Megawati Tidak Hadir Upacara Proklamasi Di IKN, Pilih Upacara Di Kantor PDIP Jakarta

 


sekilasdunia.com - Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri tidak menghadiri upacara bendera peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Sabtu (17/8/2024). Megawati terpantau hadir sebagai pembina upacara pengibaran bendera merah putih bersama jajaran DPP PDI-P dan sekitar 5.000 satgas di Halaman Masjid At-Taufiq Partai PDIP Lenteng Agung Jakarta Selatan, Sabtu (17/8/2024). 

Terlihat upacara dimulai pukul 08.56 WIB. Nampak Megawati Soekarnoputri menjadi inspektur upacara. Kemudian setelah pengibaran bendera, pembacaan teks proklamasi, pembukaan UUD 1945, dan teks Pancasila, Megawati menyampaikan amanat upacara dengan membukanya dengan seruan merdeka sebanyak tiga kali.

"Merdeka, merdeka, merdeka," teriak Mega yang disambut para peserta upacara yang hadir di lokasi. 

Dalam pidatonya, Megawati mengingatkan agar tidak lupa dengan sosok Presiden Soekarno. Megawati menegaskan, jika Soekarno merupakan proklamator bangsa. 

"Rakyat Indonesia jangan melupakan seorang proklamator bangsa. Karena kalau bukan Bung Karno, jangan ada orang mengatakan bahwa Bung Karno itu bukanlah bapak bangsa," kata Megawati. 

Lebih lanjut, Megawati juga menyebutkan jika Soekarno mendapatkan penghargaan dari negara lain. Kemudian sosok Soekarno kata Megawati, juga berperan membantu kemerdekaan di beberapa negara luar. 

"Atas perjuangan Bung Karno, Maroko, Tunisia, Sudan, Al-Jazair, Pakistan, dan masih banyak negara lainnya yang akhirnya merdeka karena campur tangan Indonesia, karena Bung Karno pada tanggal 15 Maret 1965 mendapat gelar sebagai pendekar kemerdekaan dan pahlawan Islam melalui konferensi Islam Asia Afrika. Dengan demikian kemerdekaan Indonesia terbukti menjadi suluk kemerdekaan bagi bangsa-bangsa lain yang masih terjajah sampai hari ini,"pungkasnya. 

Sebelumnya diberitakan, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengatakan, Istana mengundang para mantan Presiden RI untuk hadir mengikuti upacara peringatan detik-detik Proklamasi dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia (RI) di IKN pada 17 Agustus 2024.


Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengungkapkan, jika Ketua Umum Megawati Soekarnoputri sudah menerima undangan Upacara Hari Ke-79 Kemerdekaan RI dari Istana Kepresidenan.


Hal itu disampaikan Hasto di sela-sela mendampingi Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri, saat meninjau pameran seni karya Dolorosa Sinaga di Gedung Galeri Nasional, Jakarta Pusat, Kamis (8/8/2024).


"Undangan sudah diterima, bahkan diserahkan oleh Mas Pramono Anung dalam kapasitas beliau sebagai menteri sekretaris kabinet. Sehingga undangan sudah diterima dan kemudian ditimbang-timbang, karena 17 Agustus ini kan merupakan suatu peristiwa yang mahapenting, yang mengandung nilai-nilai patriotisme yang begitu besar, hasrat untuk mewujudkan kemerdekaan yang sejati-jatinya," kata Hasto.


(ims)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *