Google Bakal Akuisisi Startup Keamanan Siber Senilai Rp 371 Triliun

sekilasdunia.com - Induk perusahaan Google, Alphabet Inc. sedang dalam proses negosiasi untuk mengakuisisi perusahaan rintisan (startup) di sektor keamanan digital (cyberscurity) Wiz, nilai akuisisi ini mencapai USD 23 miliar atau sekitar Rp 371,6 triliun (kurs Rp 16.158).

Wiz merupakan startup yang berfokus pada keamanan data cloud computing. Diskusi di antara keduanya dimulai sejak Wiz mendapatkan pendanaan USD 1 miliar atau sekitar Rp 16,1 triliun dari perusahaan penanam modal pada awal tahun ini.

Kabar mengenai rencana akuisisi terbesar sepanjang sejarah Google ini pertama kali diterbitkan oleh media The Wall Street Journal.

Baik Google maupun Wiz masih enggan merespons permintaan komentar dari CNN. Sebelumnya, akuisisi terbesar yang pernah dicapai perusahaan raksasa teknologi ini terjadi pada 2012 saat mengakuisisi Motorola dengan nilai mencapai USD 12,5 miliar atau setara Rp 201 triliun.

Namun dua tahun setelahnya Google melepas Motorola karena mengalami kerugian besar. Sebelumnya, pada Maret 2022, Alphabet Inc. telah membeli startup keamanan digital, Mandiant, dengan nilai USD 5,4 miliar atau sekitar Rp 87 triliun.

Google memang sedang gencar untuk melakukan diversifikasi layanan produk ke cloud computing untuk meningkatkan pendapatan di luar bisnis iklan. Kendati demikian, mereka dinilai masih kesulitan untuk bersaing pada layanan serupa milik Microsoft dan Amazon.


(ims)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *