan melarang partai politik berdasarkan agama. (ims)

Dirut PTPN Janji Hutang Ke Pensiunan Dan Karyawan Lunas Tahun Depan

By On Juni 26, 2024

 


sekilasdunia.com - Holding BUMN Perkebunan PTPN III berkomitmen untuk membayar utang kepada karyawan dan pensiunan pada 2025.

"Insya Allah tahun depan selesai dengan (isu) karyawan dan pensiunan," jelas Direktur Utama PTPN III Muhammad Abdul Ghani dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VI DPR RI, Jakarta, Selasa (25/6/2024).

Dia mengatakan hal itu didorong dengan upaya perusahaan yang sudah dilakukan sejak tiga tahun terakhir yang mana sejak tahun 2020 perusahaan diklaim telah mengumpulkan laba.

Dengan upaya tersebut, Ghani menyebutkan pihaknya berhasil mengumpulkan laba hingga Rp 11,7 triliun dan langsung membayar kewajiban kepada perbankan, iuran pensiunan, dan utang hari tua.

"Selama 2020 sampai saat ini PTPN selama 3 tahun mengumpulkan laba Rp 11,7 triliun lalu kami membayar kewajiban ke perbankan Rp 11,3 triliun, lalu utang hari tua tadi Rp 3,7 triliun, iuran pensiun sudah kami bayar Rp 3 triliun masih belum lunas, tahun depan baru lunas," bebernya.

Ghani menyebutkan salah satu upaya yang dilakukan oleh perusahaan adalah dengan membentuk tiga subholding di PTPN dan mendongkrak pendapatan perusahaan.

"Dengan cara ini dengan terbentuknya 3 sub holding maka isu-isu karyawan pensiunan terselesaikan. Ambil contoh PTPN 8 di Jawa Barat selama ini terhutang santunan hari tua Rp 300 miliar-an akan kami selesaikan 3 tahunan," tandasnya.

Sebagaimana diketahui, PTPN sempat menjadi sorotan karena memiliki utang jumbo atau mencapai Rp 47 triliun. Menteri BUMN Erick Thohir kala itu sempat menyentil keras karena membandingkan dengan perusahaan swasta yang berada di sektor serupa dengan PTPN justru mencetak laba. 

Utang yang menggunung tersebut tidak hanya berasal dari kredit bank pelat merah dan bank swasta dalam negeri, tetapi juga berasal dari bank asing.

(ims)

 Pendaftaran Capim KPK Mulai Dibuka Hari Ini

By On Juni 26, 2024

sekilasdunia.com - Pendaftaran calon pimpinan (capim) KPK resmi dibuka pada hari ini, Rabu (26/6/2024). Panitia Seleksi akan menjaring calon pimpinan dan Dewas KPK periode 2024-2029.

"Pendaftaran akan dimulai pada tanggal 26 Juni sampai dengan 15 Juli 2024," kata Ketua Pansel Capim KPK, Muhammad Yusuf Ateh di Gedung Kementerian Sekretariat Negara, Jumat (31/5/2024).

Terkait hal itu, pengumuman pendaftaran  capim dan dewas KPK akan dilakukan pada 4-25 Juli 2024. Masyarakat dapat melihat melalui media cetak, media elektronik, laman resmi KPK, dan situs resmi Kementerian Sekretariat Negara.

Sementara syarat dan tata cara pendaftaran capim KPK tertera dalam surat pengmuman nomor 02/PANSEL-KPK/06/2024.

Adapun persyaratan daftar capim KPK sebagai berikut :

1. Warga Negara Indonesia; 

2. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa; 

3. Sehat jasmani dan rohani;

4. Berijazah sarjana hukum atau sarjana lain yang memiliki keahlian dan pengalaman paling sedikit 15 (lima belas) tahun dalam bidang hukum, ekonomi, keuangan, atau perbankan; 

5. Berusia paling rendah 50 (lima puluh) tahun atau berpengalaman sebagai Pimpinan KPK, dan paling tinggi 65 (enam puluh lima) tahun pada proses pemilihan; 

6. Tidak pernah melakukan perbuatan tercela; 

7. Cakap, jujur, memiliki integritas moral yang tinggi, dan memiliki reputasi yang baik; 

8. Tidak menjadi pengurus salah satu partai politik; 

9. Melepaskan jabatan struktural dan/atau jabatan lainnya selama menjadi anggota KPK; 

10. Tidak menjalankan profesinya selama menjadi anggota KPK; 

11. Mengumumkan kekayaannya sebelum dan setelah menjabat sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. 

Ada sembilan orang pansel yang ditunjuk oleh Presiden Jokowi. Diketuai oleh Muhammad Yusuf Ateh yang juga sebagai Kepala Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP), berikut daftarnya:

Wakil Ketua: Prof. Arif Satria;

Anggota: Ketua PPATK Ivan Yustiavandana, Nawal Nely, Prof. Ahmad Erani Yustika, Y. Ambeg Paramarta, Elwi Danil, Rezki Sri Wibowo, dan Taufik Rachman.

(ims)

 Hasil Piala Eropa 2024 : Gol Bunuh Diri, Belanda Dikalahkan Austria

By On Juni 26, 2024

sekilasdunia.com - Belanda menelan kekalahan dari Austria dengan skor 2-3 dalam laga ketiga Grup D Euro 2024 atau Piala Eropa 2024. Laga Belanda vs Austria digelar di Olympiastadion, Berlin, pada Selasa (25/6/2024) malam WIB.

Belanda memainkan Bart Verbruggen, Lutsharel Geertruida, Virgil van Dijk, Stefan De Vrij, Nathan Ake, Jerdy Schouten, Tijjani Reijnders, Joey Veerman, Donyell Malen, Cody Gakpo dan Memphis Depay sebagai starter.

Sementara, starting XI Austria diisi oleh Patrick Pentz, Stefan Posch, Maximilian Wober, Philipp Lienhart, Alexander Prass, Nicolas Seiwald, Florian Grillitsch, Patrick Wimmer, Romano Schmid, Marcel Sabitzer dan Marko Arnautovic.

Pada awal pertandingan, enam menit babak pertama berjalan, Donyell Malen melakukan gol bunuh diri. Ia salah mengantisipasi bola crossing dari sisi kanan pertahanan Belanda yang membuat bola masuk ke gawang sendiri.

Setelah itu, Belanda kesulitan untuk menciptakan peluang. Donyell Malen mendapatkan peluang emas saat tinggal berhadapan dengan kiper, sayang sepakannya meleset. Skor 1-0 untuk Austria bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Belanda melalui Cody Gakpo berhasil menyamakan kedudukan. Gol tercipta lewat sebuah serangan balik cepat. Bola kemudian disodorkan ke Gakpo dan ia dengan tenang melepaskan tembakan akurat.

Memasuki menit 59, Austria kembali memimpin. Sundulan Romano Schmid tak mampu ditepis kiper. Kemudian, Memphis Depay membuat skor imbang 2-2 di menit 75. Ia melepaskan tembakan akurat di dalam kotak penalti Austria.

Lima menit berselang Austria kembali unggul atas Belanda. Kali ini, Marcel Sabitzer yang membukukan namanya di papan skor. Skor akhir 3-2 untuk kemenangan Austria.

(ims)

 Hasil Piala Eropa 2024 : Denmark Lolos 16 Besar Usai Lawan Serbia Berakhir 0-0

By On Juni 26, 2024

sekilasdunia.com - Duel Denmark vs Serbia tersaji di partai terakhir Grup C Piala Eropa 2024, Rabu (26/6/2024) dini hari WIB. Hasilnya, pertandingan ini berakhir imbang 0-0.

Denmark menurunkan Kasper Schmeichel, Joachim Andersen, Andreas Christensen, Jannik Vestergaard, Alexander Bah, Morten Hjulman, Pierre-Emile Hojbjerg, Joakim Maehle, Christian Eriksen, Rasmus Hojlund dan Jonas Wind sebagai starter.

Di sisi lain, starting XI Serbia diisi oleh Predrag Rajkovic, Strahinja Pavlovic, Nikola Milenkovic, Milos Veljkovic, Andrija Zivkovic, Nemanja Gudelj, Ivan Ilic, Srdjan Mijailovic, Sasa Lukic, Lazar Samardzic dan Aleksandar Mitrovic.

Pertandingan berjalan cukup berimbang. Baik Denmark maupun Serbia sama-sama mencatatkan 50 persen ball possession. Sepanjang pertandingan, Denmark melepaskan sepuluh kali tembakan, sementara Serbia hanya mampu mencatatkan lima.

Pertandingan ini juga diwarnai sebuah gol yang dianulir. Pada menit 23, Denmark membobol gawang Serbia via Jonas Wind. Namun, gol yang berasal dari umpan sepak pojok itu dianulir karena bola umpan dinilai melengkung keluar lapangan terlebih dahulu.

Hasil imbang 0-0 membuat Denmark lolos sebagai runner up Grup C dengan tiga poin. Sementara, Serbia tersingkir dari Piala Eropa dengan finis di posisi terbawah Grup C dengan dua poin.


(ims)

 Resmi ! Ini Daftar Harga Tiket Konser Bruno Mars di Jakarta

By On Juni 26, 2024

sekilasdunia.com - Promotor resmi mengumumkan daftar harga tiket konser Bruno Mars yang akan digelar pada 13-14 September 2024. Konser bertajuk Bruno Mars Live in Jakarta itu akan berlangsung di Jakarta International Stadium (JIS).

Pengumuman daftar harga tiket itu diunggah PK Entertainment selaku promotor via media sosial. Penjualan tiket akan dibagi menjadi dua fase, yakni Mandiri Presale dan penjualan umum.

"Beruntungnya, informasi tiket sekaligus seat map Bruno Mars Live in Jakarta sudah dirilis sekarang!" tulis akun @pkentertainment.id via Instagram pada Rabu (26/6/2024).

Menurut panduan seat map dan informasi yang dirilis, tiket konser Bruno Mars itu terdiri dari 11 kategori.

Gold VIP Package merupakan kategori termahal yang dijual dengan harga Rp7,65 juta, diikuti CAT 1 seharga Rp6 juta. Tiket Gold VIP Package bakal mendapat kursi di area CAT 1, tetapi ditambah sejumlah bonus seperti merchandise dan lanyard eksklusif.

Kategori berikutnya yakni Silver VIP Package yang dijual seharga Rp5,15 juta, kemudian Festival A seharga Rp3,5 juta, dan Festival B seharga Rp2,75 juta.

Ketiga jenis tiket itu merupakan kategori festival yang akan berdiri di depan panggung. Namun, untuk tiket Silver VIP Package, beberapa bonus juga ditawarkan promotor, seperti akses masuk venue yang lebih awal.

Sementara itu, penjualan tiket akan dibagi menjadi beberapa sesi pada pekan depan. Sesi pertama Mandiri Presale akan dibuka pada Kamis (27/6/2024) mulai pukul 10.00 WIB dan berakhir pada Jumat (28/6/2024) pukul 23.59 WIB.

Tiket yang tersedia dalam Mandiri Presale hanya bisa dibeli lewat aplikasi Livin' by Mandiri via fitur Sukha.

Setelah itu, promotor akan membuka penjualan umum atau general on-sale pada Sabtu (29/6/2024) pukul 10.00 WIB. Tiket yang dijual selama sesi itu dapat dibeli dengan berbagai metode pembayaran di situs brunomarsinjakarta.com.

Berikut daftar harga tiket konser Bruno Mars Live in Jakarta.

Gold VIP Package: Rp7.650.000

CAT 1: Rp6.000.000

Silver VIP Package: Rp5.150.000

Festival A: Rp3.500.000

Festival B: Rp2.750.000

CAT 2: Rp3.500.000

CAT 3: Rp2.750.000

CAT 4: Rp1.750.000

CAT 5: Rp1.450.000

CAT 6: Rp1.250.000

CAT 7: Rp950.000

Promotor menjelaskan harga tiket itu pun belum termasuk biaya pajak pemerintah sebanyak 10 persen, biaya platform pembayaran sebesar 5 persen, dan biaya lainnya.

(ims)

Piala Eropa 2024 : Albania dikalahkan Spanyol Skor 0-1

By On Juni 25, 2024

sekilasdunia.com - Albania dikalahkan Spanyol dalam laga terakhir Grup B Piala Eropa 2024 di Dusseldorf Arena, Jerman, pada Selasa (25/6/2024) dini hari WIB. Skor akhir 0-1.

Dengan hasil tersebut, Albania tempati dasar klasemen dengan satu poin. Sementara, Spanyol kokoh di puncak dengan 9 poin, menjadi tim pertama di Piala Eropa 2024 yang bisa menyapu bersih kemenangan di fase grup.

Penguasaan bola, Spanyol mendominasi 60% dengan 16 kali tembakan ke arah pertahanan lawan dan 3 di antaranya tepat sasaran ke gawang, 576 passing dengan akurasi 89%. Sedangkan Albania mengemas penguasaan bola 40% dengan 10 kali tembakan ke arah gawang dan 4 tepat sasaran serta 404 passing, 83% akurat.

Spanyol baru menghasilkan peluang pertama di menit 12. Mikel Merino menyundul bola, tapi bisa ditepis Thomas Strakosha.

Semenit berselang, Spanyol mencetak gol. Memanfaatkan umpan Dani Olmo, Ferran Torres melepas sepakan datar yang bersarang di jala Albania.

Sepanjang babak pertama, Spanyol total melepas 9 tembakan. Satu-satunya peluang Albania hadir di menit 45, ketika sepakan Asllani mampu dimentahkan David Raya.

Spanyol ngebet mencari gol kedua. Di menit 48, Mikel Oyarzabal melepas sepakan di kotak penalti Albania, tetapi bola masih bisa diamankan Strakosha.

Albania mengancam di menit 64. Armando Broja melepas tendangan bebas, bola masih bisa ditepis Raya.

Spanyol tetap tampil dominan terhadap penguasaan bola dan melepas sejumlah tembakan di sepanjang babak kedua. Namun, Albania juga memiliki lebih banyak celah untuk membuat peluang ketimbang yang mereka lakukan di babak pertama. Pada akhirnya, skor 0-1 bertahan sampai selesai.

(ims)

 25 Atlet Indonesia yang Lolos ke Olimpiade Paris 2024, Ini Daftarnya

By On Juni 25, 2024

sekilasdunia.com - Keberhasilan Veddriq Leonardo dan Rajiah Salsabillah membuat jumlah atlet Indonesia yang lolos ke Olimpiade Paris 2024 menjadi 25 orang. 

Veddriq dan Rajiah lolos ke Olimpiade Paris setelah di menjadi yang terbaik pada babak kualifikasi Olimpiade 2024 di Budapest, Hungaria pada Sabtu (22/6/2024) atau Minggu (23/6/2024) WIB.

Artinya empat atlet panjat dinding yang akan tampil di Olimpiade 2024. Sebelumnya Rahmad Adi Mulyono dan Desak Made Rita sudah terlebih dulu lolos untuk nomor speed putra dan putri.

Dua hari sebelumnya, dua atlet panahan putri Indonesia, Syifa Nur Afifah dan Rezza Octavia juga memastikan diri lolos ke Olimpiade 2024 untuk nomor recurve beregu putri.

Dengan begitu, ada empat nomor perlombaan panahan yang akan diikuti Indonesia. Keempat nomor itu recurve putra dan putri, recurve beregu putri, dan recurve beregu campuran.

Olimpiade 2024 akan berlangsung di Prancis pada 26 Juli hingga 11 Agustus 2024. Target Indonesia dalam pesta olahraga sejagat ini adalah menambah perolehan medali emas.

Sejak meraih medali emas pertama di Olimpiade 1992, jumlah maksimal medali emas yang diraih Indonesia dalam satu edisi adalah dua. Itu terjadi pada 1992. Sisanya hanya satu emas.

Tahun ini pemerintah dan Komite Olimpiade (KOI) percaya diri bakal tercipta sejarah baru. Nomor andalan Indonesia meraih medali emas adalah bulutangkis, angkat besi, dan panjat dinding.

Untuk bulutangkis ada sembilan atlet yang lolos untuk lima nomor, lantas angkat besi punya tiga atlet di tiga nomor, dan panjang dinding ada empat atlet di dua nomor perlombaan.

Daftar Atlet Indonesia yang Lolos ke Olimpiade 2024 :

1. Arif Dwi Pangestu (panahan)

2. Desak Made Rita (panjat dinding)

3. Rifda Irfanaluthfi (senam artistik)

4. Diananda Choirunisa (panahan)

5. Rahmad Adi Mulyono (panjat dinding)

6. Fathur Gustafian (menembak)

7. Rio Waida (selancar ombak)

8. Eko Yuli Irawan (angkat besi)

9. Rizky Juniansyah (angkat besi)

10. Nurul Akmal (angkat besi)

11. Fajar Alfian (bulutangkis)

12. Muhammad Rian Ardianto (bulutangkis)

13. Apriani Rahayu (bulutangkis)

14. Siti Fadia Ramadhanti (bulutangkis)

15. Anthony Sinisuka Ginting (bulutangkis)

16. Jonatan Christie (bulutangkis)

17. Gregoria Mariska Tunjung (bulutangkis)

18. Pitha Haningtyas Mentari (bulutangkis)

19. Rinov Rivaldy (bulutangkis)

20. Bernard Benyamin van Aert (balap sepeda)

21. La Memo (dayung)

22. Rezza Octavia (panahan)

23. Syifa Nur Afifah Kamal (panahan)

24. Veddriq Leonardo (panjat dinding)

25. Rajiah Salsabillah (panjat dinding)


(ims)

Akibat PDN Diretas, Menkumham: Data Imigrasi Terpaksa Pindah ke AWS

By On Juni 25, 2024

 

sekilasdunia.com - Serangan siber ransomware terhadap Pusat Data Nasional (PDN) membuat layanan di sejumlah instansi publik menjadi terganggu, salah satunya imigrasi.

Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly mengatakan, data yang berhubungan dengan imigrasi untuk sementara dipindah ke Amazon Web Service (AWS).

"Ya kita terpaksa migrasi dulu ke, apa, AWS (Amazon Web Services), jadi menunggu PDN baik kita harus emergency apa, solusi emergensi. Jadi kita pakai apa, yang Amazon dulu " ujar Yasonna di Kompleks Istana Kepresidenan, seperti dikutip Selasa (25/6/2024).

Yasonna belum bisa memastikan sampai kapan penggunaan AWS. Pihaknya hanya bisa menunggu PDN selesai diperbaiki.

"Ya kita tunggu saja PDN nya," sambungnya.

Sementara, Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Hinsa Siburian mengakui terganggunya layanan di beberapa instansi publik yang disebabkan server down Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) adalah karena faktor serangan siber.

“Ini karena serangan siber ransomware, Braincipher,” kata Hinsa saat konferensi pers di kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Jakarta, Senin (24/6/2024).

Lebih lanjut dikatakan Hinsa, ransomware Braincipher yang menyerang PDNS ini merupakan jenis baru dari pengembangan lockbit 3.0. Ransomware tersebut hampir sama dengan yang pernah menyerang data Bank BSI. Namun variannya berbeda.

“Ini ransomware jenis baru dan kami sudah lihat dari sample yang didapatkan. Ini perlu diantisipasi agar tidak terjadi di instansi lain,” ujar dia.

(ims)

 Kapolri Bersama BSSN Masih Gali Info Penyebab Gangguan PDN

By On Juni 25, 2024

sekilasdunia.com - Mabes Polri mengaku masih belum bisa menyimpulkan penyebab pasti gangguan server yang dialami Pusat Data Nasional (PDN) yang terjadi sejak Kamis (20/6/2024) lalu.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan saat ini pihaknya bersama Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) masih terus mengumpulkan informasi untuk menentukan penyebab pasti terkait gangguan itu.

"Kita sedang mengumpulkan informasi dan sedang kita dalami bekerja sama dengan BSSN apakah kendala teknis atau ada hal lain," ujarnya kepada wartawan di Gedung The Tribrata, Senin (24/6/2024).

Sebelumnya, Pusat Data Nasional (PDN) mengalami gangguan diduga akibat serangan hacker sejak Kamis (20/6/2024) yang berimbas ke sejumlah layanan publik.

Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi mengatakan pihaknya sedang melakukan pemulihan secara bertahap pada Pusat Data Nasional.

Gangguan yang terjadi pada Pusat Data Nasional tersebut berdampak pada beberapa layanan publik termasuk aplikasi layanan nasional yang terintegrasi, seperti layanan keimigrasian di bandar udara.

"Memang betul bahwa sedang terjadi gangguan pada Pusat Data Nasional yang berdampak pada beberapa layanan publik, saat ini kami sedang melakukan pemulihan layanan secara bertahap " kata Budi Arie melansir dari website resmi Kominfo pada Kamis (20/6/2024).

 (ims)

 Anggaran Makan Siang Gratis Tembus Rp 71 Triliun di 2025

By On Juni 25, 2024

sekilasdunia.com - Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut, pemerintah akan menggelontorkan anggaran senilai Rp 71 triliun untuk membiayai program makan siang gratis  alias makan bergizi untuk anak sekolah seluruh Indonesia di 2025.

“Program makanan bergizi gratis yang sudah dialokasikan dalam anggaran RAPBN 2025 sebesar Rp 71 triliun,” kata Airlangga dalam konferensi pers bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, dan Anggota Bidang Keuangan Tim Gugus Tugas Sinkronisasi Pemerintahan Prabowo-Gibran Thomas Djiwandono, Senin (24/6/2024).

Airlangga mengatakan, total anggaran makan siang gratis tersebut sudah disetujui oleh presiden terpilih Prabowo Subianto saat rapat dengan Sri Mulyani, Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad dan tim transisi.

"Pada prinsipnya beliau memahami dan setujui hal yang dibahas di rapat termasuk salah satunya dukungan ke program-program yang menjadi program unggulan dan salah satunya program makan bergizi gratis," tuturnya.

Sementara itu, Sri Mulyani menyebut angka Rp 71 triliun merupakan kesepakatan dengan pemerintahan sekarang dan yang akan datang. Angka tersebut juga sudah masuk dalam hitungan defisit 2,29 persen hingga 2,82 persen.

“Angka Rp 71 triliun itu ada di dalam range postur defisit 2,29 persen hingga 2,82 persen. Angka Rp 71 triliun bukan merupakan on top di atas itu tetapi sudah di dalamnya nanti kita akan susun pada saat kita menyusun RUU APBN 2025 yang akan disampaikan oleh bapak Presiden Jokowi pada 16 Agustus,” pungkasnya.

(ims)

 Korean Air Mengalami Turbulensi, 13 Penumpang Cedera

By On Juni 24, 2024

sekilasdunia.com - Pesawat Korean Air KE189 turbulensi dalam perjalanan dari Incheon, Korea Selatan, menuju Taichung, Taiwan, pada Sabtu (22/6/2024). Insiden ini menyebabkan 13 penumpang cedera.

Koran Korsel JoongAng Daily melaporkan KE189 berangkat dari Bandara Internasional Incheon dengan mengangkut 125 penumpang sekitar pukul 16,45 waktu setempat.

Sekitar 50 menit setelah lepas landas, muncul peringatan kesalahan sistem tekanan Udara pesawat Boeing 737 Max 8 itu. Sistem tekanan pesawat berfungsi mengatur tingkat tekanan di dalam pesawat.

Akibat kesalahan sistem itu, pesawat mengalami turbulensi parah hingga terjun dari ketinggian sekitar 35.000 kaki (10,6 kilometer) menjadi 9.000 kaki (2,7 kilometer) dalam 15 menit.

Melalui situs pelacakan penerbangan Flightradar24 menunjukkan pesawat turun sekitar 26.900 kaki dalam 15 menit.

Pilot pun terpaksa memutar balik membawa pesawat Kembali ke Bandara Incheon dan tiba sekitar pukul 19.40 waktu setempat atau tiga jam setelah lepas landas.

Juru bicara Korean Air menuturkan perusahaan tengah menyelidiki penyebab pasti insiden KE189 ini dan berencana melakukan pemeliharaan pada pesawat tersebut usai pemeriksaan rampung.

Penerbangan akhirnya dialihkan pada keesokan harinya yakni Minggu (23/6/2024) dan tiba sekitar pukul 12.24 Waktu Taiwan menggunakan pesawat berbeda. Beberapa penumpang menceritakan kengerian saat insiden turbulensi terjadi.


(ims)

 Euro 2024: Swiss vs Jerman Imbang Skor 1-1

By On Juni 24, 2024



sekilasdunia.com -   Timnas Jerman menghadapi Swiss pada laga terakhir mereka di Grup A Euro 2024. Der Panzer bermain imbang 1-1 dari Swiss pada laga yang berlangsung di Frankfurt Arena, Senin (24/6/2024) dini hari WIB, Swiss unggul lebih dulu lewat gol Dan Ndoye pada menit ke-28.

Akan tetapi kemenangan Swiss yang di depan mata sirna setelah tuan rumah Jerman mencetak gol penyeimbang pada menit ke-90+2 berkat sundulan Niclas Fullkrug.

Meski hanya bermain imbang, Swiss tetap lolos ke babak 16 besar Euro 2024. Tambahan satu poin pada pertandingan terakhir grup menempatkan Swiss sebagai runner up Grup A usai mengemas lima poin.

Menurut statistik Squawka, lolosnya Swiss ke babak 16 besar Euro 2024 membuat tim berjulukan Nati mencetak rekor luar biasa.

Dengan tampil di babak 16 besar Euro 2024, Swiss tercatat selalu lolos ke babak gugur dalam enam turnamen besar terakhir, baik Piala Dunia maupun Piala Eropa.

Itu artinya, Swiss sukses melewati babak grup sejak Piala Dunia 2014, Euro 2016, Piala Dunia 2018, Euro 2020, Piala Dunia 2022, dan Euro 2024.

Catatan apik lain yang ditorehkan Swiss dalam rekor itu adalah, mereka hanya menelan satu kekalahan dalam 13 pertandingan terakhir di Euro.

Pada babak 16 besar Euro 2024, tim asuhan Ralf Rangnick ini akan menghadapi runner up Grup B di Olympiastadion, Sabtu (29/6/2024).

Berikut ini susunan pemain Swiss vs Jerman di Euro 2024

Swiss (3-4-2-1): Yann Sommer; Fabian Schar, Manuel Akanji, Ricardo Rodriguez; Silvan Widmer, Remo Freuler, Granit Xhaka, Michel Aebischer; Fabian Rieder, Dan Ndoye, Breel Embolo.

Pelatih: Murat Yakin

Jerman (4-2-3-1): Manuel Neuer; Maximilian Mittelstadt, Jonathan Tah, Antonio Rudiger, Johsuma Kimmich; Toni Kroos, Robert Andrich, Ilkay Gundogan; Florian Wirtz, Jamal Musiala, Kai Haveretz.

Pelatih: Julian Nagelsmann


(ims)

 Copa America 2024, Argentina Vs Kanada 2 - 0, Messi Gagal Cetak Gol Tapi Beri Assist

By On Juni 21, 2024

sekilasdunia.com - Copa America 2024 digelar dari 20 Juni hingga 14 Juli 2024 di Amerika Serikat, yang bertindak sebagai tuan rumah. Turnamen ini akan diselenggarakan di 14 venue yang tersebar di 14 kota di seluruh Negeri Paman Sam. 

Sebanyak 16 negara dari dua konfederasi akan berpartisipasi dalam ajang ini, terdiri dari 10 tim dari CONMEBOL dan 6 tim dari CONCACAF. Mereka akan bersaing dalam fase grup yang terdiri dari empat grup dengan masing-masing empat tim. Sang juara bertahan, Argentina, tergabung dalam Grup A.

Awal pertandingan dibuka Timnas Argentina vs Timnas Kanada pada matchday pertama Grup A Copa America 2024, Jumat (21/6/2024) di Stadion Mercedes-Benz, Argentina menang dengan skor 2-0 atas Kanada.

Laga berjalan seru sejak menit awal. Sang juara bertahan Argentina memainkan trio Lionel Messi, Angel Di Maria, dan Julian Alvarez di lini serang.

Pada 10 menit awal laga Argentina memiliki peluang terbaik. Angel Di Maria berhadapan satu lawan satu dengan kiper, akan tetapi sepakannya bisa diblok.

Kanada butuh waktu cukup lama untuk bisa memberi perlawanan. Pada menit ke-24, tendangan bebas Alphonso Davies masih mengenai pagar. Sedangkan, umpan Davies pada menit ke-30 gagal dieksekusi Tajon Buchanan.

Pada menit ke-43, Kanada hampir bikin gol. Menerima umpan Cyle Larin, Stephen Eustaquio melepas sundulan yang terarah. Namun, Emi Martinez memblok bola. Babak pertama berakhir dengan skor imbang 0-0.

Argentina terus menekan. Hasilnya, pada menit ke-49, Julian Alvarez mencetak gol. Alvarez menyambar bola setelah upaya Mac Allister dibendung Kanada. Skor 1-0 untuk Argentina.

Kanada cukup beruntung punya kiper Maxime Crepeau. Sebab kiper 30 tahun itu tampil sangat apik. Crepeau berulang kali mampu menepis peluang Messi, bahkan dalam situasi satu lawan satu.

Crepeau juga menepis tendangan Lautaro Martinez, lagi-lagi pada situasi satu lawan satu.

Sementara itu, pada menit ke-67, Kanada hampir membuat skor menjadi 1-1 dari peluang Jonathan David. Kanada juga mengklaim penalti pada menit ke-71, akan tetapi wasit dan VAR menganggap tidak ada penalti.

Setelah serangan bertubi-tubi, Argentina akhirnya mencetak gol kedua pada menit ke-88. Lautaro dengan cerdik membobol gawang Crepeau, usai menerima umpan apik Messi. Laga berakhir dengan skor 2-0 untuk Argentina.

Berikut ini daftar Susunan Pemain Argentina vs Kanada :

Timnas Argentina (4-3-3): E. Martinez; Molina, Romero, Lisandro Martinez, Acuna; De Paul, Paredes, Mac Allister; Messi, Alvarez, Di Maria.

Pelatih: Lionel Scaloni.

Timnas Kanada (4-4-2): Crepeau; Johnston, Bombito, Cornelius, Davies, Buchanan, Kone, Eustaquio, Millar; Larin, David.

Pelatih: Jesse Marsch.


(ims)

 Euro 2024, Serbia Paksa Imbang Slovenia 1 - 1

By On Juni 21, 2024

sekilasdunia.com - Laga Slovenia vs Serbia harus berakhir imbang 1-1 setelah gol dramatis Serbia di penghujung laga memupuskan kemenangan Slovenia. Matchday ke-2 Grup C itu berlangsung di Allianz Arena, Munich pada Kamis, (20/6/2024) malam WIB. 

Adapun jalannya pertandingan Kedua tim langsung memperlihatkan permainan cepat dan menyerang sejak kick-off. Slovenia unggul lebih dulu lewat gol Zan Karnicnik pada menit ke-69. Serbia selamat dari kekalahan lewat gol Luka Jovic di injury time.

Dengan hasil ini, Slovenia kini menempati peringkat dua klasemen Grup C dengan dua poin dari dua laga. Sementara Serbia jadi juru kunci dengan satu poin.

Serangan Slovenia pada menit ketujuh menghasilkan peluang untuk Jan Mlakar. Namun sepakannya ditepis oleh Rajkovic dan hanya menghasilkan sepak pojok untuk Slovenia.

Slovenia mulai mendominasi permainan dan memberikan tekanan untuk Serbia. Meski demikian, belum ada yang benar-benar mengancam gawang lawan.

Serbia menciptakan peluang pertamanya pada menit ke-27 lewat umpan silang dari sisi kiri. Dusan Vlahovic menyambutnya dengan sundulan, tapi bola masih mengarah tepat ke Jan Oblak.

Serbia perlahan keluar dari tekanan. Mereka kembali dapat peluang lewat tendangan sudut, tapi Aleksandar Mitrovic gagal melakukan sentuhan dengan bola.

Slovenia nyaris membobol gawang Serbia pada menit ke-38. Bola tendangan Timi Elsnik membentur tiang gawang dan bola muntah jatuh ke kaki Benjamin Sesko. Tapi tendangan Sesko melambung di atas gawang.

Peluang kembali didapat Serbia. Bola umpan silang dari sisi kanan diteruskan oleh Mitrovic. Namun Jan Oblak dengan cepat menutup ruang tembak dan memblok tendangan Mitrovic.

Pada awal babak kedua, Bijol nyaris melakukan gol bunuh diri saat mencoba menghalau umpan silang pemain Serbia. Beruntung bagi Slovenia, bola masih menyamping dari gawang.

Sesko menebar ancaman lewat tembakan dari luar kotak penalti. Rajkovic tampil prima di bawah mistar gawang Serbia dan bisa menepis bola.

Gol! Slovenia akhirnya memecah kebuntuan pada menit ke-69. Elsnik melepaskan umpan dari sisi kiri dan Zan Karnicnik muncul dari belakang untuk menyambut bola.

Berikut ini susunan Pemain Slovenia vs Serbia :

Slovenia: Oblak; Karnicnik, Drkusic, Bijol, Janza; Stojanovic (Verbic 76'), Elsnik (Brekalo 90+1'), Gnezda Cerin, Mlakar (Gorenc-Stankovic 64'); Sporar, Sesko (Vipotnik 76')

Serbia: Rajkovic; Veljkovic, Milenkovic, Pavlovic; Zivkovic (Birmancevic 82'), Ilic, Lukic (Milinkovic-Savic 64'), Mladenovic (Gacinovic 46'); Tadic (Samardzic 82'); Mitrovic, Vlahovic (Jovic 64')


(ims)

 Hasil Euro 2024, Inggris Seri 1 - 1 Lawan Denmark

By On Juni 21, 2024

sekilasdunia.com - Laga Denmark vs Inggris di Grup C Euro 2024 berakhir tanpa pemenang. The Three Lions ditahan Danish Dynamite 1-1, di Waldstadion, Frankfurt, Jerman, Kamis (20/6/2024), Inggris sempat unggul lebih dulu lewat gol Harry Kane. Striker Bayern Munich itu menjebol gawang Denmark di menit ke-18.

Denmark kemudian membalas pada menit ke-34. Morten Hjulmand mencetak gol indah, memastikan skor imbang 1-1 hingga laga bubar.

Hasil ini membuat Inggris masih memimpin Grup C Euro 2024 dengan 4 poin dari 2 laga, diikuti Denmark dan Slovenia dengan 2 poin. Serbia sementara menjadi juru kunci dengan 1 poin.

Di laga terakhir, Inggris akan melawan Slovenia dan Denmark ditantang Slovenia. Laga digelar pada 26 Juni mendatang.

Berikut ini jalannya pertandingan laga berjalan ketat sejak kick off. Denmark tampil percaya diri menghadapi sederet bintang Inggris. Setelah beberapa percobaan, Inggris bisa keluar dari tekanan. Sampai akhirnya, Tiga Singa mendapatkan hasil di menit ke-18. Harry Kane membawa keunggulan 1-0.

Denmark coba keluar menyerang usai tertinggal. Jonas Wind mendapat kans lewat sundulann di menit ke-25, namun bolanya bisa diantisipasi.

Upaya Denmark akhirnya membuahkan hasil. Morten Hjulmand membobol gawang Inggris lewat sepakan roket dari luar kotak penalti. Mendapat sodoran Kristiansen, sepakan kaki kanan Hjulmand mengarahkan bola ke pojok kiri bawah, yang gagal dibendung Pickford. Skor menjadi 1-1.

Di babak kedua, laga berjalan ketat. Denmark dan Inggris sama-sama banyak menghadirkan peluang, namun urung berbuah gol. Di menit ke-56, Phil Foden nyaris menjebol gawang Denmark. Sepakannya cuma membentur tiang, usai menerima sodoran Bukayo Saka.

Inggris kemudian mengancam lewat Declan Rice, Bukayo Saka, hingga Ollie Watkins, yang menggantikan Harry Kane. Sementara Denmark menekan lewat Mikkel Damsgaard dan Hoejbjerg, juga urung berbuah gol.

Situasi berjalan hingga laga tuntas. Tak ada gol tercipta dari Denmark dan Inggris, sehingga skor 1-1 menjadi hasil akhir pertandingan.

Berikut ini susunan pemain Denmark vs Inggris :

Denmark: Kasper Schmeichel, Joachim Andersen, Andreas Christensen, Jannick Verstergaard, Joakim Maehle, Morten Hjulmand (Christian Norgaard 82'), Pierre-Emile Hoejbjerg, Victor Kristiansen, Christian Eriksen (Andreas Scov Olsen 82'), Joanas Wind (Mikkel Damsgaard 57'), Rasmus Hojlund (Yussuf Poulsen 67')

Inggris: Jordan Pickford, Kieran Trippier, Marc Guehi, John Stones, Kyle Walker, Declan Rice, Trent Alexander-Arnold (Conor Gallagher 54'), Phil Foden (Jarrod Bowen 69'), Bukayo Saka (Eberechi Eze 69'), Jude Bellingham, Harry Kane (Ollie Watkins 70')


(ims)

 165 Jemaah Haji RI Meninggal Dunia

By On Juni 20, 2024

sekilasdunia.com - Total 165 jemaah asal Indonesia meninggal dunia saat menjalankan ibadah haji di Arab Saudi. Sebanyak tiga dari jumlah tersebut meninggal karena heatstroke atau sengatan panas ekstrem.

"165 [yang meninggal], Heatstroke [serangan panas] tiga orang, sisanya kebanyakan karena komorbid [penyakit bawaan," kata Konsul Haji Kantor Urusah Haji (KUH) Konsulat Jenderal RI di Jeddah, Nasrullah Jassam, Rabu (19/6/2024).

Heatstroke adalah bentuk cedera panas serius dan perlu perawatan segera untuk menghindari risiko cacat permanen atau kematian. Jika orang terkena heatstroke akan mengalami sakit kepala hingga berdenyut, mual dan muntah, kulit memerah, suhu tubuh tinggi, hingga detak jantung lebih cepat dari biasanya.

Musim haji tahun ini diiringi cuaca panas ekstrem yang melanda sejumlah wilayah di Arab Saudi. Suhu di Saudi diperkirakan mencapai 48 derajat Celsius. Di Mekkah bahkan suhu sempat tercatat mencapai 51 derajat Celsius. 

Menurut laporan pihak berwenang Saudi terdapat 2.000 jemaah yang menjalani perawatan karena heatstroke. Namun, angka ini belum diperbarui sejak akhir pekan lalu. Mereka juga tak membeberkan informasi soal korban jiwa.

(ims)

 Presiden RI Joko Widodo Pastikan Pelaku Judi Online Tak Dapat Bansos

By On Juni 20, 2024

sekilasdunia.com - Presiden RI Joko Widodo menegaskan jika para pelaku judi online (Judol) tidak akan mendapatkan bantuan sosial (Bansos) dari pemerintah.

Hal tersebut sempat ditanyakan kepada Jokowi setelah meninjau bantuan program bantuan pompa air di Karanganyar, Jawa Tengah, Rabu (19/6/2024). Jokowi membantah wacana tersebut.

"Enggak ada," kata Jokowi yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, dikutip sekilasdunia.com, Rabu (19/6/2024).

Adapun isu pemain judi online bisa menerima bansos berawal dari ucapan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy.

Menurutnya, korban judi online yang menjadi miskin menjadi tanggung jawab pemerintah. Mereka nantinya bakal dimasukkan dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), sehingga berhak menerima bansos.

"Kita masukkan di dalam DTKS sebagai penerima bansos, ya, Banyak yang menjadi miskin baru itu menjadi tanggung jawab kita, tanggung jawab dari Kemenko PMK " ujar Muhadjir di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (13/6/2024) lalu.

Namun pada Senin (17/6/204) lalu, Muhadjir telah mengklarifikasi pernyataannya tersebut.

Muhadjir mengatakan, banyak pihak yang salah mengartikan bansos itu untuk pelaku Judol. Padahal, dia ingin bansos tersebut disalurkan pada keluarga pelaku Judol yang dirugikan.

"Saya tegaskan, korban judi online itu bukan pelaku. Siapa korbannya? Korbannya adalah keluarga atau individu terdekat dari para penjudi itu yang dirugikan baik secara material, finansial, maupun psikologis, dan itu-lah yang nanti akan kita santuni," kata Muhadjir di Kantor PP Muhammadiyah, Jakarta Pusat, Senin (17/6/2024). (ims)

 Tenda Jemaah Haji di Mina yang Sempit, Menag : Mina dari Dulu Seperti Itu

By On Juni 20, 2024

sekilasdunia.com - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas merespons keluhan tenda jemaah haji Indonesia di Mina, Arab Saudi.

Menurut Yaqut, luas wilayah Mina memang sangat terbatas. Dengan kuota 213.320 calon haji, kata dia, ruang yang tersedia kurang dari 0,8 meter persegi per orang.

"Mina dari dulu seperti itu. Sejak kuota kembali normal pada 2017, isunya selalu soal kepadatan. Sehingga, menerima tambahan kuota selalu menjadi berkah sekaligus tantangan," kata Gus Men, sapaan Yaqut, Selasa (18/6/2024), dikutip dari laman kemenag.go.id.

Kendati demikian, Yaqut bersyukur karena menurutnya proses puncak haji berjalan lancar. Yaqut mengatakan dinamika di Mina menjadi bagian yang akan dievaluasi oleh Kementerian Agama.

Lebih lanjut, Yaqut menyebut pihaknya bakal segera menggelar evaluasi atas penyelenggaraan haji tahun ini. Terdapat sejumlah catatan akan menjadi bahan perbaikan untuk musim haji mendatang.

Adapun Yaqut mengatakan Indonesia kembali mendapat kuota 221.000 jemaah pada operasional haji 1446 Hijriah/2025 tahun depan.

Kepastian kuota haji 2025 ini diperoleh setelah Yaqut menghadiri Tasyakuran Penutupan Penyelenggaraan Ibadah Haji 1445 H dan Pemberian Kuota Haji 1446 H. Yaqut menilai penyelenggaraan ibadah haji 2024 ini berjalan sukses.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPR sekaligus Ketua Tim Pengawas (Timwas) Haji RI Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menyampaikan kritik keras terkait kondisi tenda jemaah haji Indonesia di Mina yang sempit dan tak sesuai kapasitas.

"Mengintip jamaah tidur berhimpitan kayak sarden dan di lorong sempit antartenda," kata Cak Imin dalam sosial media X pribadinya @cakimiNOW.

Cak Imin mengatakan tenda dengan pengguna berlebih ini mengakibatkan banyak jemaah yang tidak kebagian tempat tidur di dalam tenda.

"Satu orang cuma 0,8 meter, artinya 1 meter enggak nyampe, akhirnya tidur di lorong. Ini tidak boleh terulang," katanya.

Di sisi lain, Cak Imin juga mendapatkan informasi adanya tenda lain yang justru lebih luas. Menurutnya, hal ini tidak adil. Dia pun mengusulkan ke depannya agar tenda harus sama ukurannya.


(ims)

Menag Yaqut : Indonesia Dapat 221 Ribu Kuota Haji Tahun 2025

By On Juni 19, 2024

seklasdunia.com - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengatakan Indonesia kembali mendapat kuota 221.000 jemaah pada operasional haji 1446 Hijriah/2025 tahun depan.

Kepastian kuota haji tahun 2025 ini diperoleh usai Yaqut menghadiri Tasyakuran Penutupan Penyelenggaraan Ibadah Haji 1445 H dan Pemberian Kuota Haji 1446 H.

"Sesuai surat yang saya terima, bahwa Indonesia mendapat 221.000 kuota haji 1446 H/2025 M," kata Yaqut dalam keterangan resmi, Rabu (19/6/2024)

Yaqut mengklaim penyelenggaraan ibadah haji 2024 ini berjalan sukses. Ia mengungkap sejumlah indikator. Pertama, pelayanan jemaah pada fase kedatangan berjalan lancar.

Ia juga mengatakan kuota jemaah haji reguler sebanyak 213.320 jemaah terserap optimal, hanya menyisakan 45 jemaah yang tidak bisa digantikan karena proses visa sudah ditutup.

Indikator kedua, Yaqut menilai proses pelayanan jemaah pada fase kedatangan juga berjalan lancar, baik di Madinah maupun Makkah. Jemaah bisa mendapatkan layanan katering, transportasi, akomodasi, termasuk pelindungan jemaah, dan bimbingan ibadah.

Indikator ketiga, lanjutnya, proses puncak haji berjalan lancar. Ikhtiar mitigasi yang dilakukan Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) bersama otoritas Saudi berhasil memperlancar proses pergerakan jemaah dari Arafah ke Muzdalifah dan Mina.

"Skema murur atau melintas di Muzdalifah banyak mendapat apresiasi. Jemaah bisa diberangkatkan lebih awal, jam 07.37 waktu Saudi sudah tidak ada di Muzdalifah. Ini patut disyukuri," kata dia.

Meski begitu, ia mengakui masih ada beberapa dinamika di Mina. Baginya, kondisi ini akan menjadi bagian yang akan dievaluasi Kemenag.

Menurutnya, wilayah Mina jelas batasannya dan sangat terbatas. Dengan kuota 213.320 jemaah, ruang yang tersedia kurang dari 0,8 meter persegi per orang.

Ditambahkan Menag, pihaknya akan segera menggelar evaluasi atas penyelenggaraan haji tahun ini. Sejumlah catatan akan menjadi bahan perbaikan untuk musim haji mendatang.

Pada tahun 1445 H/2024 tahun ini, Indonesia awalnya mendapatkan kuota haji sebanyak 221.000 jemaah. Namun, Indonesia kembali memperoleh tambahan kuota haji tahun 1445 H/2024 sebanyak 20 ribu orang ketika Presiden Jokowi berkunjung ke Saudi. Sehingga total kuota jemaah haji untuk Indonesia bertambah menjadi 241.000 jemaah.


(ims)

KPU Umumkan Jadwal Pileg 2024 Ulang di Sejumlah Daerah

By On Juni 19, 2024

 


sekilasdunia.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan tahapan dan jadwal pemungutan suara ulang (PSU) Pemilu 2024 di sejumlah daerah. Hal ini sebagai tindak lanjut dari putusan Mahkamah Konstitusi (MK) atas sengketa Pileg 2024.

Jadwal Pileg ulang termaktub dalam tiga surat keputusan KPU, yakni nomor 767, nomor 768 dan 769 tentang Tahapan dan Jadwal Penghitungan Ulang Surat Suara Pasca-Putusan MK.

KPU menetapkan tanggal 19, 22, 26, dan 29 Juni, serta 6 dan 13 Juli untuk seluruh tahapan PSU dan penghitungan suara ulang.

Berikut rincian jadwal pemungutan suara ulang yang dikeluarkan KPU:

Sabtu, 22 Juni 2024:

1. Putusan MK No.: 143-01-03-29/PHPU.DPR-DPRD-XXII/2024

2. ⁠Putusan MK No.: 01-01-05-32/PHPU.DPR-DPRD-XXII/2024

Sabtu, 29 Juni 2024:

1. Putusan MK No: 55-02-02-12/PHPU.DPR-DPRD-XXII/2024

2. ⁠Putusan MK No: 74-01-12-12/PHPU.DPR-DPRD-XXII/2024

3. ⁠Putusan MK No: 251-01-17-04/PHPU.DPR-DPRD-XXII/2024

4. ⁠Putusan MK No: 225-01-01-04/PHPU.DPR-DPRD-XXII/2024

5. ⁠Putudan MK No: 234-01-03-04/PHPU.DPR-DPRD-XXII/2024

6. ⁠Putusan MK No: 05-01-12-38/PHPU.DPR-DPRD-XXII/2024

7. ⁠Putusan MK No: 284-01-02-20/PHPU.DPR-DPRD-XXII/2024

8. ⁠Putusan MK No: 149-01-16-02/PHPU.DPR-DPRD-XXII/2024

9. ⁠Putusan MK No: 184-01-04-02/PHPU.DPR-DPRD-XXII/2024

10. ⁠Putusan MK No: 98-01-05-26/PHPU.DPR-DPRD-XXII/2024

11. ⁠Putusan MK No: 73-01-03-05/PHPU.DPR-DPRD-XXI/2024


Sabtu, 13 Juli 2024:

1. Putusan MK No.: 125-01-08-29/PHPU.DPR-DPRD-XXII/2024

2. ⁠Putusan MK No: 247-01-04-04/PHPU.DPR-DPRD-XXII/2024

3. ⁠Putusan MK No: 177-02-16-37/PHPU.DPR-DPRD-XXII/2024

4. ⁠Putusan MK No: 185-02-16-37/PHPU.DPR-DPRD-XXII/2024

5. ⁠Putusan MK No: 158-02-16-37/PHPU.DPR-DPRD-XXII/2024

6. ⁠Putusan MK No: 03-03/PHPU.DPD-XXII/2024


Adapun jadwal penghitungan suara ulang adalah sebagai berikut:


Rabu, 26 Juni 2024:

1. Putusan MK No: 219-01-14-23/PHPU.DPR-DPRD-XXII/2024

2. ⁠Putusan MK No: 269-01-08-15/PHPU.DPR-DPRD-XXI/2024


Rabu, 19 Juni 2024:

1. Putusan MK No: 275-01-05-06/PHPU.DPR-DPRD-XXI/2024

2. ⁠Putusan MK No: 128-01-05-34/PHPU.DPR-DPRD-XXII/2024

3. ⁠Putusan MK No: 118-01-14-15/PHPU.DPR-DPRD-XXII/2024

4. ⁠Putusan MK No: 261-01-12-15/PHPU.DPR-DPRD-XXII/2024

5. ⁠Putusan MK No: 21-02-08-18/PHPU.DPR-DPRD-XXI/2024


Sabtu, 06 Juli 2024:

1. Putusan MK No: 153-01-12-01/PHPU.DPR-DPRD-XXI/2024

2. ⁠Putusan MK No: 54-01-05-01/PHPU.DPR-DPRD-XXII/ 2024

3. ⁠Putusan MK No: 20-01-04-01/PHPU.DPR-DPRD-XXII/2024

4. ⁠Putusan MK No: 121-02-22-01/PHPU.DPR-DPRD-XXI/2024

5. ⁠Putusan MK No: 105-01-18-01/PHPU.DPR-DPRD-XXI/2024

6. ⁠Putusan MK No: 16-01-22-01/PHPU.DPR-DPRD-XXII/2024

7. ⁠Putusan MK No: 221-01-12-37/PHPU.DPR-DPRD-XXII/2024


(ims)

Portugal Tekuk Ceko di Piala Eropa 2024

By On Juni 19, 2024

 

sekilasdunia.com - Timnas Portugal meraih kemenangan saat berjumpa Republik Ceko pada laga perdana Grup F Piala Eropa 2024. Bertanding di Red Bull Arena, Leipzig, Rabu (19/6/2024) dini hari WIB, Portugal menang tipis 2-1.

Sejatinya Portugal tertinggal terlebih dahulu via gol Lukas Provod pada menit ke-62. Cristiano Ronaldo dkk akhirnya bisa comeback lewat gol bunuh diri bek Ceko, Robin Hranac, di menit 69 dan gol Francisco Conceicao di menit 90+2.

Kemenangan ini membikin Portugal berada di posisi kedua Grup F dengan 3 poin. Kalah agresivitas gol dari Turki yang berada di puncak klasemen.

Berikut susunan pemain Timnas Portugal vs Ceko :

Portugal

Formasi: 4-2-3-1

Pelatih: Roberto Martinez

Costa; Cancelo, Silva, Dias, Mendes; Joao Palhinha, Vitinha; Bernardo Silva, Fernandes, Joao Felix; Cristiano Ronaldo.

Republik Ceko

Pelatih: Ivan Hasek

Formasi: 3-4-1-2

Stanek, Vitik, Zima, Holes; Coufal, Soucek, Sulc, Provod; Barak; Hlozek, Patrik Schick.

(ims)

 Peserta Ranking 1 Tak Lolos Rekrutmen Bersama BUMN, Ini Alasannya

By On Juni 19, 2024

sekilasdunia.com - Kementerian BUMN buka suara soal protes seorang peserta Rekrutmen Bersama (RBB) BUMN yang tidak lolos ke tahap selanjutnya, padahal telah menduduki peringkat 1 dalam tes online pertama.

Sebelumnya, peserta RBB BUMN tersebut menyampaikan protesnya di laman X melalui akun @ditaaaarang. Selain menduduki peringkat 1 pada tes online pertama, dia juga menyebutkan mendapatkan hasil yang memuaskan pada tes online kedua.

“Kepada Yth. Tim Rekrutmen Bersama BUMN 2024, @erickthohir. Saya ingin menyampaikan kekecewaan saya terkait hasil seleksi yang baru saja diumumkan. Sebagai informasi, saya telah lolos tes pertama dgn peringkat 1 dan berhasil melewati tes kedua dengan nilai yang cukup memuaskan,” tulis ditaaaarang di X, Selasa (18/6/2024).

Namun, setelah mengikuti tes online pertama, dia mengaku diharuskan kembali pada tahap pemberkasan hingga berujung mendapatkan pengumuman tidak lolos. Dia kemudian mempertanyakan alur seleksi RBB yang tidak sesuai.

Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga, memastikan RBB BUMN berjalan sesuai alur yang telah ditentukan. Menurut dia, seharusnya seleksi pemberkasan dilakukan di awal sebelum tes online dilakukan.

“Semua sesuai alur, screening berkas di awal. Itu kan asumsi dia saja,” kata Arya, Senin (17/6/2024).

Adapum alur tes RBB sesuai dengan yang terlampir dalam laman RBB 2024 BUMN, yang dapat diakses secara online.

Alur tersebut meliputi:

1. Registrasi online dan seleksi administrasi

2. Tes Online 1

3. Pengumuman Tes Online 1

4. Tes Online 2

5. Pengumuman Tes Online 2

6. Tes Seleksi di BUMN

7. Pengumuman Final Calon Pegawai BUMN Grup

8. Inagurasi (TBC)

Beberapa netizen kemudian memberikan penjelasannya mengapa Dita tak lolos di rekrutmen BUMN meski nilainya sudah sangat memuaskan.

“Jadi ini secara nilai sebenarnya lolos, tapi tahapan setelah ini akan dilanjutkan ke instansi masing2, nah kualifikasi si mbak gak sesuai sm persyaratan instansi terkait, bisa jadi batas usia or jurusan,” tulis @rachmanndsyah.


 (ims)

Idul Adha 1445 H, PIP GROUP Qurban 2 Ekor Sapi

By On Juni 18, 2024

 


sekilasdunia.com - Perusahaan PT. Pandu Indera Persada (PIP Group) berqurban 2 ekor sapi di hari raya Idul Adha 1445 H, di Halaman Masjid Pondok Ma'arifat Samaniyah,  Jalan Sombadebata, Desa Amplas, Kota Medan, Selasa (18/6/2024).

Owner PIP Group, Dr. Ade Sandrawati Purba, S.H., M.H, didampingi Direktur Operasional, Rico Saut Hasudungan Purba mengatakan ucapan syukur atas terlaksananya kegiatan tahunan PIP Group dalam memaknai Hari Raya Idul Adha 1445 H.

"Alhamdulillah PIP Group tahun ini dapat Berqurban 2 ekor sapi, semoga dengan hewan kurban ini, diharapkan dapat memberikan manfaat kepada masyarakat serta keberkahan bagi perusahaan beserta karyawan PIP, "ujarnya.

“Mewakili Segenap direksi dan karyawan PIP Group, saya mengucapkan Selamat Idul Adha 1445 Hijriyah dan selamat menjalankan ibadah kurban. Mari jadikan semangat berkurban ini menjadi momentum dalam meningkatkan kepedulian kepada sesama dan meningkatkan persaudaraan di antara sesama umat Muslim dalam Ukuwah Islamiyah,” tutupnya.

Selain itu, Direktur Operasional Rico Saut Hasudungan Purba juga mengatakan pelaksanaan kurban tersebut merupakan momen untuk memperkuat komitmen perusahaan dalam menjalankan berbagi berkah dan kebaikan. 

“Tidak hanya sekedar menjadi bagian dari ibadah, pelaksanaan kurban juga merupakan bentuk syukur kami atas segala karunia Allah SWT sehingga PIP GROUP dan unit kerja bisnis kami bisa terus maju dan berkembang hingga saat ini.” ungkapnya.


Selain itu, Effendi salah satu masyarakat yang menerima langsung 1 (Satu) bungkus hewan qurban mengucapakan terima kasih  yang sebesar-besarnya kepada PT PIP yang telah berbagi dan tetap peduli terhadap masyarakat sekitarnya.

"Semoga hubungan masyarakat dengan PT. PIP tetap terjalin dengan baik dan harmonis,” ucapnya.

Di tempat yang berbeda, Lasni salah satu masyarakat yang juga mendapatkan daging qurban sangat mengapresiasi  PT.PIP Group.

"Semoga, kedepannya PT PIP sukses dan jaya selalu sehingga dapat meningkatkan bantuannya terhadap masyarakat di sekitar perusahaan,” imbuhnya.

Adapun kegiatan ini dihadiri seluruh direksi dan staff PIP Group serta puluhan perwakilan security dari setiap unit mitra kerja PIP GROUP.


(ims)

 Diikuti Lebih 1,5 Juta Jemaah, Puncak Haji 2024 Dimulai

By On Juni 14, 2024

sekilasdunia.com - Puncak pelaksanaan haji 1445 H/2024 M selama 5-6 hari telah dimulai. Ibadah dimulai pada tanggal 8 Zulhijah atau Hari Tarwiyah, bertepatan dengan Jumat, 14 Juni 2024. 

Prosesi haji pada tanggal 8 Zulhijah adalah bermalam di Mina, sekitar 7-10 km dari Kota Makkah, untuk beribadah di Hari Tarwiyah. Ibadah Hari Tarwiyah adalah sunah: dilaksanakan mendapat pahala, tidak dilaksanakan tidak berdosa. 

Jemaah Indonesia yang diorganisasi oleh Kemenag tidak melaksanakan ibadah Hari Tarwiyah, melainkan langsung mengarah ke padang Arafah untuk persiapan wukuf pada 9 Zulhijah atau 15 Juni. 

Wukuf atau berdiam diri di Arafah merupakan inti haji. Tanpa wukuf di Arafah, haji tidak sah. Jarak Kota Makkah ke Arafah 25-31 km.

Sementara itu, jemaah yang melaksanakan ibadah Hari Tarwiyah mulai keluar dari Kota Makkah pada Kamis (13/6/2024) malam lalu disambung pada hari Jumat ini.

Di Mina, jemaah melaksanakan salat Zuhur, Ashar, Magrib, Isya, dan Subuh. Mereka mempersingkat salat Zuhur, Ashar, dan Isya menjadi dua rakaat, mengikuti sunah Nabi Muhammad. Mina merupakan lembah yang terletak di antara Kota Makkah dan Muzdalifah. Kota tenda ini hanya dihuni saat pelaksanaan haji saja.

Dilaporkan juga, pihak berwenang Saudi telah mengerahkan semua sumber daya manusia dan material mereka untuk menjadikan ibadah haji bebas repot dan sukses besar sesuai instruksi Raja Salman dan Putra Mahkota Muhammad bin Salman.

Ditambahkan, otoritas keamanan telah menyelesaikan semua persiapan sempurna mereka untuk menjamin keselamatan jemaah dan keamanan pelaksanaan haji.

Akibat jemaah mulai keluar dari Kota Makkah untuk menuju Mina atau langsung ke Arafah — seperti jemaah Indonesia — suasana Masjidil Haram sedikit lebih lengang.

(ims)

 Presiden RI Joko Widodo : 2050 Dunia Akan Alami Kelaparan Berat

By On Juni 14, 2024

sekilasdunia.com – Presiden RI Joko Widodo bicara soal ancaman kelaparan berat yang akan dialami dunia di masa mendatang. Bencana ini bakal terjadi imbas terus naiknya suhu bumi.

Presiden juga menyebut gelombang panas sudah mulai terjadi dan dirasakan dalam satu tahun terakhir. 

"Satu tahun terakhir ini kita rasakan betul adanya gelombang panas, periode terpanas. Di India bahkan sampai 50 derajat, di Myanmar 45,8 derajat, panas sekali," ujar Jokowi dalam rapat pengendalian inflasi, Jumat (14/6/2024). 

Terkait kondisi ini, Presiden mengatakan berimbas kepada ketersediaan pangan. Ini lah yang kemudian meningkatkan risiko kelaparan. 

"Tapi urusan pangan, hati-hati masalah ini. FAO mengatakan bahwa jika didiamkan seperti sekarang ini, gak ada pergerakan apa-apa, 2050 dunia akan mengalami kelaparan berat, akan mengalami kelaparan," ujar Jokowi.

Kenaikan suhu, kata Jokowi, berimbas pada sulitnya stok air yang dimiliki para petani. Setidaknya 50 juta petani akan mengalami masalah kekurangan air. 

Jokowi menyebut, di Indonesia ancaman ini disikapi dengan memperbanyak pembangunan bendungan. Termasuk juga pembangunan infrastruktur air seperti jaringan pompa. 

"Kita dalam 10 tahun ini memiliki target membangun 61 waduk dan bendungan. Yang sudah saya resmikan 43 bendungan," ujarnya.

(ims)

 Presiden RI Joko Widodo Salurkan 68 Sapi Kurban untuk Idul Adha

By On Juni 14, 2024

sekilasdunia.com - Presiden RI Joko Widodo akan menyalurkan puluhan sapi kurban untuk Idul Adha kepada daerah. Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono mengungkapkan, setiap provinsi termasuk Ibu Kota Nusantara (IKN) masing-masing mendapatkan satu sapi.

"Jumlahnya adalah semua provinsi mendapatkan satu, termasuk OIKN satu dan beberapa arahan khusus Bapak Presiden, jadi kurang lebih artinya lebih dari 36 sapi yang beratnya bermacam-macam, kami harap adalah sapi Smongol, jadi bervariasi dari 800 sampai 1 ton [beratnya]," kata Heru di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (14/6/2024).

Rincian sapi yang akan disalurkan Jokowi adalah:

- 38 ekor sapi untuk 38 provinsi Indonesia

- 1 ekor sapi untuk Otorita IKN

- 1 ekor sapi untuk masjid tempat Jokowi menunaikan salat Idul Adha

- 1 ekor sapi untuk Masjid Istiqlal

- Masing-masing 1 sapi untuk tokoh adat, tokoh agama, dan tokoh masyarakat Kalimantan Timur serta masjid dan pondok pesantren yang berdekatan dengan IKN.

Dengan demikian, total sapi bantuan Jokowi sebanyak 68 ekor.

Untuk memastikan kelayakan dan kesehatan sapi, Sekretariat Presiden sudah berkoordinasi dengan Dinas Pertanian dan Peternakan dan Dirjen Kementerian Agama.

"Kami pastikan semua sapi dalam sebuah proses di dalam rangka pemilihan tersebut melalui rangkaian-rangkaian kesehatan sehingga terhindar dari penyakit yang memang tidak kita inginkan," ujarnya.

 (ims)

 Legenda Timnas Gonzales Nonton di Tribune GBK, Ini Respon PSSI

By On Juni 14, 2024

sekilasdunia.cm - Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Arya Sinulingga memberikan respons terkait video viral legenda tim nasional Cristian Gonzales nonton dari tribune penonton di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, saat Indonesia vs Filipina pada Selasa (11/6/2024).

Momen mantan penyerang Timnas Indonesia Cristian Gonzales nonton laga Indonesia vs Filipina di tribune GBK menjadi sorotan netizen dan viral di media sosial.

Awalnya Gonzales mengunggah video dirinya nonton laga Timnas Indonesia vs Filipina pada pertandingan terakhir Grup F babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 di GBK, Selasa (11/6/2024) malam.

"Jadi ingat...sekarang di tribune dan tetap mendukung Timnas Indonesia kita," tulis Cristian Gonzales dalam caption di Instagram pribadinya.

Namun, unggahan Gonzales tersebut ternyata mendapatkan perhatian dari netizen. Banyak netizen yang sedih karena Gonzales yang merupakan mantan pemain Timnas Indonesia justru nonton dari tribune penonton umum bukan di kursi VIP.

Terkait masalah ini, anggota Komite Eksekutif PSSI Arya Sinulingga menjelaskan bahwa sejak pertandingan Timnas Indonesia vs Argentina pihaknya sudah mengakomodir untuk kebutuhan mantan pemain timnas menonton laga Merah Putih di kursi VIP.

"Sejak melawan Argentina, setiap pemain legend membutuhkan tiket menonton timnas akan diberikan PSSI dengan menghubungi kesekjenan PSSI dan ini berjalan sampai kemarin melawan Filipina [kalau sebelumnya saya tidak berani mengklaim]," kata Arya dikutip dari Instagram pribadinya pada Kamis (13/6/2024).

Dalam pertandingan tersebut Indonesia menang 2-0 atas Filipina dan berhak lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 sekaligus melaju ke putaran final Piala Asia 2027. (ims)


(ims)

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *