Kementerian PUPR Pastikan Bandara VVIP IKN Tidak Siap Digunakan Sebelum 17 Agustus

 


sekilasdunia.com – Bandara VVIP di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, dipastikan tidak dapat dioperasikan saat pelaksanaan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 RI.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sekaligus Plt Kepala Otorita IKN (OIKN) Basuki Hadimuljono mengatakan, pihaknya telah menyiapkan dua akses jalan yang dapat dilalui para tamu dari Bandara Sepinggan Balikpapan menuju ke IKN. Hal ini dikarenakan dari target landas pacu atau runway 2.200 meter, baru 300-400 meter yang selesai dibangun.

"Enggak, kelihatannya belum (bisa dipakai) kelihatannya belum. Itu nggak kekejar kalau untuk 17 (Agustus), apalagi kita akan hentikan (seluruh proyek IKN sementara) tanggal 10 ya. Jadi ya, kalau tanggal 10 sih nggak akan selesai," ungkap Juru Bicara Kementerian PUPR, Endra S Atmawidjaja, di Menara Bank Mega, Jakarta Selatan, Rabu (31/7/2024). 

Endra menjelaskan bahwa faktor cuaca menjadi hambatan utama untuk kelancaran proyek tersebut. Padahal, Kementerian PUPR sudah menggunakan teknologi modifikasi cuaca untuk mengatasi hambatan itu, termasuk menambah giliran pekerja.

Sampai saat ini baru 300-400 meter landas pacu yang selesai dibangun, dari target 2.200 m yang diproyeksikan fungsional buat upacara 17 Agustus. Endra mengungkap bahwa Presiden Joko Widodo juga sudah menginstruksikan agar bandara tersebut jangan dipaksakan penggunaannya untuk upacara 17 Agustus.

"Kelihatannya tetap nggak akan tercapai, makanya presiden kemarin sampaikan jangan dipaksakan, karena kan itu pemadatan (runway) juga perlu proses karena kita terlambat di situ, kita lakukan pemadatan, sudah selesai capping layernya sudah selesai, tinggal masuk ke aspal," jelasnya.

Di sisi lain, Endra mengatakan bahwa nama bandara itu kini bukan lagi Bandara VVIP. Sebab, pemerintah menargetkan bandara itu kelak bisa dibuka untuk umum alias dikomersialkan.

Oleh sebab itu, ia menjelaskan bahwa Bandara IKN kini statusnya masih belum bernama. Target penyelesaian runway juga difokuskan untuk rampung sepenuhnya alias selesai sampai 3.000 meter.



(ims)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *