Polisi Bakal Gelar Razia Cegah Peredaran Obat Perangsang Poppers

sekilasdunia.com - Polisi bakal melakukan razia ke sejumlah titik untuk mencegah peredaran obat perangsang atau yang biasa disebut Poppers. 

"Akan saya buat TR jajaran untuk razia barang ini kalau ada. Takut dibawa ke diskotek, kasih cewek, dia terangsang, gimana ya. Selain (dipakai) oleh sejenis juga (bisa dipakai) oleh wanita kalau orang mau iseng juga bisa. Makanya kita antisipasi, takut jadi perkosaan dan lain itu," kata Dirtipidnarkoba Bareskrim Polri, Brigjen Mukti Juharsa, kepada wartawan pada Kamis (25/7/2024).

Terkait hal itu, menurut Mukti, Poppers diimpor dari Cina dengan harga Rp 80 ribu dan biasanya dijual lagi di Indonesia dengan harga Rp 120 ribu. Para pelaku peredaran obat tersebut mendapatkan keuntungan dari selisih harga pembelian di luar negeri dan penjualan di dalam negeri.

"Itu (Poppers) adalah barang-barang yang cukup membahayakan," kata dia.

Tiga orang berinisial RCL, P, dan MS ditangkap oleh polisi karena mengedarkan obat perangsang atau yang biasa disebut Poppers. 959 buah botol dan 710 kotak berisi Poppers diamankan dalam pengungkapan itu.

Kasubdit III Dittipidnarkoba, Kombes Suhermanto, mengatakan obat itu digunakan oleh penyuka sesama jenis untuk melakukan hubungan seksual. Menurut dia, obat itu sudah dilarang untuk digunakan oleh BPOM sejak Oktober 2021 karena mengandung isobutil nitrit.

"Tentang Poppers ya jadi Poppers ini obat perangsang yang digunakan oleh kelompok tertentu untuk berhubungan seksual sesama jenis ya," kata dia Mabes Polri pada Senin (22/7/2024).

Suhermanto menyebut obat itu berbahaya untuk digunakan karena dapat mengakibatkan stroke hingga serangan jantung yang berujung kematian. Adapun obat tersebut digunakan dengan cara dihirup oleh para penyuka sesama jenis.

Akibat perbuatannya, tiga pelaku peredaran Poppers disangkakan Pasal 435 UU Nomor 17 Tahun 2003 tentang Kesehatan dengan ancaman penjara maksimal 20 tahun.


(ims)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *