Presiden RI Joko Widodo Lantik 906 Perwira TNI-Polri di Istana Merdeka

 


sekilasdunia.com – Presiden RI Joko Widodo  didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin melantik Prasetya Perwira TNI-Polri yang telah selesai menjalani pendidikan di akademi masing-masing. 

Pejabat yang hadir di antaranya Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menko Polhukam Hadi Tjahjanto, Ketua DPR Puan Maharani, Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet), Panglima TNI Agus Subiyanto, dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Kolonel Penerbang Yoyon Kuscahyono bertindak sebagai Komandan Upacara, sementara Brigadir Jenderal Heru Langlang Buana bertindak sebagai Perwira Upacara.

Selanjutnya, perwakilan dari TNI AD, TNI AU, TNI AL, dan Polri berdiri di hadapan Jokowi untuk pengucapan sumpah perwira. Ada 5 perwakilan yaitu M. Shultan Andika Bhakti (Akmil), Gamail Marshal Pamungkas (AAL), Beltazar Wirya Nugraha (AAU), Komang Wiwin Tribuana Putri (Akpol), Michaeel Darmadi Cahyadi Joshua (Akpol).

Presiden Jokowi memimpin pengucapan sumpah perwira yang diikuti oleh 906 perwira yang hadir. Dengan rincian, 417 Capaja Akademi Militer (Akmil), 129 Capaja Akademi TNI AL (AAL), 113 Capaja Akademi TNI AU (AAU), dan 247 Capaja Akademi Kepolisian (Akpol).

Di akhir sambutannya, Presiden berpesan untuk rela berkorban dan selalu mengabdi kepada negara, menjaga solidaritas TNI-Polri, dan menjunjung tinggi sumpah prajurit yang telah dilakukan.

“Saudara-saudara adalah bhayangkara negara dan pembela tanah air, menjadi tulang punggung pertahanan dan keamanan bangsa untuk melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia. Siapkan diri saudara-saudara untuk mengabdi pada bangsa dan negara. Selalu setia dan siap untuk berkorban, selalu memimpin dengan hati, penuh kebijakan, dan kebajikan. Pegang teguh Saptamarga, sumpah prajurit, dan Delapan Wajib TNI. Pegang teguh Tribrata, dan Catur Prasetya Polri. Jaga soliditas dan kekompakan TNI dan Polri. Cintailah bangsamu, cintailah rakyatmu,” ungkap Presiden dikutip dari setkab.go.id, Selasa (16/07/2024).

Dalam upacara ini juga disebutkan peraih Adhi Makayasa dari masing-masing akademi. Mereka yakni Letnan Dua Infantri I Made Aditya Wahyu Palguna dari Akademi Militer (Akmil), Letnan Dua Marinir Mochamad Irvan Sugianto dari Akademi Angkatan Laut (AAL), Letnan Dua Penerbang Jofanka Hendhico Arianto dari Akademi Angkatan Udara (AAU), dan Inspektur Polisi Dua Theodore Gomgom Octofarrel De Fatima dari Akademi Akademi Kepolisian (Akpol).

(ims

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *