Presiden RI Joko Widodo Lantik 3 Menteri Baru Dan 1 Wamen

 


sekilasdunia.com - Presiden RI Joko Widodo resmi melantik sejumlah menteri dan wamen serta kepala badan hari ini. Pelantikan dan pengambilan sumpah dilakukan di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (19/8/2024). 

Pelantikan tersebut menyusul keputusan reshuffle kabinet Jokowi di akhir masa jabatannya yang akan habis pada 20 Oktober 2024.

Berikut daftar menteri, wamen, dan kepala badan yang akan dilantik hari ini:

1.⁠ ⁠Supratman Andi Agtas jadi Menkumham RI

2.⁠ ⁠Bahlil Lahadalia jadi Menteri ESDM

3.⁠ ⁠Rosan Roeslani jadi Menteri Investasi

4.⁠ ⁠Angga Raka Prabowo Jadi Wamenkominfo

5. Prof Dadan Hindayana jadi Kepala Badan Gizi

6.⁠ ⁠Hasan Nasbi jadi Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan

7.⁠ ⁠Taruna Ikrar jadi Kepala BPOM.

"Sebelum saya mengambil sumpah, sebagai menteri negara dan wakil menteri negara, terlebih dahulu saya akan bertanya dulu kepada saudara-saudara, bersediakah saudara diambil sumpah?," tanya Jokowi kepada para menteri di Istana Negara Jakarta, Senin (19/8/2024).

"Bersedia," jawab mereka.

"Saya bersumpah/berjanji bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab," ucap Presiden Jokowi mendiktekan sumpah jabatan.

Usai disumpah, mereka pun menandatangani surat pelantikan.

Tampak hadir Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono, Menkominfo Budi Arie Setiadi, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang, Menko PMK Muhadjir Effendi, Menko Polhukam Hadi Tjahjanto, Mensesneg Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan.


(ims)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *