Istana Bantah Sewa 1.000 Mobil untuk Upacara 17 Agustus di IKN

sekilasdunia.com - Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) Setya Utama mengatakan menteri-menteri akan menggunakan bus untuk hadir di upacara peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Setya juga membantah klaim pengusaha sewa kendaraan yang menyebut istana menyewa 1.000 mobil. Terlebih lagi klaim yang menyebut harga sewa per mobil menembus Rp25 juta per hari.

"Seperti disampaikan oleh Pak Mensesneg, panitia pelaksana dari awal merencanakan untuk menggunakan bus," kata Setya melalui keterangan tertulis, Rabu (7/8/2024).

Setya menjelaskan jumlah bus yang disewa hanya 200 unit. Kendaraan itu sudah meliputi transportasi bagi seluruh undangan dan pasukan upacara.

Lalu ada pula mobil-mobil untuk keperluan persiapan. "Tentu saja diperlukan juga kendaraan operasional untuk wara-wiri dan logistik seperti truk dan mobil boks barang," imbuhnya.

Sementara untuk kendaraan Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana, akan diatur oleh Paspampres sesuai ketentuan kendaraan untuk VVIP."Sesuai ketentuan utk VVIP, diatur Paspampres," ucap Setya.

Sebelumnya, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan, pihaknya hanya menyiapkan 2.000 undangan untuk upacara HUT ke-79 Kemerdekaan RI di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. Pasalnya, sarana dan prasarana di IKN masih terbatas.

Nantinya, Istana akan membagi undangan upacara HUT RI di IKN untuk dua sesi, yakni 1.000 undangan untuk upacara pengibaran bendera pagi hari. Sementara itu, 1.000 undangan lainnya untuk upacara penurunan bendera sore hari.

"Semua ada keterbatasan, maka dari itu di IKN maupun di Jakarta upacara penyelenggaraan 17 Agustus dengan undangan kurang lebih di IKN kami mempersiapkan 1.000 di pagi hari, sore hari 1.000 plus yang 380 di main hall," kata Heru sebagaimana disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden, Jumat (2/8/2024). (ims)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *