Pertamina Pastikan Tak Ada Pembatasan Beli Pertalite pada 1 September 2024

By On Agustus 31, 2024

 


sekilasdunia.com - PT Pertamina Patra Niaga memastikan tak ada rencana menghentikan distribusi BBM subsidi pertalite pada 1 September 2024.

Hal ini disampaikan Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Heppy Wulansari bahwa pihaknya bakal tetap menyalurkan pertalite sesuai penugasan yang diberikan pemerintah.

"Masyarakat tidak perlu termakan berita hoax. Pertalite akan terus kami salurkan sesuai kuota yang ditetapkan Pemerintah," jelasnya melalui keterangan resmi, Jumat (30/8/2024).

Heppy mengatakan pihaknya bahkan terus mendukung upaya-upaya pemerintah agar subsidi tepat sasaran. Caranya, dengan melakukan pendataan pengguna BBM subsidi melalui pendaftaran QR Code melalui www.subsiditepat.mypertamina.id.

Ia menuturkan wilayah pendaftaran QR Code pertalite dilakukan secara bertahap dan hanya khusus untuk kendaraan roda empat. Saat ini pendaftaran QR Code pertalite difokuskan di wilayah Jawa, Madura, Bali (JAMALI) dan sebagian wilayah non-Jamali yaitu Kepri, NTT, Maluku, Maluku Utara, Gorontalo, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Aceh, Bangka Belitung, Bengkulu, serta Kabupaten Timika.

"Diharapkan tahap satu bisa tercapai 100 persen pada akhir september 2024. Sisanya akan dilakukan tahap kedua rencana paling cepat bulan Oktober-November 2024," imbuh Heppy.

Lebih lanjut, ia mengatakan jumlah pendaftar yang terverifikasi dan telah mendapat QR Code saat ini mencapai 3,9 juta. Adapun dokumen yang perlu dipersiapkan untuk mendaftar adalah foto KTP, foto diri, foto STNK (tampak depan dan belakang), foto kendaraan tampak keseluruhan, foto kendaraan tampak depan nomor polisi dan foto KIR bagi kendaraan pengguna KIR.

Untuk seluruh dokumen agar dipastikan terbaca dengan jelas dan dikirim dalam format foto (jpg). Selain itu, agar memastikan foto yang diunggah jelas tidak pecah dengan resolusi tinggi agar memudahkan proses verifikasi.

"Bagi masyarakat pengguna pertalite yang belum melakukan pendaftaran, diharapkan segera melakukannya untuk memastikan akses subsidi BBM yang tepat sasaran," imbau Heppy.

Pemerintah sebelumnya berencana untuk menerapkan pembatasan penyaluran pertalite mulai 1 September 2024. Dengan begitu, pertalite hanya bisa dikonsumsi mobil di bawah 1.400 cc.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia menyampaikan pemerintah batal membatasi pertalite mulai 1 September. Sebagai gantinya, pemerintah berencana melakukan pembatasan BBM subsidi itu mulai 1 Oktober.



(ims)

Presiden RI Joko Widodo Terima Penghargaan dari FAO, Dinilai Konsisten Wujudkan Ketahanan Pangan

By On Agustus 31, 2024

 


sekilasdunia.com - Transformasi sistem pertanian yang didasari oleh pertanian berkelanjutan di Indonesia dinilai mengalami perkembangan pesat di bawah kepemimpinan Presiden RI, Joko Widodo. Bahkan, pertanian Indonesia dinilai mampu menghadapi berbagai tantangan global seperti Pandemi Covid-19.

Atas capaian tersebut, Presiden Jokowi pun menerima penghargaan Agricola Medal dari Organisasi Pangan dan Pertanian PBB (Food and Agriculture Organization/FAO) di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (30/8/2024).

Direktur Jenderal FAO, Qu Dongyu mengungkapkan bahwa penghargaan Agricola Medal diberikan kepada para pemimpin dunia yang dinilai memiliki upaya dan dukungan besar pada tujuan mendasar FAO dalam mencapai ketahanan pangan global.

“Pada masa pandemi covid-19, sektor pertanian menjadi penggerak pertumbuhan ekonomi Indonesia dengan pertumbuhan 2,2%, tingkat kemiskinan di Indonesia juga terus menurun secara konsisten,” ungkapnya.

Qu Dongyu menyebut bahwa penghargaan Agricola Medal menjadi bukti dari upaya Indonesia mewujudkan ketahanan pangan dan kehidupan masyarakat yang lebih baik, tanpa ada satupun warga yang terabaikan.

“Indonesia telah menunjukkan kerja sama dan kolaborasi yang kuat dalam mencapai tujuan kita bersama di bidang ketahanan pangan global,” sebutnya.

(ims)

Mangatas Silalahi, SE - Dr.Ade Sandrawati Purba,SH,MH Daftar Balon Walikota Dan Wakil Walikota Ke KPU Pematangsiantar

By On Agustus 29, 2024

 


sekilasdunia.com – Pasangan Calon Walikota Dan Wakil Walikota Pematangsiantar Mangatas Marulitua Silalahi dan Ade Sandra Purba Resmi Mendaftar ke KPU Pematangsiantar menjadi Calon Walikota/Wakil Walikota, Rabu (28/8/2024) sekira pukul 11.00 WIB.

Pasangan Calon Walikota Dan Wakil Walikota Pematangsiantar didampingi oleh Ketua-Ketua Partai Pengusung yang dihantarkan oleh Ribuan Masyarakat Pematangsiantar. Antusias dan ramainya pendukung itu membuat ratusan kursi yang tersedia di halaman kantor KPU Siantar, Jalan Porsea, tidak mampu menampungnya. Sehingga, massa akhirnya membeludak sampai ke Simpang Jalan Gereja dan Jalan Sudirman.

Kehadiran pasangan Bacalon Walikota/Wakil Walikota Siantar Mangatas, Marulitua Silalahi -Ade Sandra Purba, diterima Komisioner KPU Siantar di salah satu ruangan. Turut dihadiri Komisioner Bawaslu Kota Siantar.

Selanjutnya Mangatas Silalahi didampingi Ade Sandra Purba serahkan berkas calon dan berkas pencalonan secara fisik meski sebelumnya sudah dimasukkan pada aplikasi Silon KPU.

“Saya datang untuk mendaftar didukung Partai Golkar, Partai Perindo, Partai PSI dan Partai Buruh,” ujar Mangatas Silalahi ujarnya.

Setelah berkas-berkas diperiksa, ternyata dinyatakan lengkap. “Berkas yang sudah kami periksa lengkap,” kata M Isman Hutabarat didampingi para komisioner KPU Siantar, Dedy Rahman Harahap, Roy Mansen Simarmata, Nurbaiyah Siregar dan Chucha Ashari.

Sementara, pihak Bawaslu Pematangsiantar yang hadir, Ketua Nanang Wahyudi Harahap dan anggota, Ricky Fernando Hutapea serta Frengki D Sinaga.

Sedangkan pengurus partai pendukung yang hadir, Marli Suryatama sebagai Sekretaris DPD Golkar Pematangsiantar, Binton Silaen Ketua DPD Perindo Kota Pematangsiantar serta Ejones Simanjuntak Ketua Partai Buruh Kota Siantar serta Zainul Arifin Siregar sebagai Ketua Tim Pemenangan Mangatas.

Sebelum tahap pendaftaran itu berakhir, pasangan bakal calon menerima rekomendasi pemeriksaan kesehatan di RSUD Malik Medan antara tanggal 30 Agustus sampai tanggal 2 September 2024.

Selanjutnya, melalui keterangan pers di tempat yang sudah disediakan KPU Pematangsiantar, Mangatas didampingi Ade Sandra mengucapkan terimakasih kepada KPU dan Bawaslu yang telah memperlancar pendaftaran mereka.

Seusai pendaftaran Pasangan Mangatas Maruli Tua, Silalahi, SE bersama DR Ade Sandrawati, Purba, SH, MH, diiringi ribuan pendukungnya, secara tertib menuju kantor DPD TK II Partai Golkar yang berada di Jln Rakutta Sembiring, Komplek Ruko Water Park Martoba.

“Setelah pendaftaran ini, kita melakukan deklarasi dan konsolidasi dengan partai pendukung , Kemudian menyapa masyarakat,” kata Mangatas yang sempat menyampaikan visi dan misi secara gamblang,” Rakyat Tidak Lapar, Harga Sembako Terjangkau, Lapangan kerja Tersedia dan Jalan Mulus.

Di lokasi yang dipenuhi ribuan massa ini, Mangatas -Ade mendeklarasikan diri akan berjuang bersama rakyat Pematangsiantar pada pemilihan 27 November 2024 nantinya.

Resmi! Zulhas Terpilih Kembali Jadi Ketum PAN Secara Aklamasi

By On Agustus 26, 2024

 


sekilasdunia.com -  Zulkifli Hasan (Zulhas) terpilih kembali menjadi Ketua Umum (Ketum) Partai Amanat Nasional (PAN) pada acara kongres PAN ke-VI, yang digelar di Hotel Kempinski Jakarta Pusat, Jumat (23/8/2024).

Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi menyatakan, Zulhas terpilih secara aklamasi setelah mengantongi dukungan dari 38 DPW dan 514 DPD.

Dalam pidatonya di penutupan kongres, Zulhas menyatakan kongres sudah sesuai konstitusi dan mekanisme yang ada.

“Di penutupan kongres PAN adalah tonggak baru sejarah, sebab kongres dihiasi senyum kader. Di kongres secara konstitusional sejuk nyaman dan riang gembira, solid kuat dan terus melaju menjadi partai besar,” kata Zulhas dalam pidatonya di kongres, Sabtu (24/8/2024).

Zulhas menargetkan PAN menjadi partai tiga besar di Pemilu 2029. “PAN bercita cita di pemilu 2029 menjadi partai besar insyaallah, Mendampingi Gerindra, PAN akan menempatkan resep keberhasilan Gerindra dalam membangun partai,” kata Zulhas

Sebelumnya, Presiden terpilih Prabowo Subianto menghadiri Kongres VI Partai Amanat Nasional (PAN) di Hotel Kempinski Jakarta Pusat, Jumat (23/8/2024). Prabowo tampak mengenakan jas berwarna biru dongker dengan dasi biru muda.

Prabowo hadiri sekitar pukul 18.55 WIB dan disambut riuh tepuk tangan para kader PAN. Rencananya, Prabowo akan ikut menyampaikan pidato sekaligus menurut kongres PAN.

(ims)

Cak Imin Resmi Terpilih Jadi Ketum PKB 2024-2029 Secara Aklamasi

By On Agustus 26, 2024

 


sekilasdunia.com - Muhaimin Iskandar (Cak Imin) kembali terpilih menjadi Ketua Umum PKB periode 2024-2029 secara aklamasi dalam rapat pleno laporan pertanggung jawaban seluruh DPW PKB di Muktamar ke VI PKB, Nusa Dua, Bali, Sabtu (24/8/2024).

Dalam usulan tersebut, seluruh DPW kompak kembali mendukung Cak Imin menjadi Ketum PKB periode selanjutnya.

"Kita telah mendengarkan pandangan umum beserta muktamar yang diwakili oleh seluruh ketua DPW dari 38 provinsi yang mewakili 503 DPC PKB seluruh Indonesia," kata Ida Fauziyah, pimpinan rapat pleno dalam Muktamar PKB di Nusa Dua, Bali, Sabtu (24/8/2024).

Ida kemudian melanjutkan sidang dengan agenda menindaklanjuti permintaan pengurus DPW PKB agar segera menetapkan Cak Imin jadi ketum periode 2024-2029. 

Ida lalu bertanya kesediaan Cak Imin untuk menjabat ketum lagi.

“Meminta bapak Muhaimin Iskandar melanjutkan kepemimpinan DPP PKB sebagai ketua umum 2024-2029 apakah dapat disetujui,” tanya Ida kepada muktamirin.

“Setuju,” kata seluruh muktamirin yang hadir.

(ims)

 PKS dan Demokrat Balik Arah, Dukung Keputusan MK Tentang RUU Pilkada 2024

By On Agustus 26, 2024

sekilasdunia.com - Sikap sejumlah partai mulai berbalik arah terkait RUU Pilkada yang sempat dikebut DPR sehari setelah adanya putusan Mahkamah Konstitusi (MK).

Terbaru, Partai Demokrat menyatakan tidak lagi melanjutkan pengambilan keputusan tingkat II untuk RUU Pilkada. Menurut partai yang tergabung dalam koalisi Indonesia Maju (KIM) tersebut, keputusan ini diambil setelah mencermati dan mendengar aspirasi mahasiswa serta berbagai elemen masyarakat.

"Kami mendorong agar KPU RI dapat segera menyusun Peraturan KPU yang sejalan dengan keputusan Mahkamah Konstitusi," kata Demokrat dalam pernyataan resmi, dikutip Sabtu (24/8/2024).

Sebelumnya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), yang juga bagian dari KIM, tak lagi mendukung RUU Pilkada. Juru bicara PKS Muhammad Kholid menyatakan pihaknya menyambut baik keputusan pimpinan DPR untuk membatalkan rencana revisi UU Pilkada tersebut.

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia Sufmi Dasco Ahmad mengungkapkan alasan batalnya penetapan revisi UU Pilkada. Dasco menjelaskan, pembatalan murni karena secara tata tertib aturan persidangan tidak terpenuhi.

"Kita ikuti tatib yang berlaku tentang tata cara persidangan di DPR, setelah ditunda 30 menit, kemudian menurut tatib itu tidak bisa diteruskan sehingga kita tidak jadi laksanakan," kata Dasco yang juga menjabat Ketua Harian Partai Gerindra dalam konferensi pers pada Kamis.

Pada Jumat, Dasco menegaskan KIM masih solid kendati pengesahan RUU Pilkada batal.

Baleg sebelumnya bersepakat RUU Pilkada dibawa ke paripurna pada Kamis (23/8/2024). RUU itu disetujui delapan dari sembilan fraksi di DPR, hanya PDIP yang menolak.

Pembahasan RUU Pilkada dilakukan dalam waktu kurang dari tujuh jam. Revisi UU Pilkada juga dilakukan sehari usai MK mengubah syarat pencalonan pilkada melalui putusan nomor 60/PUU-XXII/2024. Namun, DPR tak mengakomodasi keseluruhan putusan itu.

Pengesahan ini juga dilakukan di tengah gelombang protes besar dari rakyat Indonesia. Demo besar di sejumlah kota serempak digelar kemarin. Demo ini bagian dari gerakan 'peringatan darurat Indonesia' yang viral di media sosial setelah DPR bermanuver mengabaikan putusan MK.

Putusan MK telah mengubah ambang batas pencalonan oleh partai politik yang ada di UU Pilkada sebesar 20 persen kursi DPRD atau 25 persen suara sah. MK menganulir ambang batas dalam UU Pilkada tersebut melalui putusan nomor 60/PUU-XXII/2024.

MK kemudian memberikan syarat baru ambang batas didasarkan pada jumlah penduduk. Melalui putusan itu, MK menyatakan partai atau gabungan partai politik peserta pemilu bisa mengajukan calon kepala daerah meski tidak punya kursi DPRD.

Partai yang tidak memperoleh kursi DPRD, tetap bisa mengusung paslon selama memenuhi syarat presentase yang dihitung dari jumlah daftar pemilih tetap (DPT). Syarat parpol dan gabungan parpol bisa mengusung paslon yaitu memperoleh suara sah dari 6,5 persen hingga 10 persen, tergantung pada jumlah pemilih tetap di provinsi itu.

Sementara keputusan Baleg DPR pada Rabu (21/8/2024) justru tetap mempertahankan ambang batas 20 persen kursi DPRD atau 25 persen suara sah bagi partai yang memiliki kursi di DPRD. Namun, partai politik yang tak punya kursi di DPRD disyaratkan seperti yang diputuskan oleh MK.

UU Pilkada mengatur batas usia paling rendah calon gubernur adalah 30 tahun dan calon bupati/wali kota adalah 25 tahun. Putusan MK nomor 70/PPU-XXII/2024 menegaskan batas usia minimum calon gubernur tetap 30 tahun dan calon wali kota/bupati tetap 25 tahun, saat ditetapkan oleh KPU sebagai pasangan calon, bukan ketika dilantik.

Di sisi lain, keputusan Baleg DPR menyatakan batas usia paling rendah calon gubernur adalah 30 tahun dan batas usia calon wali kota/bupati adalah 25 tahun ketika resmi dilantik. Mereka malah mengacu pada keputusan MA dalam menyusun beleid ini, bukan mengikuti MK.

(ims)

 Resmi ! Bahlil Lahadalia Sah Jadi Ketum Golkar

By On Agustus 22, 2024

sekilasdunia.com – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia resmi menjadi Ketua Umum Partai Golkar menyambung estaafet kepemimpinan Airlangga Hartarto di Musyawarah Nasional (Munas) Partai Golkar yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (21/8/2024).

"Saya menanyakan apakah seluruh hadirin yang hadir setuju untuk kita tetapkan Bapak Bahlil Lahadalia menjadi Ketum DPP Partai Golkar periode 2024-2029?" tanya Ketua Munas XI Golkar Adies Kadir kepada peserta di JCC, Jakarta, Rabu (21/8/2024). 

"Setuju?" tanya Adies lagi. 

"Setuju!" jawab para peserta munas di lokasi disertai tepuk tangan yang meriah.

Bahlil diketahui telah lolos verifikasi dan disahkan menjadi calon ketua umum (caketum) tunggal. Dalam Munas, Bahlil turut memaparkan visi dan misinya sebagai calon ketum Golkar.

Adapun pengesahan Bahlil jadi caketum tunggal Partai Golkar tertulis dalam Keputusan Munas Golkar 2024 No 11/munas/golkar/2024 tentang pengesahan calon tunggal Ketum DPP Golkar, priode 2024-2029.

"Mengesahkan saudara Bahlil Lahadalia sebagai calon tunggal Ketum DPP Partai Golkar peridoe 2024-2029," tulis keputusan Munas yang dibacakan Ketua DPP Golkar Ace Hasan Syadzily.

Keputusan ini berlaku sejak tangal ditetapkan di Jakarta 21 Agustus 2024.


(ims)

Polisi: 3.286 Personel Amankan Demo di DPR dan Patung Kuda Hari Ini

By On Agustus 22, 2024

sekilasdunia.com - Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro menyebut bahwa sebanyak ribuan personel dikerahkan untuk mengamankan demonstrasi kawal putusan Mahkamah Konstitusi (MK) di Patung Kuda, Gambir, Jakarta Pusat dan Gedung DPR-MPR, Gatot Subroto, Jakarta Pusat pada Kamis (22/8/2024) pagi ini.

"Dalam rangka pengamanan aksi elemen masyarakat di bundaran Patung Kuda Monas, dan sekitarnya, kami melibatkan sejumlah 3.286 personel gabungan dengan rincian 1.273 di Patung Kuda dan 2.013 di Gedung DPR," kata Susatyo dalam keterangannya.

Susatyo menambahkan untuk penutupan atau pengalihan arus lalu lintas di sekitar bundaran Patung Kuda Monas, dan beberapa lokasi lain bersifat situasional. Ia menyebut, rekayasa arus lalu lintas akan diberlakukan melihat perkembangan dinamika situasi di lapangan.

"Apabila jumlah massanya tidak banyak, lalu lintas normal seperti biasa. Kita lihat nanti jumlah massanya, bila nanti di sekitaran bundaran Patung Kuda Monas itu massanya cukup banyak dan eskalasi meningkat, maka arus lintas yang akan mengarah ke depan akan dialihkan," ucapnya.

Sebagai informasi, sejumlah elemen baik dari kalangan buruh, aktivis hingga mahasiswa bakal melakukan aksi demonstrasi buntut Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) No. 60/PUU-XXII/2024 ditolak oleh Badan Legislasi (Baleg) DPR dan draft RUU Pilkada akan disahkan dalam Rapat Paripurna DPR RI pada Kamis (22/8/2024) ini.

(ims)

 DPR Batal Sahkan RUU Pilkada karena Tak Terpenuhi Kuorum

By On Agustus 22, 2024

sekilasdunia.com - Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) batal mengesahkan RUU Pilkada karena anggota DPR banyak yang tak hadir dalam rapat paripurna sehingga tak terpenuhinya kuorum.

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad yang bertindak sebagai pimpinan sidang menjelaskan, rapat paripurna hanya dihadiri oleh 89 anggota dewan. Sementara 87 anggota izin.

"89 hadir, izin 87 orang. Oleh karena itu, kita akan menjadwalkan kembali rapat bamus untuk rapat paripurna karena kuorum tidak terpenuhi," kata Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad, yang bertindak sebagai pimpinan rapat.

Sekedar informasi, DPR RI menjadwalkan rapat paripurna untuk mengesahkan RUU Pilkada menjadi UU Kamis (22/8/2024) hari ini. Langkah itu dilamukan setelab Baleg DPR RI menyepakati pada tingkat I pembahasan RUU tersebut.

Wakil Ketua Baleg DPR RI Achmad Baidowi mengatakan, pihaknya telah menyurati pimpinan DPR RI untuk menjadwalkan rapat paripurna guna mengesahkan RUU Pilkada. 

"Ya, kami tadi sudah menyurati pimpinan untuk menjadwalkan RUU ini, karena kemarin berdasarkan keputusan Bamus juga bahwa RUU ini akan disahkan dalam paripurna terdekat," kata pria yang akrab disapa Awiek saat ditemui di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (21/8/2024).

Berdasarkan undangan yang diterima dengan surat nomor B/9827/LG.02.03/8/2024, sidang paripurna sendiri akan digelar pada pukul 09.30 WIB Kamis, 22 Agustus 2024.

Adapun agenda sidang kali ini yakni pengambilan tingkat II RUU Perubahan Keempat atas UU Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 tahun 2024 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota menjadi UU.

Sebelumnya, Baleg DPR RI bersama pemerintah menyetujui draf revisi Undang-Undang tentang Pilkada atau RUU Pilkada. Kesepakatan ini diambil dalam rapat pengambilan keputusan tingkat I yang digelar Rabu (21/8/2024) sore.

Baleg DPR RI sendiri, menyepakati sejumlah hal salah satunya terkait syarat pencalonan dalam Pilkada 2024. Kesepakatan itu berbeda dengan putusan MK terkait syarat pencalonan dalam Pilkada 2024.

(ims)

Presiden RI Joko Widodo Tambah Insentif 50 Persen untuk Semua Pegawai KPU

By On Agustus 20, 2024

 


sekilasdunia.com – Presiden RI Joko Widodo menambah uang insentif untuk seluruh pegawai Komisi Pemilihan Umum (KPU) hingga 50 persen karena dianggap sukses menyelenggarakan Pemilu 2024.

Presiden memuji kinerja KPU menggelar lima pemilihan sekaligus dengan total suara 164,2 juta. Meski sudah menjalankan tugas berat, KPU akan kembali dihadapkan dengan tugas lainnya, yaitu Pilkada Serentak 2024 dengan total pemilih sekitar 200 juta orang.

"Dengan tugas KPU yang sangat berat tersebut, saya mohon maaf, saya mohon maaf, sejak 2014 tidak ada kenaikan tunjangan insentif. Saya baru tahu kemarin, setelah saya kemarin, waduh, ini sejak 2014. Dan formula kenaikannya sederhana. Hitung, hitung, hitung, hitung, kemudian ketemu dan kemarin diputuskan kenaikannya sebesar 50 persen " kata Jokowi pada Rapat Konsolidasi Nasional Kesiapan Pilkada Serentak 2024 di Jakarta Convention Center, Selasa (20/8/2024).

Jokowi memberi sejumlah catatan untuk KPU menyiapkan Pilkada Serentak 2024. Dia meminta KPU memerhatikan data pemilih agar tidak terjadi kegandaan atau ketidakakuratan.

Dia juga berpesan agar penyaluran dan penyimpanan logistik pemilu diperhatikan dengan baik. Selain itu, ia juga menekankan keamanan dan kesehatan para petugas pemilu selama pilkada berjalan.

Dia juga menyinggung soal potensi kesalahan penghitungan suara karena faktor manusia ataupun sistem informasi dan teknologi. Jokowi ingin pilkada berjalan dengan akuntabilitas di setiap prosesnya.

Sebelumnya, Indonesia menggelar dua pemilihan serentak dalam satu tahun kalender untuk pertama kalinya. Pemilu Serentak 2024 digelar 14 Februari, sedangkan Pilkada Serentak 2024 digelar 27 November.

Pemilu serentak mencakup pemilihan presiden dan wakil presiden, anggota DPR RI, anggota DPD RI, anggota DPRD provinsi, dan anggota DPRD kabupaten/kota.

Sementara itu, Pilkada Serentak 2024 akan mencakup 508 pemilihan tingkat kabupaten/kota dan 37 pemilihan tingkat provinsi.


(ims)

 Gara Gara Kursi Pilot, FAA Perintahkan Inspeksi Ratusan Pesawat Boeing Di AS

By On Agustus 20, 2024

sekilasdunia.com - Badan Penerbangan Federal (FAA) kembali perintahkan inspeksi pada ratusan pesawat Boeing 787. Kali ini mereka memerintahkan inspeksi kursi pilot setelah jatuhnya salah satu pesawat pada Maret lalu.

Dalam sebuah pernyataan pada Senin waktu setempat, Badan Penerbangan Federal (FAA) mengatakan pada hari Senin bahwa kursi kapten dan perwira pertama pada pesawat 787-7, 787-9, dan 787-10 tertentu harus diperiksa “untuk mengetahui apakah ada tutup sakelar pengayun yang hilang atau retak dan untuk mengetahui apakah ada rakitan penutup sakelar yang retak atau tidak berfungsi” dalam waktu 30 hari.

“Operator juga harus melakukan tindakan perbaikan yang diperlukan,” kata FAA dalam sebuah pernyataan.

FAA menambahkan bahwa operator juga diharuskan untuk melakukan tindakan perbaikan yang diperlukan berdasarkan arahan kelaikan udara, yang memengaruhi 158 model 787 Dreamliner dan pesawat 737 yang terdaftar di AS di seluruh dunia.

Langkah tersebut merupakan tanggapan terhadap terjunnya penerbangan LATAM Airlines tujuan Selandia Baru yang dioperasikan pada Maret lalu. Pesawat ini tiba-tiba jatuh saat terbang dari Sydney ke Auckland, melukai sekitar 50 penumpang, meski selamat sampai tujuan.

Sejak insiden itu, FAA telah menerima laporan dari Boeing tentang empat kejadian tambahan "gerakan horizontal tak terkendali" dari kursi kapten dan kopilot. Tiga insiden disebabkan oleh tutup sakelar yang "longgar" di kursi, sementara dua insiden lainnya sedang diselidiki.

"Gerakan kursi yang tidak disengaja dan berkelanjutan" dapat menyebabkan "gangguan selama penerbangan akibat masukan kontrol penerbangan yang tidak disengaja dan tiba-tiba, yang dapat mengakibatkan penurunan pesawat dengan cepat dan cedera serius pada penumpang dan awak," kata FAA dikutip Selasa (20/8/2024).

"FAA mengeluarkan arahan kelaikan udara ini untuk mengatasi kondisi yang tidak aman pada produk-produk ini," imbuh badan tersebut.

Sejumlah insiden memang terjadi di sejumlah pesawa Boeing tahun ini. Terbaru, Insiden terjadi pada pesawat Singapore Airlines, di Bandara Narita Jepang 12 Agustus.

Pesawat maskapai itu dilaporkan mengeluarkan asap putih saat mendarat dan memaksa landasan pacu ditutup. Beruntung tidak ada yang terluka dalam kejadian itu.

(ims)

 MK Putuskan Ambang Batas Pencalonan Pilkada, Partai Tak Punya Kursi Bisa Dukung Calonnya

By On Agustus 20, 2024

sekilasdunia.com - Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan mengubah ambang batas pencalonan kepala daerah melalui Putusan Nomor 60/PUU-XXII/2024 yang dimohonkan Partai Buruh dan Gelora. 

"Mengabulkan permohonan pemohon untuk sebagian," kata Ketua MK Suhartoyo dalam sidang pembacaan putusan yang digelar pada Selasa (20/8/2024). 

Dalam putusannya, MK memutuskan bahwa ambang batas (threshold) pencalonan kepala daerah tidak lagi sebesar 25 persen perolehan suara partai politik/gabungan partai politik hasil Pileg DPRD sebelumnya, atau 20 persen kursi DPRD. MK memutuskan, threshold pencalonan kepala daerah dari partai politik disamakan dengan threshold pencalonan kepala daerah jalur independen/perseorangan/nonpartai sebagaimana diatur pada Pasal 41 dan 42 UU Pilkada.

Pencalonan gubernur Jakarta yang sempat menuai polemik karena "borong tiket" oleh Koalisi Indonesia Maju kini dapat berubah.

Eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang sebelumnya kehabisan partai politik dengan perolehan suara 20 persen pada Pileg DPRD DKI Jakarta otomatis punya harapan. Sebab, berdasarkan putusan MK ini, threshold pencalonan gubernur Jakarta hanya membutuhkan 7,5 persen suara pada pileg sebelumnya.

PDI-P yang juga tidak bisa mengusung siapa pun karena tidak punya rekan untuk memenuhi ambang batas 20 persen, kini bisa melaju sendirian. Adapun PDI-P, satu-satunya partai politik di Jakarta yang belum mendeklarasikan calon gubernur, memperoleh 850.174 atau 14,01 persen suara pada Pileg DPRD DKI Jakarta 2024. 

Syarat pengusungan gubernur Berdasarkan putusan MK tersebut, partai politik atau gabungan partai politik cukup memenuhi threshold ini untuk mengusung gubernur:

 a. provinsi dengan jumlah penduduk yang termuat pada daftar pemilih tetap sampai 2 juta jiwa harus didukung partai politik/gabungan partai politik dengan perolehan suara paling sedikit 10 persen; 

b. provinsi dengan jumlah penduduk yang termuat pada daftar pemilih tetap 2-6 juta jiwa harus didukung partai politik/gabungan partai politik dengan perolehan suara paling sedikit 8,5 persen; 

c. provinsi dengan jumlah penduduk yang termuat pada daftar pemilih tetap 6-12 juta jiwa harus didukung partai politik/gabungan partai politik dengan perolehan suara paling sedikit 7,5 persen; 

d. provinsi dengan jumlah penduduk yang termuat pada daftar pemilih tetap lebih dari 12 juta jiwa 

(ims)

 KPU Tetapkan Pongrekun-Kun Lolos Pilgub Jakarta meski Ada Pencatutan KTP

By On Agustus 20, 2024


sekilasdunia.com - Dharma Pongrekun dan Kun Wardana dinyatakan memenuhi syarat (MS) sebagai bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta jalur perseorangan meski marak terjadi pencatutan NIK warga Jakarta.

Dharma-Kun dipastikan lolos setelah KPU Jakarta melakukan rapat pleno penetapan syarat dukungan minimal pencalonan.

“Agenda hari ini agenda tunggal penetapan pemenuhan syarat dukungan calon perseorangan, tapi karena kita mengakomodir dinamika terjadi makannya ada perubahan berita acara. Maka dipastikan hari ini tadi pukul 23.25, kami mengeluarkan surat keputusan KPU Provinsi DKI Jakarta tentang pemenuhan syarat dukungan pasangan calon Dharma Pongrekun dan Kun Wardana. Yang kami tetapkan pada pukul 23.25,” kata Ketua KPU Jakarta, Wahyu Dinata, Senin (19/8/2024).

Sementara itu, komisioner KPU divisi teknis, Dody Wijaya, mengatakan KPU Jakarta mengikuti saran perbaikan Bawaslu Jakarta sebagai tindak lanjut NIK yang tercatut oleh paslon independen tersebut. Alhasil NIK yang dilaporkan dicatut telah dikurangi. 

"Kami kurangi 403 dukungan, karena memang tidak memenuhi syarat. Jadi kini total dukungan kepada pasangan calon perseorangan yaitu 677.065 dari sebelumnya 677.468," imbuhnya

Jumlah tersebut masih bisa sebagai syarat pencalonan pada Pilkada DKI Jakarta 2024 sehingga pasangan Dharma Pongrekun dan Kun Wardana telah memenuhi persyaratan untuk mendaftarkan diri sebagai calon independen.

Sebagaimana lampiran Peraturan KPU (PKPU) nomor 8 Tahun 2024 tentang pencalonan kepala daerah KPU membuka pendaftaran bakal pasangan calon mulai 27 hingga 29 Agustus berbarengan dengan pendaftaran pasangan calon jalur partai politik.


(ims)

 Menteri ESDM Bahlil Lahadalia Resmi Jadi Calon Tunggal Ketum Golkar

By On Agustus 20, 2024


sekilasdunia.com - Menteri ESDM, Bahlil Lahadalia bakal menjadi calon tunggal Ketua Umum Partai Golkar. Hal ini disampaikan Ketua Steering Committee Rapimnas dan Munas Golkar, Adies Kadir di DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Senin (19/8/2024).

"Berdasarkan hasil verifikasi berkas dan persyaratan bakal calon, komite pemilihan menyatakan, A. Berkas pendaftaran bakal calon atas nama Ridwan Hisjam dinyatakan tidak memenuhi persyaratan sebagai calon ketua umum partai Golkar pada Munas XI partai Golkar tahun 2024," ujar Adies Kadir dalam konferensi pers, Senin (19/8/2024).

Adies menyatakan, alasan Ridwan Hisjam tak lolos Caketum karena dari tujuh persyaratan, dua persyaratan tak terpenuhi.

Dua syarat tersebut adalah surat dukungan terhadap Ridwan Hisjam. Adies tak menjelaskan kembali dengan rinci alasan lainnya mengapa Ridwan Hisjam tak lolos.

"Dari 7 persyaratan ada 2 persyaratan yang tidak terpenuhi. Yang paling ini adalah surat dukungan," ucap Adies.

Proses yang akan dilewati oleh Bahlil pada Munas besok yakni mendengarkan pandangan-pandangan umum dari pemegang hak suara.

Pandangan umum ada dari DPD 1, DPD 2, Hasta Karya yang kurang lebih ada 558-560 pemilih suara.

"Dan Pak Bahlil mendapat dukungan 83%, artinya 469 surat dukungan," tuturnya.

(ims)

 Pemain Timnas Marselino Resmi Gabung Oxford

By On Agustus 20, 2024

sekilasdunia.com - Pemain Timnas Indonesia Marselino Ferdinan mengungkapkan kegembiraannya sesaat setelah resmi gabung Oxford United pada Senin (19/8/2024) malam WIB. Ini menjadi klub Eropa kedua Marselino setelah tahun lalu gabung KMSK Deinze.

Pemain jebolan Persebaya Surabaya tersebut mengaku senang bisa gabung Oxford yang kini bermain di kompetisi kasta kedua Liga Inggris.

"Saya gembira dan masih tidak percaya saya ada di sini. Menjadi pemain kelahiran Indonesia pertama yang bermain di Championship, membuat saya sangat bangga. Saya tidak akan menyia-nyiakan kesempatan ini, dan saya akan memberikan 100 persen untuk memanfaatkannya sebaik-baiknya," ujarnya menambahkan,’ kata Marselino di situs resmi klub.

Marselino juga tak lupa meminta dukungan kepada suporter Indonesia. Ia berjanji akan memberikan penampilan terbaik di klub berjuluk Yellows.

"Pesan saya kepada semua orang adalah untuk terus mendukung tim dan ketahuilah bahwa saya akan melakukan yang terbaik untuk bersaing dan mewakili klub ini," ucap Marselino.

Marselino adalah salah satu talenta muda Indonesia. Ia mengawali karier profesional bersama Persebaya Surabaya sejak usia 17 tahun dan langsung jadi tulang punggung tim.

Kariernya di Timnas Indonesia juga melejit sejak terpilih masuk skuad U-16 hingga berhasil meraih juara bersama Timnas U-22 di SEA Games 2023. Pemain yang akrab disapa Marceng itu kemudian jadi langganan timnas level senior era Shin Tae Yong.

Marselino sempat menjajal karier di klub kasta kedua Liga Belgia, KMSK Deinze, pada 2023. Sayangnya ia tak mendapat durasi bermain yang banyak di klub Belgia itu.

Kini, Marselino menjalani babak baru bersama Oxford. Ia punya peluang menimba pengalaman sekaligus membuktikan kualitasnya di Divisi Championship.


 Pengumuman Seleksi CPNS 2024 Dibuka Hari Ini

By On Agustus 20, 2024

sekilasdunia.com – Pengumuman pembukaan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024 dimulai hari ini hingga 2 September 2024.

Dikutip dari Surat Badan Kepegawaian Negara Nomor: 5419/B-KS.04.01/SD/K/2024 tentang Jadwal Seleksi Pengadaan CPNS TA 2024 yang diteken Plt Kepala Badan Kepegawaian Negara Haryomo Dwi Putranto, rangkaian rekrutmen CPNS akan berlangsung mulai Agustus 2024 hingga Maret 2025.

Setelah itu, rekrutmen CPNS akan dilanjutkan dengan pendaftaran seleksi pada 20 Agustus sampai 6 September 2024

Para peserta akan harus melewati sejumlah tahapan di antaranya seleksi administrasi, pengumuman hasil seleksi, masa sanggah, pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB), hingga penetapan NIP CPNS.

Dengan pentingnya pelaksanaan seleksi tersebut, Kemenpan RB berharap, jadwal ini dapat digunakan sebagai acuan dalam melaksanakan kegiatan pengadaan CPNS Tahun 2024 di setiap masing-masing daerah. 

(ims)

Presiden RI Joko Widodo Lantik 3 Menteri Baru Dan 1 Wamen

By On Agustus 19, 2024

 


sekilasdunia.com - Presiden RI Joko Widodo resmi melantik sejumlah menteri dan wamen serta kepala badan hari ini. Pelantikan dan pengambilan sumpah dilakukan di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (19/8/2024). 

Pelantikan tersebut menyusul keputusan reshuffle kabinet Jokowi di akhir masa jabatannya yang akan habis pada 20 Oktober 2024.

Berikut daftar menteri, wamen, dan kepala badan yang akan dilantik hari ini:

1.⁠ ⁠Supratman Andi Agtas jadi Menkumham RI

2.⁠ ⁠Bahlil Lahadalia jadi Menteri ESDM

3.⁠ ⁠Rosan Roeslani jadi Menteri Investasi

4.⁠ ⁠Angga Raka Prabowo Jadi Wamenkominfo

5. Prof Dadan Hindayana jadi Kepala Badan Gizi

6.⁠ ⁠Hasan Nasbi jadi Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan

7.⁠ ⁠Taruna Ikrar jadi Kepala BPOM.

"Sebelum saya mengambil sumpah, sebagai menteri negara dan wakil menteri negara, terlebih dahulu saya akan bertanya dulu kepada saudara-saudara, bersediakah saudara diambil sumpah?," tanya Jokowi kepada para menteri di Istana Negara Jakarta, Senin (19/8/2024).

"Bersedia," jawab mereka.

"Saya bersumpah/berjanji bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab," ucap Presiden Jokowi mendiktekan sumpah jabatan.

Usai disumpah, mereka pun menandatangani surat pelantikan.

Tampak hadir Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono, Menkominfo Budi Arie Setiadi, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang, Menko PMK Muhadjir Effendi, Menko Polhukam Hadi Tjahjanto, Mensesneg Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan.


(ims)

KIM Plus Akan Deklarasi RK-Suswono Maju Pilkada Jakarta Hari Ini

By On Agustus 19, 2024

 


sekilasdunia.com - Koalisi Indonesia Maju atau KIM Plus akan mendeklarasikan bakal Calon Gubernur-Cawagub Jakarta di Pilkada 2024, Ridwan Kamil-Suswono pada Senin (19/8/2024) hari ini.

Berdasarkan info yang diterima, Ridwan Kamil yang menyampaikan hal itu saat diwawancarai di Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (18/8/2024) kemarin. RK menyebut, deklarasi akan digelar di Hotel Sultan, Jakarta, pukul 19.00 WIB nanti.

RK juga memastikan jika calon Wakil Gubernur yang akan mendampinginya adalah Suswono. Mantan Gubernur Jawa Barat itu belum memerinci siapa saja elite partai politik yang akan hadir nanti

RK telah diusung KIM di Pilkada Jakarta 2024. KIM merupakan koalisi parpol pendukung Prabowo-Gibran di Pilpres 2024 yang berisi Golkar, Gerindra, Demokrat, PAN, PSI, PBB, Gelora hingga Prima. Sementara Suswono merupakan kader PKS.

Belakangan isu KIM Plus untuk berkoalisi bersama di Jakarta pun menguat. Beberapa parpol di luar KIM yang bergabung ke koalisi di antaranya PKS, PKB dan NasDem.

PKS telah memberikan sinyal positif deklarasi RK dan Suswono pada 19 Agustus. Kholid mengatakan komunikasi dengan KIM soal Pilkada Jakarta 2024 berjalan baik dan mulai menemui titik terang.

Ia mengklaim KIM meminta PKS untuk mengirim kadernya sebagai pendamping Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta 2024. Sehingga, deklarasi direncanakan berlangsung awal pekan depan.

Sikap PKS mengusung RK-Suswono itu berbalik arah setelah sempat mendukung Anies Baswedan-Sohibul Iman.


(ims)

Menkumham Luncurkan Desain Baru Paspor, Bawa Tema Nusantara, Berlaku Tahun 2025

By On Agustus 19, 2024

 


sekilasdunia.com - Menteri Hukum, Keamanan, dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly meluncurkan desain baru paspor Republik Indonesia. Desain paspor yang awalnya berwarna hijau akan berubah menjadi warna merah dan putih.

"Pada hari ini bertepatan dengan momentum Hari Kemerdekaan RI ke-79 tanggal 17 Agustus 2024 saya luncurkan desain baru paspor Republik Indonesia," kata Yasonna saat meluncurkan desain baru paspor di Kawasan Jakarta Pusat, Sabtu (17/8/2024).

Yasonna mengatakan, desain baru paspor Indonesia mengusung tema-tema budaya Nusantara.

Nantinya, desain baru paspor yang bernuansa warna merah putih ini akan resmi diedarkan mulai 17 Agustus 2025 tahun depan.

Sebab, paspor dengan desain lama masih banyak stoknya. Selain itu, Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi juga masih akan melakukan persiapan lebih lanjut.

Menurut Yasonna, desain baru ini mencerminkan tekad untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, meskipun berbeda-beda tapi tetap satu jua. 

“Tema merajut nusantara dalam kebinekaan Indonesia yang kita usung hari ini sangat relevan dengan keberagaman yang menjadi kekuatan bangsa. Desain baru ini menggambarkan kekayaan budaya dari Sabang sampai Merauke dari Pulau Miangas sampai Pulau Rote yang terjalin dalam bingkai kebinekaan," ungkap Yasonna.

Menurut Yasonna, desain kertas dalam paspor juga bergambar kain-kain tenun dan batik asal Indonesia.

"Ada 5.000an (motif) tapi yang kita pakai 33 saja sesuai halaman paspor yang ada," ungkap Yasonna. 

Dalam kesempatan yang sama, kata dia, desain baru paspor juga mencerminkan komitmen dan konsistensi pemerintah dalam memperkuat identitas nasional serta menjaga kedaulatan negara. Terlebih, desain baru paspor ini juga mengimplementasikan teknologi pengamanan terkini dan mutakhir. 

"Dan ini tentunya diikuti dengan security features yang sudah mutakhir," ungkapnya.

Sebagai informasi, sepanjang perjalanan berdirinya Imigrasi Indonesia sejak tahun 1945 hingga saat ini, paspor Republik Indonesia telah mengalami beberapa kali penggantian warna sampul (cover). Pada tahun 1945-1958, paspor RI berwarna abu-abu terang. 

Selanjutnya, tahun 1959-1982 warnanya berganti menjadi biru, dan pada 1983 warna sampul paspor berganti menjadi hijau. Di tahun 1995 warna sampul paspor diubah menjadi hijau tua, dan satu dekade terakhir yakni 2014 hingga sekarang, warna sampul paspor RI adalah biru kehijauan.



(ims)

Jessica Kumala Wongso Bisa Bebas Bersyarat, Dapat Remisi

By On Agustus 18, 2024

 


sekilasdunia.com - Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) memberikan bebas bersyarat kepada Jessica Kumala Wongso, terpidana pembunuhan Mirna Salihin dan mendapatkan remisi puluhan bulan sejak ditahan 2016 silam karena Jessica berkelakuan baik di penjara Lapas Pondok Bambu. 

"Sebelumnya, selama pidana, yang bersangkutan telah berkelakuan baik berdasarkan Sistem Penilaian Pembinaan Narapidana dengan total mendapat Remisi sebanyak 58 bulan 30 hari," kata Kepala Kelompok Kerja Humas Dirjen Pemasyarakatan Deddy Eduar Eka Saputra, lewat keterangannya, Minggu (18/8/2024).

Sesuai putusan kasasi MA, Jessica seharusnya ditahan 20 tahun atas pembunuhan Mirna itu. Tapi, ia memenuhi syarat untuk bebas bersyarat pada tahun ini. 

Keputusan itu tertuang dalam SK Menkumham nomor: PAS-1703.PK.05.09 tahun 2024.

Namun, selama menjalani bebas bersyarat, Jessica tetap wajib lapor hingga tahun 2032. 

"Selama menjalani PB (Pembebasan Bersyarat), yang bersangkutan wajib lapor ke Balai Pemasyarakatan Kelas I Jakarta Timur-Utara dan akan menjalani pembimbingan hingga 27-3-2032," ucap Eduar. 

(ims)

 Hasil Babak Ketiga SEA V League 2024, Indonesia Susah Payah Menang 3 - 2 Lawan Vietnam

By On Agustus 18, 2024

sekilasdunia.com - Timnas voli putra Indonesia melakoni laga ketiga putaran 1 SEA V League 2024 melawan Vietnam pada  18 Agustus 2024. Hasil pertandingan Indonesia vs Vietnam yang berlangsung di Manila itu dimenangkan Dio Zulfikri cs 3-2.

Set pertama, Indonesia tertinggal perolehan poin sejak awal. Sempat menyamakan 17-17, namun Indonesia kembali tertinggal dan menyerah 21- 25.

Indonesia bangkit di set kedua. Lewat permainan yang lebih solid berhasil merebut set ini 25-21. Set ketiga, Vietnam semakin ofensif dan beberapa kali berhasil menembus blok Indonesia.

Mereka dengan cepat memimpin 11-6, kemudian 14-8 sebelum akhirnya menang cukup telak 25-18.

Permainan Indonesia yang semakin membaik membuat tim Indonesia merebut set keempat dengan skor 25-19. Set kelima, Indinesia unggul cepat 4-2, kemudian 7-4 yang ditandai servis ace Fahri Septian.

Setelah itu Indonesia terus menjauh dan menang 15-12. Ini merupakan kemenangan kedua Indonesia di SEA V League 2024 putra setelah di laga pertama menang dari Filipina.

Sekadar diketahui, timnas voli putra Indonesia merupakan juara bertahan SEA V League.

Beberapa pemain yang membela timnas di SEA V League 2023 masih dipertahankan di ajang sama tahun ini. Di antaranya, Dio Zulfikri, Farhan Halim, dan Fahri Septian.

(ims)

Presiden RI Joko Widodo Pimpin Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi di Istana Negara IKN

By On Agustus 17, 2024

 


sekilasdunia.com - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo memimpin Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 Tahun 2024 di Lapangan Upacara Istana Negara Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, pada Sabtu (17/08/2024) pagi.

Perlu diketahui, upacara tahun ini, Presiden Jokowi memimpin dari Istana Negara Nusantara, sementara Wakil Presiden Ma’ruf Amin memimpin dari Istana Merdeka, Jakarta.

Sebelum upacara dimulai, prosesi kirab duplikat bendera pusaka Sang Merah Putih dan Naskah Teks Proklamasi dilakukan dari ruang penyimpanan di Ruang Bendera Istana Negara IKN menuju meja dan mimbar kehormatan oleh Purna Paskibraka Duta Pancasila 2023. Adapun yang bertindak sebagai komandan upacara adalah Kolonel Infanteri Nur Wahyudi, Komandan Satuan 81 Kopassus.

Upacara diawali dengan tembakan meriam sebanyak 17 kali, diikuti dengan bunyi sirine selama satu menit.


Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Puan Maharani, membacakan Naskah Proklamasi. Setelah itu, Presiden selaku inspektur upacara memimpin penghormatan untuk mengheningkan cipta.


“Untuk mengenang jasa para pahlawan dan pejuang bangsa, khususnya pendiri bangsa, Bapak Bung Karno dan Bung Hatta, mengheningkan cipta dimulai,” ucap Presiden yang diikuti oleh seluruh peserta upacara, dikutip dari setkab.go.id, Sabtu (17/8/2024).


Setelah mengheningkan cipta, Menteri Agama Yaqud Cholil Qoumas memandu pembacaan doa.


Kemudian, Tim Paskibraka Nusantara Baru, yang merupakan bagian dari 76 anggota Paskibraka 2024, dengan khidmat menjalankan tugas pengibaran bendera Sang Merah Putih.


Pertunjukan kesenian di Lapangan Upacara Istana Negara IKN dan Halaman Depan Istana Merdeka Jakarta turut memeriahkan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 Tahun 2024.


Turut hadir mengikuti upacara dari Lapangan Upacara Istana Negara IKN dan Halaman Depan Istana Merdeka Jakarta, di antaranya Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Wury Ma’ruf Amin, Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung, Menteri Sekretaris (Mensesneg) Negara Pratikno dan para Menteri Kabinet Indonesia Maju serta tamu undangan. 


(ims)

Megawati Tidak Hadir Upacara Proklamasi Di IKN, Pilih Upacara Di Kantor PDIP Jakarta

By On Agustus 17, 2024

 


sekilasdunia.com - Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri tidak menghadiri upacara bendera peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Sabtu (17/8/2024). Megawati terpantau hadir sebagai pembina upacara pengibaran bendera merah putih bersama jajaran DPP PDI-P dan sekitar 5.000 satgas di Halaman Masjid At-Taufiq Partai PDIP Lenteng Agung Jakarta Selatan, Sabtu (17/8/2024). 

Terlihat upacara dimulai pukul 08.56 WIB. Nampak Megawati Soekarnoputri menjadi inspektur upacara. Kemudian setelah pengibaran bendera, pembacaan teks proklamasi, pembukaan UUD 1945, dan teks Pancasila, Megawati menyampaikan amanat upacara dengan membukanya dengan seruan merdeka sebanyak tiga kali.

"Merdeka, merdeka, merdeka," teriak Mega yang disambut para peserta upacara yang hadir di lokasi. 

Dalam pidatonya, Megawati mengingatkan agar tidak lupa dengan sosok Presiden Soekarno. Megawati menegaskan, jika Soekarno merupakan proklamator bangsa. 

"Rakyat Indonesia jangan melupakan seorang proklamator bangsa. Karena kalau bukan Bung Karno, jangan ada orang mengatakan bahwa Bung Karno itu bukanlah bapak bangsa," kata Megawati. 

Lebih lanjut, Megawati juga menyebutkan jika Soekarno mendapatkan penghargaan dari negara lain. Kemudian sosok Soekarno kata Megawati, juga berperan membantu kemerdekaan di beberapa negara luar. 

"Atas perjuangan Bung Karno, Maroko, Tunisia, Sudan, Al-Jazair, Pakistan, dan masih banyak negara lainnya yang akhirnya merdeka karena campur tangan Indonesia, karena Bung Karno pada tanggal 15 Maret 1965 mendapat gelar sebagai pendekar kemerdekaan dan pahlawan Islam melalui konferensi Islam Asia Afrika. Dengan demikian kemerdekaan Indonesia terbukti menjadi suluk kemerdekaan bagi bangsa-bangsa lain yang masih terjajah sampai hari ini,"pungkasnya. 

Sebelumnya diberitakan, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengatakan, Istana mengundang para mantan Presiden RI untuk hadir mengikuti upacara peringatan detik-detik Proklamasi dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia (RI) di IKN pada 17 Agustus 2024.


Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengungkapkan, jika Ketua Umum Megawati Soekarnoputri sudah menerima undangan Upacara Hari Ke-79 Kemerdekaan RI dari Istana Kepresidenan.


Hal itu disampaikan Hasto di sela-sela mendampingi Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri, saat meninjau pameran seni karya Dolorosa Sinaga di Gedung Galeri Nasional, Jakarta Pusat, Kamis (8/8/2024).


"Undangan sudah diterima, bahkan diserahkan oleh Mas Pramono Anung dalam kapasitas beliau sebagai menteri sekretaris kabinet. Sehingga undangan sudah diterima dan kemudian ditimbang-timbang, karena 17 Agustus ini kan merupakan suatu peristiwa yang mahapenting, yang mengandung nilai-nilai patriotisme yang begitu besar, hasrat untuk mewujudkan kemerdekaan yang sejati-jatinya," kata Hasto.


(ims)

 Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR/DPD Digelar Hari Ini

By On Agustus 16, 2024

sekilasdunia.com - Sebanyak dua agenda besar digelar sehari sebelum perayaan HUT ke-79 RI, Jumat (16/8/2024). Kedua agenda tersebut, yakni Sidang Tahunan MPR 2024 yang digelar bersama DPR dan DPD serta Sidang Paripurna DPR dengan agenda utama pidato Presiden RI Joko Widodo soal RAPBN 2025.

Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR dan DPD 2024 akan diadakan di Gedung Nusantara MPR. Sidang Tahunan MPR diselenggarakan untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang perkembangan pelaksanaan tugas lembaga negara selama setahun.

Acara Sidang Tahunan MPR 2024 dimulai pukul 09.00-11.28 WIB. Sementara itu pada siang harinya, yakni pukul 13.30-15.07 WIB akan dilaksanakan Sidang Paripurna DPR dengan agenda utama pidato Jokowi soal RAPBN 2025.

(ims)

 Resmi ! Presiden RI Joko Widodo Berikan Tanda Kehormatan RI kepada 64 Tokoh

By On Agustus 16, 2024

sekilasdunia.com - Presiden RI Joko Widodo memberikan tanda kehormatan Republik Indonesia berupa Medali Kepeloporan, Tanda Kehormatan Bintang Republik Indonesia Utama, Bintang Mahaputera, Bintang Jasa, dan Bintang Budaya Parama Dharma kepada 64 tokoh di Istana Negara, Jakarta, Rabu (14/08/2024).

Penganugerahan Tanda Kehormatan Bintang Republik Indonesia Adipradana, Bintang Mahaputera, Bintang Jasa, dan Bintang Budaya Parama Dharma ini didasarkan pada Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 103, 104, 105 106, 107, dan 108/TK/Tahun 2024 yang ditetapkan di Jakarta.

“Menganugerahkan tanda jasa Medali Kepeloporan, Tanda Kehormatan Bintang Republik Indonesia Utama, Bintang Mahaputera, Bintang Jasa, dan Bintang Budaya Parama Dharma kepada mereka yang nama, pangkat, jabatan dan profesinya tersebut dalam lampiran ini sebagai penghargaan atas jasa-jasanya,” demikian bunyi kutipan Keputusan Presiden tersebut yang dibacakan oleh Sekretaris Militer presiden Mayjen TNI Rudy Saladin, dikutip dari setkab.go.id, Jum’at (16/8/2024).

Adapun daftar lengkap penerima tanda kehormatan RI dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia adalah sebagai berikut:

Medali Kepeloporan 

1. Surya Dharma Paloh 

Bintang Republik Indonesia Utama 

2. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan 

3. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto 

Bintang Mahaputera Adipradana 

4. Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

5. Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Hadi Tjahjanto 

6. Menteri Pertahanan Prabowo Subianto

7. Mantan Panglima TNI (Purn) Jenderal Andika Perkasa 

8. Mantan Panglima TNI (Purn) Laksamana Yudo Margono 

9. Wakil Ketua DPR RI Lodewijk F Paulus 

10. Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad 

11. Wakil Ketua DPR RI Rachmad Gobel 

12. Menteri BUMN Erick Thohir 

13. Menteri Investasi Bahlil Lahadalia 

14. Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Makarim 

15. Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah 

16. Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

17. Menteri ESDM Arifin Tasrif 

18. Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar 

19. Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa 

20. Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Teten Masduki 

21. Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Puspayoga 

22. Jaksa Agung ST Burhanuddin 

23. Anggota Wantimpres Muhammad Luthfi Al Yahya 

24. Anggota Wantimpres Putri Kus Wisnu Wardani 

25. Gubernur Lemhannas Agus Widjojo

Bintang Mahaputera Utama 

26. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno 

27. Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas 

28. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin 

29. Menteri Sosial Tri Rismaharini 

30. Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono 

31. Mantan KSAD (Purn) Jenderal Dudung Abdurachman 

32. Mantan KSAU Marsekal (Purn) Fadjar Prasetyo

Bintang Mahaputera Pratama 

33. Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas 

34. Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi 

Bintang Mahaputera Nararya 

35. Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah 

36. Wakil Ketua MPR RI Ahmad Muzani 

37. Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat 

38. Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid 

39. Wakil Ketua DPD RI Nono Sampono 

40. Wakil Ketua DPD RI Sultan Baktiar Najamudin 

41. Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Agus Harimurti Yudhoyono 

42. Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo

43. Ketua Umum Kongres Wanita Indonesia Sri Woerjaningsih 

44. Peneliti Ahli Utama BRIN Yohanes Purwanto 

Bintang Mahaputera 

45. Mantan Kapolri (Purn) Jenderal Idham Azis 

Bintang Jasa Utama 

46. Wakil Ketua MPR RI Yandri Susanto 

47. Anggota Wantimpres Gandi Sulistiyanto 

48. Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga 

49. Wakil Menteri Dalam Negeri John Wempi Wetipo 

50. Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara 

51. Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Alue Dohong 

52. Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo 

53. Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Herliani Tanoesoedibjo 

54. Ketua LPSK Hasto Atmojo Suroyo 

55. epala BP2MI 2014-2019 Nusron Wahid 

56. CEO dan Founder PT DCI Indoneisa TBK Otto Toto Sugiri 

Bintang Jasa Pratama 

57. Wakil Menteri Pertahanan Herindra 

58. Wakil Menteri Luar Negeri Pahala Nugraha Mansury 

59. Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono 

60. Wakil Menteri Pertanian Harvick Hasnul Qolbi

61. Ketua Dokter Kepresidenan 2016-2020 Abdul Aziz Rani 

62. Stafsus Presiden Arif Budimanta 

Bintang Budaya Parama Dharma 

63. Alm KH Ali Manshur Shiddiq 

64 Alm Djauhar Zaharsyah Fahrudin Roesli

Turut hadir dalam upacara ini di antaranya Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan Ibu Wuri Ma’ruf Amin, Ketua DPR RI Puan Maharani, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan/Ketua Dewan Gelar Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan (GTK) Hadi Tjahjanto, sera Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung.


(ims)

Partai NasDem Gabung Koalisi Indonesia Maju

By On Agustus 16, 2024

 


sekilasdunia.com -  Partai NasDem secara resmi telah memutuskan untuk bergabung dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM). Hal tersebut setelah Surya Paloh bertemu Ketum Gerindra Prabowo Subianto di Kertanegara, Jakarta Selatan, Kamis (15/8/2024).

Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh berharap dengan bergabungnya Partai Restorasi Perubahan ke dalam KIM tidak menjadi beban. Melainkan meringankan program kerja Prabowo-Gibran selama pemerintahan ke depan.

“NasDem bertekad dengan seluruh daya upaya apa yang dimilikinya. Berkepentingan untuk mendukung suksesnya pemerintahan ini. Saya juga mengatakan semoga NasDem bukan jadi faktor yang menambah beban, tapi meringankan. Inilah harapan kami bersama,” ungkapnya.

Presiden RI terpilih yang sekaligus Ketua Umum (Ketum) Partai Gerindra, Prabowo Subianto menyambut baik bergabungnya Partai NasDem ke Koalisi Indonesia Maju (KIM). Prabowo mengaku ia telah membahas berbagai macam masalah dan situasi kebangsaan. Sehingga keduanya bersepakat untuk bersatu dalam pemerintahan di bawah kepemimpinan Prabowo.

“Kita membahas beberapa masalah. Dan kita sepakat untuk kerja sama kolaborasi dengan baik. Untuk menghadapi tantangan masa depan,” ujar Prabowo.

Sebelumnya kedua pimpinan partai itu bertemu secara tertutup di Kertanegara, kediaman Prabowo Subianto. Pertemuan itu berlangsung kira-kira selama dua jam lebih.

(ims)

Dharma Pongrekun-Kun Wardana Lolos Jadi Pasangan Independen Pilgub Jakarta

By On Agustus 16, 2024

 


sekilasdunia.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta menyatakan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur dari jalur independen atau perseorangan Dharma Pongrekun dan Kun Wardana lolos verifikasi faktual kedua. Penetapan itu disahkan usai KPU DKI menggelar rapat pleno hasil verifikasi faktual kedua syarat dukungan bakal pasangan calon perseorangan gubernur dan calon wakil gubernur Provinsi DKI Jakarta.

“Pak Dharma Pongrekun dan Kun Wardana memenuhi syarat sebagai bakal calon pasangan calon gubernur dan wakil gubernur untuk 27 November mendatang,” kata Ketua KPU Jakarta, Wahyu Dinata di Kantor KPU Jakarta, Kamis (15/8/2024).

Usai dinyatakan lolos, Dharma mengungkapkan suka citanya dan terima kasih kepada masyarakat yang telah memberikan dukungan sehingga dapat menjadi salah satu kontestasi di gelaran Pilkada Jakarta.

“Hasil yang tadi sudah dibacakan bahwa kami lolos karena sudah melebihi batas minimal itu semua karena kemurahan Tuhan dan kekompakan tim selama ini,” ujar Dharma di lokasi yang sama.

Sebagaimana lampiran Peraturan KPU (PKPU) Nomor 8 Tahun 2024 tentang pencalonan kepala daerah, penetapan pemenuhan syarat dukungan akan dilakukan pada 19 Agustus.

Sementara KPU daerah akan membuka pendaftaran bakal pasangan calon mulai 27 hingga 29 Agustus berbarengan dengan pendaftaran pasangan calon jalur partai politik.

(ims)

 Polemik Paskibraka HUT RI Buka Jilbab, BPIP Buka Suara

By On Agustus 15, 2024

sekilasdunia.com - BPIP buka suara soal polemik Paskibraka 2024 tak berjilbab saat dikukuhkan Presiden Jokowi di IKN, Selasa (13/8/2024). Menurut BPIP, soal ini, memang sudah ada aturannya.

Menurut BPIP, atribut tidak memakai jilbab akan dilakukan dalam dua kesempatan, yaitu saat pengukuhan yang berlangsung pada 13 Agustus dan saat pengibaran bendera pada 17 Agustus nanti.

"Sehubungan berkembangnya wacana di publik terkait tuduhan kepada BPIP melakukan pemaksaan lepas jilbab, BPIP memahami aspirasi masyarakat. BPIP menegaskan bahwa tidak melakukan pemaksaan lepas jilbab. Penampilan Paskibraka Putri dengan mengenakan pakaian, atribut dan sikap tampang sebagaimana terlihat pada saat pelaksanaan tugas kenegaraan yaitu Pengukuhan Paskibraka adalah kesukarelaan mereka dalam rangka mematuhi peraturan yang ada dan hanya dilakukan pada saat Pengukuhan Paskibraka dan Pengibaran Sang Merah Putih pada Upacara Kenegaraan saja,"ungkap BPIP dalam siaran pers. 

"Di luar acara Pengukuhan Paskibraka dan Pengibaran Sang Merah Putih pada Upacara Kenegaraan, Paskibraka Putri memiliki kebebasan penggunaan jilbab dan BPIP menghormati hak kebebasan penggunaan jilbab tersebut. BPIP senantiasa patuh dan taat pada konstitusi," tambahnya.

BPIP mengungkapkan, Paskibraka juga tahu aturan tersebut. Katanya, ada perjanjian yang ditandatangani di formulir pendaftaran. 

Dalam formulir itu juga dilampirkan persyaratan calon Paskibraka yang mencantumkan tata pakaian dan sikap tampang Paskibraka, sebagaimana diatur dalam Surat Edaran Deputi Diklat No.1 tahun 2024.

"Pada saat pendaftaran, setiap calon Paskibraka tahun 2024 mendaftar secara sukarela, untuk mengikuti seleksi administrasi dengan menyampaikan surat pernyataan yang ditandatangani di atas meterai Rp 10.000 mengenai kesediaan untuk mematuhi peraturan pembentukan Paskibraka dan pelaksanaan tugas Paskibraka tahun 2024," ungkap BPIP.

 (ims)

Driver Ojol Meninggal Dunia, Tak Punya Uang Untuk Makan

By On Agustus 15, 2024

 


sekilasdunia.com – Driver Ojek Online (Ojol) Darwin Mangudut Simanjuntak (49)  yang meninggal dunia saat menunggu pesanan customer di warung mi, Jalan Sutomo, Kota Medan pada Minggu (11/8/2024) dan akan dimakamkan di Kelurahan Tiga Balata, Kecamatan Jorlang Hataran, Kabupaten Simalungun.

Desman Simanjuntak terlihat sibuk mengurus pemakaman jenazah adiknya, di rumah duka, di Jalan Pelita V, Kecamatan Medan Perjuangan, Kota Medan, Senin (12/8/2024). Sebelumnya, ia bersama kerabat dan keluarga menggelar ibadah. Setelah itu, satu unit ambulans membawa peti jenazah Darwin menuju lokasi. Desman mengaku terkejut mendapatkan informasi kepergian adiknya secara tiba-tiba sekitar pukul 10.00 WIB. 

Sejak tinggal di Kota Medan, Darwin kerja serabutan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Namun ia tidak tahu pasti, sejak kapan Darwin menjadi driver ojol. 

“Tapi memang dia ada cerita soal keuangannya lagi sulit ke keluarga,” ucapnya. Desman juga membernarkan, adiknya yang belum menikah tersebut mengidap penyakit tertentu dan tinggal seorang diri di rumah peninggalan orangtuanya.

Di lain pihak, Kanit Reskrim Polsek Medan Timur AKP Budiman Simanjuntak mengatakan, Darwin atau inisial DMS (49) mendadak meninggal sekitar pukul 08.30 WIB. 

"Saat itu, DMS ini menerima orderan dari customer untuk membeli mi di lokasi, Nah, karena kondisinya kurang sehat, dibonceng kawannya lah ke lokasi, setelah berada di lokasi, tak berapa lama tiba-tiba DMS terjatuh dan pingsan. Warga sekitar pun heboh. Lalu, temannya langsung memeriksa kondisi DMS. Di situ lah, diperiksa urat nadi di tangan dan leher, rupanya DMS sudah meninggal dunia," kata Budiman kepada Kompas.com melalui saluran telepon pada Minggu (11/8/2024).

Mendapati informasi itu, petugas mendatangi lokasi untuk mengevakuasi korban. Setelah itu, DMS dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara Medan. 

"Dari keterangan saksi, DMS ini rupanya menderita suatu penyakit dan 2 hari sudah tidak makan. Kata kawannya, semalam DMS mengeluh tidak makan karena tidak punya uang, Makanya, untuk dapatkan uang dia tetap bekerja meski dalam kondisi sakit. Padahal sudah diingatkan kawannya, agar DMS jangan terlalu kelelahan," ungkapnya.

(ims)

PM Thailand Dicopot dari Jabatannya karena Pelanggaran Etika Berat

By On Agustus 15, 2024

 


sekilasdunia.com - Perdana Menteri (PM) Thailand Srettha Thavisin diberhentikan dari jabatannya oleh Mahkamah Konstitusi (MK) atas pelanggaran etika berat. Thavisin, dalam tanggapannya, mengatakan dirinya menghormati putusan MK Thailand.

Pelanggaran etika berat yang dilakukan PM Srettha, seperti dilansir AFP dan Reuters, Rabu (14/8/2024), adalah menunjuk seorang menteri yang sebelumnya pernah menjalani hukuman penjara.

Suara mayoritas lima hakim Mahkamah Konstitusi Thailand memutuskan untuk mendukung pencopotan PM Srettha dari jabatannya karena gagal melaksanakan tugasnya dengan integritas, sedangkan empat hakim lainnya menolak.

"Pengadilan telah memutuskan 5-4 (5 suara berbanding 4 suara-red) bahwa terdakwa diberhentikan sebagai perdana menteri karena kurangnya kejujuran," ucap hakim Mahkamah Konstitusi Thailand saat membacakan putusannya pada Rabu (14/8/2024).

Pencopotan PM Srettha ini meningkatkan kekhawatiran akan pergolakan politik dan perombakan dalam aliansi pemerintahan Thailand. Srettha yang seorang taipan real-estate ini menjadi PM keempat Thailand dalam 16 tahun terakhir yang diberhentikan berdasarkan putusan Mahkamah Konstitusi.

Pencopotan Srettha setelah kurang dari satu tahun menjabat berarti parlemen Thailand harus menggelar sidang untuk memilih PM baru, dengan prospek ketidakpastian lebih besar menyelimuti negara yang selama dua dekade dirundung kudeta dan putusan pengadilan yang menjatuhkan banyak pemerintahan dan partai politik.


(ims)

Pernyataan Keras Andre Rosiade Soal Buka Jilbab Paskibraka : Pecat Kepala BPIP !

By On Agustus 15, 2024

 


sekilasdunia.com - Anggota DPR RI Fraksi Gerindra Andre Rosiade merespons keras dalih Kepala BPIP Yudian Wahyudi soal anggota Paskibraka putri 2024 melepas jilbab untuk keseragaman. Andre meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencopot Yudian lantaran tak memahami esensi dari Bhinneka Tunggal Ika.

"Anda (Yudian) paham Bhinneka Tunggal Ika, nggak? Itu semboyan NKRI, semboyan yang menghargai keberagaman di negara kita. Dalih Anda mencerminkan tidak paham Bhinneka Tunggal Ika. Lebih baik dipecat, saya usulin dipecat aja, Pak Jokowi. Bikin gaduh negara. Puluhan tahun kita nggak ada masalah, kok tiba-tiba Anda jadi Kepala BPIP Anda bikin susah, bikin sulit negara. Apalagi kita negara penuh keberagaman, kita negara yang saling menghormati keberagaman dan pandangan agama masing-masing," kata Andre kepada wartawan, Rabu (14/8/2024).

Andre heran dengan jawaban Yudian yang mengklaim tak ada paksaan terkait Paskibraka putri melepas jilbab. Menurut Andre, surat keputusan (SK) standar pakaian Paskibraka yang diteken Yudian-lah yang membuat para anggota Paskibraka mau tak mau menandatangani surat tanpa paksaan.

"Kalau orang diskriminatif gini, pecat aja gitu loh, bikin rusuh, bikin susah negara, bikin susah pemerintah. Ada fitnah terhadap Presiden sama pemerintah jadinya," ujar legislator asal Sumbar itu.

Dia menilai Yudian hanya bersilat lidah untuk membela kebijakan BPIP yang kini menuai kritik dari masyarakat luas. Andre mengatakan Yudian tidak memahami nilai yang terkandung dalam Pasal 29 UUD 1945.

Penjelasan mengenai Paskibraka putri melepas jilbab itu sebelumnya disampaikan Kepala BPIP Yudian Wahyudi ketika memberi pernyataan pers di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur, seperti dilansir Antara, Rabu (14/8/2024). Dia menyebut Paskibraka sejak awal adalah tentang keseragaman.

Pernyataan tersebut ia sampaikan ketika menjelaskan alasan penyesuaian ketentuan seragam untuk anggota Paskibraka yang menggunakan hijab. Pada tahun-tahun sebelumnya, anggota Paskibraka diperbolehkan menggunakan hijab dalam upacara pengukuhan maupun pengibaran bendera pada 17 Agustus.

Namun BPIP memutuskan menyeragamkan tata pakaian dan sikap tampang Paskibraka pada 2024, sebagaimana yang termaktub dalam Surat Edaran Deputi Diklat Nomor 1 Tahun 2024. Dalam surat edaran tersebut, tidak terdapat pilihan berpakaian hijab bagi anggota Paskibraka yang menggunakan hijab.


(ims)

 PDIP Resmi Serahkan SK untuk Edy Rahmayadi Maju Pilgub Sumut

By On Agustus 14, 2024

sekilasdunia.com - Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, resmi memberikan rekomendasi ke sejumlah kepala daerah. Salah satunya untuk Edy Rahmayadi di Pilgub Sumatera Utara.

"Jumlah total pasangan calon kepala daerah yang telah diputuskan oleh Ibu Megawati Soekarnoputri dan diumumkan pada hari ini berasal dari 305 daerah, tingkat provinsi sebanyak 13 provinsi, provinsi, Sumatera Utara, Edy Rahmayadi " kata Hasto di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Rabu (14/8/2024). 

Deklarasi untuk Edy sebelumnya juga telah dilakukan di Lapangan Astaka, Deli Serdang, pada Sabtu (10/8/2024). Di sana, Edy juga sudah diperkenalkan sebagai kader. 

Edy didorong untuk melawan Wali Kota Medan sekaligus menantu Presiden Jokowi, Bobby Nasution. Ketua DPP PDIP Komarudin Watubun menyebut, Edy adalah sosok revolusioner yang siap memajukan Sumut. 

“Dan Pak Edy, hari ini Pertiwi memanggilmu, Pak Edy, 5 tahun 10 tahun lalu Beliau adalah alat negara. Aktif di TNI, hari ini beliau adalah alat revolusi, bersama Saudara-Saudara, ini adalah alat revolusi untuk berjuang demi keadilan kebenaran bagi seluruh rakyat Indonesi” kata Komarudin di Lapangan Astaka, Deli Serdang, Sumut, Sabtu (10/8/2024).

Menurut Komarudin, sebagai mantan anggota TNI, Edy diyakini bisa menjadi pemimpin yang bertanggung jawab. Paham bila pemimpin bertanggung jawab untuk rakyat.

Berikut 13 calon kepala daerah yang diusung PDIP di tingkat provinsi:

1. Aceh: Muzakir Manaf

2. Sumut: Edy Rahmayadi

3. Riau: Abdul Wahid dan SF Hariyanto

4. Bengkulu: Helmi Hasan dan Mian

5. NTB: Rahmi dan Musafirin

6. Sulut: Steven Kando

7. Kalimantan Tengah: Nadal Sigit Yunianto

8. Kalimantan Timur: Isran Noor dan Hadi Mulyadi

9. Sulawesi Selatan: Ramadhan Pomanto dan Azar Arsyad

10. Sulawesi Tenggara: Lukman Abu Nawas dan Laode Oda

11. Sulawesi Tengah: Rusdi Mastura dan Agusto

12. Maluku: Jefri Ahawaren dan Abdul Mukti Yiayobas

13. Papua Barat Daya: Yofi Hones dan Ibrahim Wugaje


(ims)

Presiden Joko Widodo Kukuhkan 76 Orang Paskibraka Tahun 2024 Di IKN

By On Agustus 14, 2024

 


sekilasdunia.com - Presiden RI Joko Widodo mengukuhkan sebanyak 76 putra-putri Indonesia dari 38 provinsi menjadi pasukan pengibar bendera pusaka (paskibraka) yang akan bertugas pada HUT ke-79 RI tanggal 17 Agustus 2024 di Istana Negara, Ibu Kota Nusantara, Provinsi Kalimantan Timur. Upacara pengukuhan digelar di Istana Garuda, Selasa (13/08/2024).

“Dengan memohon rida Tuhan Yang Maha Kuasa, dengan ini saya kukuhkan pasukan pengibar bendera pusaka tingkat pusat tahun 2024, yang akan bertugas di Istana Negara, Ibu Kota Nusantara pada tanggal 17 Agustus 2024. Semoga Tuhan Yang Mahakuasa memberikan rahmat dan kemudahan menjalankan tugas negara,” ucap Presiden yang bertindak sebagai pembina upacara, dikutip dari setkab.go.id, Rabu (14/8/2024).

Usai pengukuhan, Presiden Jokowi secara simbolis menyematkan lencana kepada pemimpin upacara sebagai tanda pengukuhan sebagai anggota paskibraka.

Sebelum dikukuhkan oleh Presiden, para anggota paskibraka mengucapkan Ikrar Putra Indonesia yang dipimpin oleh Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi. Saat prosesi pengucapan ikrar Pemimpin Upacara Violetha Agryka Sianturi, perwakilan dari Sumatra Utara, memegang dan meletakkannya Bendera Merah Putih di dada kirinya.

“Ikrar Putra Indonesia

Aku mengaku putra Indonesia.

Dan berdasarkan pengakuan itu, aku mengaku bahwa aku adalah makhluk Tuhan Sang Maha Pencipta dan bersumber padanya.

Aku mengaku bertumpah darah satu, tanah air Indonesia.

Aku mengaku berbangsa satu, Bangsa Indonesia.

Aku mengaku bernegara satu, Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang berlandaskan Pancasila dan Undang-Undang Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Aku mengaku berjiwa dan berideologi satu, jiwa dan ideologi Pancasila, dan satu Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Aku mengaku bertujuan satu, masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila.

Aku mengaku kebhinekaan dalam kesatuan budaya bangsa.

Aku mengaku sebagai generasi penerus perjuangan besar kemerdekaan dengan akhlak dan ihsan menurut rida Tuhan Yang Maha Esa.

Berdasarkan pengakuan-pengakuan ini dan demi kehormatanku sebagai kader bangsa, aku berjanji akan bersungguh-sungguh menjalankan kewajibanku untuk mengamalkan semua pengakuan ini dalam karya hidupku sehari-hari.

Semoga Tuhan Yang Maha Esa memberkati niatku ini dengan taufik dan hidayah-Nya serta inayah-Nya,” demikian bunyi Ikrar Putra Indonesia.

Mengakhiri rangkaian pengukuhan, Presiden beserta para Menteri Kabinet Indonesia Maju memberikan ucapan selamat sambil berbincang dengan para anggota Paskibraka.

Tampak hadir mendampingi Presiden yaitu Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, dan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

(ims)

Prabowo Tegaskan Akan Lanjutkan Dan Percepat Pembangunan IKN

By On Agustus 14, 2024

sekilasdunia.com - Dalam Sidang Kabinet Paripurna di Istana Garuda, Ibu Kota Nusantara (IKN), Provinsi Kalimantan Timur, Senin (12/08/2024), Menteri Pertahanan (Menhan) sekaligus Presiden Terpilih Prabowo Subianto menegaskan komitmennya untuk melanjutkan dan menyelesaikan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN). Prabowo menekankan bahwa proyek IKN sangat penting untuk pemerataan pembangunan dan untuk mengurangi beban Pulau Jawa yang selama ini menjadi pusat populasi dan kegiatan ekonomi.

“Saya kira supaya jelas dan tadi sudah saya tegaskan beberapa kali bahwa IKN ini akan kita tuntaskan, akan kita selesaikan dengan baik. Karena memang sangat dibutuhkan, tadi Bapak Presiden menyampaikan soal pemerataan dan keinginan kita untuk juga meringankan daya dukung Pulau Jawa terhadap konsentrasi populasi dan konsentrasi kegiatan,” ungkap Prabowo, dikutip dari setkab.go.id, Rabu (14/8/2024).

Prabowo menyatakan rasa bangganya terhadap nuansa budaya yang kuat di IKN dan mengapresiasi jerih payah Presiden Joko Widodo beserta jajaran menteri yang telah memulai pembangunan IKN. Ia berjanji untuk mempercepat proses pembangunan IKN, terutama untuk pusat pemerintahan.

“Saya bertekad juga untuk tegaskan di sini bahwa kita akan lanjutkan. Kalau bisa kita percepat. Dan untuk ini juga, saya ingin meyakinkan Otorita bahwa ruang anggaran yang kita siapkan cukup besar, dan kita bisa saya kira selesaikan beberapa hal yang penting dalam IKN ini,” imbuhnya.

Menurut Prabowo, prioritas utama adalah pembangunan gedung-gedung penting seperti Gedung MPR/DPR, perumahan anggota, serta ruang kantor untuk yudikatif, termasuk Mahkamah Agung (MA) dan Mahkamah Konstitusi (MK). 

Selain itu, Prabowo juga menyoroti pentingnya kesiapan menghadapi potensi bencana, terutama kebakaran hutan, mengingat konsep IKN sebagai forest city. Ia menekankan perlunya teknologi canggih untuk pemantauan dan penambahan tim pemadam kebakaran. 

Ia juga menyampaikan rasa terima kasih atas dukungan yang diterimanya dari Presiden Joko Widodo dan para menteri dalam menyiapkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang akan datang. Dukungan tersebut, menurut Prabowo, membuatnya sangat optimistis meskipun tantangan global cukup besar.

Prabowo yakin bahwa dengan selesainya pusat pemerintahan di IKN, akan ada lebih banyak investor yang tertarik untuk berinvestasi di ibu kota baru ini. 

“Saya optimis selesainya pusat pemerintahan dengan investasi yang lain akan mengundang investor lebih besar lagi,” pungkasnya.

Sidang Kabinet Paripurna perdana yang digelar di IKN ini menjadi penegasan komitmen pemerintahan mendatang untuk meneruskan visi pembangunan IKN yang telah dimulai oleh Presiden Joko Widodo, serta memastikan kesiapan IKN sebagai pusat pemerintahan baru Indonesia.

(ims)

Menpora Dito Sebut Peraih Emas Olimpiade Diguyur Bonus Rp. 6 Miliar, Atlit Non Medali Dan Pelatih Juga Dapat Bonus

By On Agustus 14, 2024

 


sekilasdunia.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo mengumumkan daftar lengkap bonus untuk atlet dan pelatih Indonesia peraih medali Olimpiade Paris 2024. Untuk peraih medali emas akan mendapat bonus sebesar Rp 6 miliar.

"Tadi Bapak Presiden sudah mengumumkan, kebetulan bersama saya di sore-sore di IKN. Yang untuk peraih emas akan mendapatkan Rp 6 miliar, untuk perunggu akan mendapat Rp 1,65 miliar, dan Rp 2,75 miliar untuk pelatih peraih emas. Pelatih emas Rp 2,75 miliar, pelatih perunggu Rp 675 juta. Itu bonus dari Bapak Presiden," ucap Menpora Dito. 

Selain itu, Dito menyampaikan hal tersebut saat menyambut kedatangan atlet peraih medali emas Olimpiade 2024, yakni Veddriq Leonardo (panjat tebing) dan Rizki Juniansyah (angkat besi), di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (13/8/2024) malam. 

Kedatangan Veddriq Leonardo dan Rizki Juniansyah diikuti atlet angkat besi putri, Nurul Akmal, dan atlet panjat tebing putri, Rajiah Sallsabillah, beserta pelatih. Mereka tiba melalui Terminal VVIP Bandara Internasional Soekarno-Hatta tepat pada pukul 22.55 WIB.

Selain itu, Menpora juga menyampaikan para atlet yang tak meraih medali, yang telah berjuang di Olimpiade 2024, juga tetap akan mendapat bonus.

"Untuk seluruh atlet dan pelatih yang tidak menerima medali, ini dalam bentuk apresiasi dan bentuk komitmen pemerintah dalam Olimpiade, kami kasih bonus juga. Bonusnya segera diumumkan. Bonusnya pasti untuk jalan-jalan, ini bentuk apresiasi," tuturnya. 

Sebelumnya, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo memastikan akan ada bonus bagi para atlet peraih medali pada Olimpiade Paris 2024. Presiden Jokowi mengatakan, bonus akan diberikan baik untuk peraih medali emas maupun medali perunggu.

"Yang jelas, akan diberikan bonus, baik yang telah meraih medali emas maupun perunggu," kata Jokowi di sela kunjungan kerja di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Selasa (13/8/2024).

Presiden Jokowi menyebut bonus untuk atlet peraih medali emas Olimpiade akan ditingkatkan dari sebelumnya Rp 5,5 miliar menjadi Rp 6 miliar. Nominal ini lebih besar daripada bonus yang diberi pada Olimpiade Tokyo 2020, yakni Rp 5,5 miliar. 


(ims)

Rekening Nasabah di Atas Rp 1 Miliar Diawasi Dirjen Pajak

By On Agustus 14, 2024

 


sekilasdunia.com - Menteri Keuangan, Sri Mulyani menerbitkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 47 Tahun 2024 tentang Petunjuk Teknis Mengenai Akses Informasi Keuangan untuk Kepentingan Perpajakan.

Aturan ini berlaku mulai 6 Agustus 2024. Dalam aturan ini, Direktur Jenderal Pajak Suryo Utomo berhak untuk memantau informasi di dalam rekening nasabah di atas Rp 1 miliar. 

Suryo menyampaikan, penerbitan aturan itu bertujuan untuk memastikan validitas data perpajakan di Direktorat Jenderal Perpajakan (DJP). Dia menegaskan, validitas data sangat diperlukan untuk kepentingan perpajakan.

"Kita mencoba untuk mengatur, memberikan dan menjaga validitas data yang akan kita dapatkan. Dipertukarkan menjadi lebih valid secara kualitas dan ketepatan" kata Suryo dalam konferensi pers APBN KiTa di Kantor Kemenkeu, Jakarta Pusat, Selasa (13/8/2024).

Suryo melanjutkan, PMK 47 Tahun 2024 tersebut juga mengatur tentang due diligence atau audit yang dilakukan oleh pihak perbankan dan lembaga terkait sebelum nasabah membuka rekening. Hal ini dilakukan untuk menghindari kemungkinan terjadinya penghindaran pajak.

"Apabila ada kesepakatan yang dilakukan untuk menghindarkan data dan informasi yang dipertukarkan, kami berhak untuk mengevaluasi," tegas Suryo.

Suryo menyebut pertukaran data yang diatur dalam aturan baru ini merupakan hasil kesepakatan internasional. Artinya, data yang dipertukarkan bukan hanya dari Indonesia ke luar negeri, tetapi juga dari luar negeri ke Indonesia.

Adapun, PMK Nomor 47 Tahun 2024 merupakan aturan pelaksana dari Undang-Undang tentang Akses Informasi Keuangan Tahun 2017 tentang Akses Informasi Keuangan. Aturan ini merupakan perubahan ketiga dari peraturan pelaksana sebelumnya, yaitu PMK Nomor 70 Tahun 2017.

Dalam Bab V (a) dalam aturan tersebut melarang wajib pajak melakukan kesepakatan atau praktik dengan tujuan untuk menghindari kewajiban membayar pajak. 

Setiap orang dan entitas juga dilarang membuat pernyataan palsu, menyembunyikan, atau mengurangkan informasi dari yang seharusnya disampaikan.

Kemudian pada Pasal 30 A Ayat 3 disebutkan Direktur Jenderal Pajak berwenang menentukan maksud dari kesepakatan yang terjadi, serta memperoleh informasi keuangan berkaitan dengan kesepakatan, termasuk keterangan dan informasi lainnya.

Batas minimal saldo rekening orang pribadi yang dapat diperiksa oleh Ditjen Pajak sebesar Rp 1 miliar, sebagaimana yang diatur dalam Pasal 19 PMK Nomor 19 Tahun 2018 yang menggantikan ketentuan dalam PMK 70/2017 sebesar Rp 200 juta. Sementara bagi entitas tidak terdapat batasan minimum saldo.

PMK itu juga mewajibkan lembaga keuangan untuk melaporkan rekening keuangan yang agregat saldo atau nilai rekening keuangannya melebihi USD 250.000.

(ims)

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *