Heboh Nama Program Instans Nyeleneh, Ini Daftarnya

 


sekilasdunia.com - Nama-nama program sejumlah instansi pemerintah yang dianggap nyeleneh viral di media sosial. Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Edi Santoso, meminta pemerintah untuk tak asal membuat singkatan nama program mereka.

"Jangan sampai karena ingin mudah diingat, singkatan nama program pemerintah tersebut dibuat asal-asalan atau nyeleneh sehingga dapat menimbulkan konotasi negatif, bahkan menjurus ke pornografi atau seksualitas," kata Edi, Selasa (9/7/2024).

Edi Santoso juga mencontohkan, salah satunya adalah pogram Pemkab Cirebon, "Sipepek", yang merupakan akronim dari Sistem Informasi Administrasi Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial. Sebenarnya dalam Bahasa Jawa di Cirebon, kata "pepek" artinya adalah "lengkap", namun dalam Bahasa Indonesia, "pepek" artinya istilah kemaluan perempuan.

Menurut Edi, seharusnya pemerintah atau pemerintah daerah bisa menilai apakah singkatan program yang mereka buat pantas atau tidak. Jika perlu, seharusnya pemerintah pusat melalui KemenpanRB mengeluarkan aturan soal singkatan nama program.

Nama program yang sudah terlanjur dibuat nyeleneh, kata Edi, masih bisa diperbaiki dan diganti. Pemerintah daerah juga tidak boleh malu memperbaikinya dengan mencari kembali singkatan yang wajar sebelum diluncurkan ulang.

"Jadi kalau mau membuat singkatan, apalagi untuk program pemerintah, sebaiknya yang wajar-wajar saja, jangan sekadar disingkat agar mudah diingat," tutur Edi.

Selain Sipepek, ada beberapa singkatan program pemerintah daerah atau lembaga lainnya yang dianggap nyeleneh. Misalnya:

SIPEPEK - singkatan Sistem Pelayanan Program Penanggulangan Kemiskinan dan Jaminan Kesehatan. Melengkapi kebutuhan warga kurang mampu di Kabupaten Cirebon.

SITHOLE - singkatan dari Sistem Informasi Konsultasi Hukum Online Pengadilan Negeri Semarang.

SISKA KU INTIP - Sistem Integrasi Kelapa Sawit-Sawi Berbasis Kemitraan Usaha Ternak Inti - Plasma yang ada di Dinas Perkebunan dan Peternakan Kalimantan Selatan.

SIMONTOK - Sistem Monitoring Stok dan Kebutuhan Pangan Pokok. Pemerintah Kota Solo.

SISEMOK - Sistem Informasi Organisasi Kemasyarakatan. Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.

SICANTIK - Sistem Pencatatan Kehadiran & Kinerja. mencatat kehadiran serta kinerja ASN di wilayah Kabupaten Bogor.

SIGANTENG - Sistem Informasi Ketenagalistrikan Jawa tengah. Aplikasi pengajuan terkait izin ESDM di Jawa Tengah

SIPEDO - Sistem Pelatihan Berbasis Data Online. Memudahkan fungsi pelatihan di Balai Pelatihan Kerja di Sumedang.

MAS DEDI MEMANG JANTAN - Masyarakat Berdedikasi Memperhatikan Angkatan Kerja Rentan. Kota Tegal, untuk memberikan perlindungan kepada para pekerja Bukan Penerima Upah (BPU).

i-PUBERS - Integrasi Pupuk Bersubsidi. Program Kementan kerja sama dengan PT Pupuk Indonesia.

JEBOL YA MAS - Program Inovasi Puskesmas Anggut Atas. Pemerintah Kota Bengkulu.

BOTI - Bantuan Operasional Tempat Ibadah milik Pemprov DKI.

(ims)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *