Petinju Wanita Transgender Imane Khalif Hentikan Angela Carini Hanya 46 Detik, Olimpiade Paris 2024 Kontroversi Lagi

sekilasdunia.com - Angela Carini tak bisa menyembunyikan kesedihannya usai hanya kuat bertarung selama 46 detik melawan petinju Aljazair, Imane Khelif dalam duel cabor tinju wanita Olimpiade Paris 2024, Kamis (1/8/2024).

Seperti dilansir The Guardian, Khelif adalah satu dari dua petinju yang diizinkan bertarung di Olimpiade Paris 2024 meski didiskualifikasi dari kejuaraan dunia wanita tahun lalu karena gagal dalam tes testosteron dan kelayakan gender. Khelif adalah petinju biologis pria.

Angela Carini kemudian mengungkapkan alasannya menarik diri karena menerima pukulan sangat keras, yang belum pernah dia rasakan sebelumnya. Pukulan pertama membuat tali pelindung di dagunya copot dan pukulan kedua mengenai dagunya dan darahnya mengenai celana pendeknya.

“Saya patah hati, Saya naik ke ring untuk menghormati ayah saya. Saya berkali-kali diberi tahu bahwa saya adalah seorang pejuang. Tetapi saya memilih berhenti demi kesehatan saya. Saya belum pernah merasakan pukulan seperti ini," kata Carini setelah pertarungan singkat itu.

Sebelum pertarungan tersebut, Komite Olimpiade Internasional mendapat kecaman karena mengizinkan Khelif dan Lin Yu Ting dari Chinese Taipei berkompetisi dalam kategori putri di Olimpiade 2024.

Lin Yu Ting akan menghadapi petinju Uzbekistan, Sitora Turdibekova dalam pertarungan kelas bulu di Paris pada Jumat (2/8/2024) hari ini.

Tahun lalu kedua petarung didiskualifikasi dari kejuaraan dunia putri 2023, dan presiden Tinju Amatir Internasional Umar Kremlev mengatakan bahwa tes DNA membuktikan bahwa mereka memiliki kromosom XY dan karenanya dikeluarkan. XY adalah kromosom laki-laki, sedangkan XX adalah kromosom perempuan. (ims)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *