Panpel HUT RI Di IKN Siapkan Bandara,Trem Otonom, Bus Dan Kapal



sekilasdunia.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyiapkan transportasi untuk mendukung kelancaran upacara kemerdekaan di Ibu Kota Nusantara (IKN) yang akan diselenggarakan pada 17 Agustus 2024. Upacara HUT RI ke-79 yang akan dipimpin oleh Presiden RI Joko Widodo ini akan dihadiri ribuan orang dari kalangan pemerintahan, tamu VIP, hingga masyarakat umum. 

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati menjabarkan kesiapan transportasi darat, laut, udara, dan kereta api yang disiapkan Kemenhub untuk mendukung upacara di IKN. 

"Sesuai dengan Keputusan Menteri Sekretaris Negara Republik Indonesia nomor 11 Tahun 2024 tentang Panitia Pelaksana Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2024, Kemenhub mendapat tugas untuk memberikan dukungan transportasi pada kegiatan HUT RI Ke-79 di IKN," ujarnya, Jumat (9/8/2024).

1. Transportasi darat 

Adita mengungkapkan, Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub akan mengoperasikan 97 unit bus untuk mobilisasi selama rangkaian kegiatan upacara HUT RI Ke-79 di IKN. Nantinya bus ini akan melayani tamu undangan umum di luar dari tamu VVIP dan beroperasi dengan sistem shuttle di area Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN serta sebagai angkutan antar jemput bandara menuju hotel.

Armada bus tersebut akan dikirimkan secara bertahap mulai 8 Agustus 2024 dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Jawa Timur menuju ke Pelabuhan Semayang Balikpapan, Kalimantan Timur. Kegiatan rampcheck sudah dilakukan pada 31 Juli-1 Agustus, dan saat ini bus sudah tiba di Balikpapan untuk ditempatkan di titik-titik bandara, hotel, dan lain-lain.

Adapun titik kumpul armada bus di antaranya Gedung Kesenian Balikpapan, Stadion Batakan Balikpapan, serta titik lokasi di wilayah Penajam Paser Utara.

2. Transportasi laut 

Dari sisi laut, Kemenhub juga menyediakan infrastruktur transportasi laut berupa kapal pinisi dalam rangka mendukung pembangunan dan transportasi di IKN. 

Adita bilang, kapal pinisi ini nantinya akan melayani perjalanan wisata di IKN mulai 1 Agustus 2024. Selain itu, Kemenhub akan menyediakan satu unit kapal pinisi lagi melalui penugasan milik PT Pelni (Persero) menggunakan skema kerjasama pembelian layanan (buy the service).

Diharapkan kerja sama buy the service ini dapat menjadi stimulasi sehingga ke depan akan semakin banyak operator kapal yang tertarik untuk melakukan pelayaran komersil di IKN.

3. Transportasi udara

Sementara untuk transportasi udara, Kemenhub menyiapkan Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan, Balikpapan untuk menyambut peserta upacara di IKN. 

Adita menyebut, saat ini terdapat penambahan penerbangan (extra flight) sebanyak 25 persen di Bandara Sepinggan dibandingkan hari normal. Adapun maskapai yang telah mengajukan extra flight di Bandara Sepinggan ialah Pelita Air, Garuda Indonesia, dan Super Air Jet.

Sebagai informasi, Bandara Sepinggan dan Bandara Samarinda akan digunakan untuk pendaratan pesawat Presiden Jokowi dan tamu VIP. Adita mengungkapkan, Bandara Sepinggan menyediakan 4 tempat parkir pesawat (parking stand), di mana 3 parking stand untuk pesawat Presiden Jokowi serta presiden dan wakil presiden terpilih. Sedangkan 1 parking stand disiapkan untuk pesawat VIP lainnya. Sementara di Bandara Samarinda tersedia 8 parking Stand dan 2 parking stand untuk pesawat berbadan sempit (narrow body) untuk mendukung tamu VIP.

4. Transportasi kereta 

Kemenhub juga akan mengoperasikan trem otonom (Autonomous Rail Transit/ART) secara gratis saat penyelenggaraan upacara nanti. Adita mengatakan, saat ini ART tengah dilakukan pengujian internal pada sarana, prasarana, dan sumber daya manusia (SDM) ART yang ditargetkan rampung. Jika pengujian internal itu berjalan lancar, ART akan diuji coba dinamis di rute pendek (loop kecil) mulai 10 Agustus 2024.  Adapun rute pendek merupakan rute uji coba melingkar dari Gedung Kemenko 3 menuju Gedung Kemenko 2 dan kembali ke Gedung Kemenko 3 di KIPP.

"Uji coba ini dilakukan juga dalam rangka mempersiapkan pengoperasian ART pada upacara Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-79 pada 17 Agustus 2024 di IKN," tuturnya.

Fase uji coba tersebut akan dilaksanakan selama kurang lebih dua bulan sejak uji coba dinamis. Pengujian dimaksudkan untuk lebih mengetahui kelayakan operasi ART. Kemudian ART akan melalui tahap selanjutnya yaitu evaluasi bersama Ditjen perkeretaapian Kemenhub dengan Otoritas IKN sebelum dipamerkan (showcase) untuk umum pada 10 Oktober hingga 31 Desember 2024. Nantinya, ART akan berhenti di 8 halte di sepanjang ruas utama KIPP IKN dan terintegrasi dengan moda transportasi lainnya yaitu bus rapid transit (BRT).

(ims)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *