Gunung Semeru dan Gunung Ibu Erupsi dan Semburkan Kolom Abu Ratusan Meter Pagi Ini

sekilasdunia.com - Dua gunung dilaporkan erupsi pagi ini, Selasa (6/8/2024). Keduanya 'batuk' yang mengeluarkan kolom abu setinggi ratusan meter. Gunung pertama yang erupsi adalah Gunung Semeru yang terjadi pada pukul 03.46 WIB.

"Terjadi erupsi Gunung Semeru pada hari Selasa, 06 Agustus 2024," demikian keterangan dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian ESDM. 

Tinggi kolom letusan teramati mencapai 600 meter di atas puncak atau kurang lebih 4.276 meter di atas permukaan laut. 

"Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal ke arah selatan dan barat daya. Erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 23 mm dan durasi 138 detik," lanjut keterangan itu.

Selain itu, Gunung kedua yang erupsi pagi ini adalah Gunung Ibu yang terletak di Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara.

"Terjadi erupsi Gunung Ibu pada hari Selasa, 06 Agustus 2024, pukul 06.35 WIT," demikian keterangan PVMBG.

Tinggi kolom letusan teramati mencapai 500 meter di atas puncak, atau kurang lebih 1.825 meter di atas permukaan laut. 

"Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal ke arah barat laut. Erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 28 mm dan durasi 52 detik," lanjut keterangan itu.

Berikut rekomendasi bagi masyarakat:

Masyarakat di sekitar G. Ibu dan pengunjung/wisatawan agar tidak beraktivitas di dalam radius 4 km dan perluasan sektoral berjarak 5 km ke arah bukaan kawah di bagian utara dari kawah aktif G. Ibu.

Jika terjadi hujan abu, masyarakat yang beraktivitas diluar rumah disarankan untuk menggunakan pelindung hidung, mulut (masker) dan mata (kacamata). (ims)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *