Syukuran HUT Ke-65 Pelopor, Dari Kompi Ranger Hingga Terbentuk Pasukan Elit

By On September 15, 2024

 


sekilasdunia.com, Binjai - Puncak Syukuran Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-65 Pelopor mengusung tema “Dengan _Skill_, _Spirit_ Dan Stamina Pelopor Kami Siap Melakukan Yang Terbaik Untuk NKRI Guna Menyongsong Indonesia Emas 2045” yang berlangsung di Mako Pasukan Pelopor Korbrimob Polri Kelapadua, Cimanggis, Kota Depok. Sabtu (14/9/2024).

Acara tersebut dihadiri langsung oleh Dankorbrimob Polri Komjen Pol. Drs. Imam Widodo, M.Han., Astamaops Kapolri Irjen Pol. Drs. Verdianto Iskandar Bitticaca, M.Hum., Wadankorbrimob Polri Polri Irjen Pol. Ramdani Hidayat, S.H., Karorenminops Korbrimob Polri Brigjen Pol. Drs. Rudy Harianto, M.Si.

Danpas Pelopor Korbrimob Polri Brigjen Pol. Drs. Waris Agono, M.Si., Danpas Gegana Korbrimob Polri Brigjen Pol. Reza Arief Dewanto, S.I.K., Para Pejabat Utama Korbrimob Polri, Para Danmen/Dansat Jajaran Korbrimob Polri, Para Komandan Pasukan Pelopor pada masanya, Para Komandan Resimen Pelopor pada masanya serta Para Pengurus Bhayangkari PG06 Korps Brimob Polri.



Dalam Acara ini, dilaksanakan Peresmian Penamaan Gedung Mako Pasukan Pelopor dengan nama “Jenderal Pol. (Purn) Soekarno Djojonagoro” ditandai dengan Penandatangan Prasasti dan Penekanan Tombol Tirai oleh Dankorbrimob Polri yang dihadiri langsung oleh Ibu Martini Anak dari Jenderal Pol. (Purn) Soekarno Djojonagoro.

Nama Jenderal Pol. (Purn) Soekarno Djojonagoro diabadikan sebagai bentuk Penghargaan atas Dedikasi dan Jasa-Jasa Beliau dalam Pembentukan Satuan Pelopor yang dimulai dari Pembentukan Kompi-Kompi _Ranger_ hingga menjadi Resimen Pelopor.

Selain itu, pada acara ini juga dilaksanakan _Launching_ Buku Doktrin Pelopor yang merupakan suatu hal yang begitu penting dalam kehidupan sehari-hari, khusunya bagi Anggota Pelopor. Kemudian Buku tersebut diserahkan oleh Danpas Pelopor Korbrimob Polri kepada Dankorbrimob Polri.

Pada Kesempatan tersebut, Danpas Pelopor Korbrimob Polri menyampaikan Sambutan bahwa Perjalanan Sejarah Perkembangan Satuan Pelopor tidak terlepas dari Keputusan Pimpinan Polri dalam hal ini Kapolri, Asrena Kapolri dan Dankorbrimob Polri pada masanya serta para Senior yang telah membentuk Tim Pokja untuk Pengembangan SOTK Satuan Pelopor dari setingkat Kompi menjadi Pasukan.

“Kami mohon Bimbingan, Dukungan dan Doa Kepada seluruh pihak baik yang masih aktif maupun yang telah Purna guna Perkembangan Pasukan Pelopor Menuju yang lebih baik lagi untuk menyongsong Indonesia Emas 2045,” Pernyataan Danpas Pelopor Korbrimob Polri.

Sementara itu, Dankorbrimob Polri dalam Sambutannya mengatakan sebagai Pasukan Elit yang memiliki Perjalanan Sejarah Panjang, Profesionalitas Pasukan Pelopor dalam setiap Pelaksanaan tugas tidak diragukan lagi.

“Dalam waktu dekat kita akan menghadapi beberapa Agenda Besar yaitu Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih serta Pilkada serentak. Kita harus mempersiapkan diri untuk menghadapi Potensi Dinamika tugas yang terus bergerak dan berkembang,” Pernyataan Dankorbrimob Polri.

“Saya Berharap untuk generasi muda dan Keluarga Besar Pasukan Pelopor, Pedomani semangat Para Pendahulu dan Senior yang selalu memberikan Pengabdian terbaiknya sebagai Pasukan Elit yang pantang menyerah dan tak kenal lelah,” lanjutan Pernyataan Dankorbrimob Polri.

( Darma )

Polres Binjai Dan Jajaran Gotong Royong bersihkan sampah akibat Banjir

By On September 11, 2024

 



sekilasdunia.com - Binjai, Pasca-banjir di Kelurahan Kartini Binjai Kota, Personel Polres Binjai bersama Polsek Binjai Kota,Rabu (11/09/2024) melaksanakan kegiatan gotong royong membantu warga terdampak, membersihkan sisa material banjir di rumah-rumah dan fasilitas publik di lokasi banjir. Kegiatan gotong royong dipimpin Kapolsek Binjai Kota AKP Armawati, S.h, M.h. didampingi Kasipropam Polres Binjai Kesuma Hadi, S.sos.


Kapolsek Binjai Kota AKP Armawati, S.h, M.h mengatakan Personel Polres Binjai dan Polsek Binjai Kota terjun langsung ke rumah warga, Irigasi yg tersumbat untuk melakukan pembersihan material banjir berupa lumpur, batu, dan sampah yang terseret arus banjir akibat meluapnya Sungai Bangkatan Kota Binjai karena tingginya intensitas curah hujan beberapa hari belakangan ini.


"Akibat tingginya intensitas curah hujan dalam beberapa hari belakangan ini, berdampak meluapnya sungai sehingga puluhan rumah warga di Kelurahan Kartini, Kecamatan Binjai, Kota terendam banjir yang disertai lumpur,”jelasnya. 


Dikatakan bentuk kepedulian Polri dalam hal ini Polres Binjai dan Polsek Binjai Kota mendatangi masyarakat yang terkena banjir yakni dengan melakukan kegiatan kebersihan di lokasi dengan bergotong royong bekerja sama dengan Dinas Kebersihan Pemko Binjai. 

Ia juga mengimbau, masyarakat yang bermukim di kawasan bantaran sungai Bangga, agar lebih meningkatkan kewaspadaan agar terhindari dari banjir,


Masyarakat sekitar sangat mengapresiasi kegiatan yang di laksanakan Personel Polres binjai dan menitipkan salam hormat kepada Kapolres Binjai Kapolres Binjai AKBP BAMBANG C. UTOMO, S.H, S.I.K., M.Si., karena sudah memerintakan jajaran untuk turun langsung membantu warga terdampak Banjir Sungai Bangkatan Binjai Kota.


Di akhir kegiatan gotong royong tidak lupa Kapolsek Binjai Kota AKP Armawati, S.h, M.h menghimbau Masyarakat agar tidak membuang sampah ke sungai karena dapat menyebabkan menumpuknya Sampah di aliran sungai sehingga menyebabkan penyumbatan di aliran Sungai, serta mecemari lingkungan dan ekosistem Sungai Bonjol.( Darma )

Klasemen Medali PON XXI, Sabtu (7/9/2024): Jawa Barat Memimpin, Sumut Posisi ke 4 Besar

By On September 07, 2024

sekilasdunia.com - Kontingen Jawa Barat masih memimpin perolehan medali sementara pada Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 , dengan posisi kedua ditempati oleh Jawa Timur. Sementara itu, tuan rumah Sumatera Utara berhasil naik ke posisi empat, sedangkan Aceh yang juga merupakan tuan rumah, bertahan di posisi tujuh dalam klasemen. 

Hingga pukul 00.29 WIB, Sabtu, (7/9/2024), Jawa Barat telah mengumpulkan total 10 medali emas, 10 medali perak, dan 11 medali perunggu. Jawa Timur, yang berada di posisi kedua, menambah satu medali perak dan satu medali perunggu, namun jumlah medali emas mereka tetap pada angka 9.

Lampung menempati posisi ketiga dengan 7 medali emas, 5 medali perak, dan 2 medali perunggu. Sumatera Utara, yang kini berada di posisi keempat, berhasil menggeser DKI Jakarta dengan perolehan 7 medali emas, tanpa medali perak, dan 2 medali perunggu

DKI Jakarta kini berada di posisi kelima, turun satu peringkat dari posisi sebelumnya, dengan 6 medali emas, 14 medali perak, dan 6 medali perunggu. Riau mengikuti di posisi keenam dengan 6 medali emas, 4 medali perak, dan 3 medali perunggu. Aceh, masih bertahan di peringkat tujuh, mengumpulkan 5 medali emas, 4 medali perak, dan 3 medali perunggu. Di posisi delapan, Bali menggeser Papua dengan perolehan 3 medali emas, 3 medali perak, dan 2 medali perunggu. Papua kini berada di posisi sembilan dengan 3 medali emas, tanpa medali perak, dan 1 medali perunggu. Papua Pegunungan menutup posisi sepuluh dengan 2 medali emas tanpa tambahan medali lainnya. (ims)

Hasil FP1 MotoGP San Marino 2024: Jorge Martin Tercepat

By On September 07, 2024

 


sekilasdunia.com - Sesi Latihan Bebas 1 alias Free Practice 1 (FP1) MotoGP San Marino 2024 telah selesai digelar selama 45 menit di Sirkuit Misano pada Jumat (6/9/2024) sore WIB. Hasilnya, bintang Pramac Ducati, Jorge Martin , menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 1 menit 31,707.

Martin unggul 0,037 detik atas jagoan Gresini Ducati, Marc Marquez. Sedangkan tempat ketiga dihuni pembalap penguji KTM, Pol Espargaro, yang berselisih 0,213 detik darinya.

Sementara itu, sang juara bertahan, Francesco Bagnaia, masih kesulitan menemukan kecepatan terbaiknya. Rider Ducati Lenovo itu mengakhiri FP1 di urutan delapan dengan selisih 0,462 detik dari Martin.

Pada lima menit pertama, Jorge Martin, bercokol di posisi puncak dengan waktu tercepat di angka 1 menit 32,642 detik. Dia unggul 0,080 detik atas Pol Espargaro dan 0,152 detik atas Fabio Quartararo. Kemudian, Marc Marquez berada di tempat kelima di belakang Maverick Vinales. 

Sementara itu, Francesco Bagnaia duduk di urutan tujuh dengan selisih sekira 0,3 detik dari Marco Bezzecchi. Setelah itu, Pol Espargaro merebut tempat teratas dari Martin. Dia membukukan waktu tercepat di angka 1 menit 32,364 detik. Lima belas menit setelah sesi berjalan, The Baby Alien -julukan Marquez- naik sebagai yang tercepat dengan waktu 1 menit 32,077 detik dan menggusur Espargaro ke tempat ketiga. Sebab, posisi kedua dihuni oleh Martin yang hanya terpaut 0,138 detik darinya.

Hampir setengah jam sesi berjalan, Martinator -julukan Martin- kembali ke puncak dengan waktu 1 menit 31,779 detik. Dia unggul 0,298 detik atas Marquez dan 0,385 detik atas Quartararo, yang ada di tempat ketiga. 

Sedangkan Pecco -sapaan Bagnaia- terpental ke urutan 13. Sang juara bertahan berselisih 1,067 detik dari Martin. Pada akhirnya, Martin mengakhiri FP1 sebagai yang tercepat. Dia mempertajam catatan waktunya menjadi 1 menit 31,707 detik dengan keunggulan 0,037 detik atas Marquez dan 0,213 detik atas Pol Espargaro, yang melengkapi tiga besar.


(ims)

Hasil Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 - Indonesia Draw Lawan Arab Saudi, Australia Takluk Dari Bahrain, Cina Babak Belur Dibantai Jepang

By On September 06, 2024

 


sekilasdunia.com - Persaingan Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia dimulai pada Kamis (5/9/2024). Grup C diisi oleh Australia, Jepang, Arab Saudi, China, Bahrain, dan timnas Indonesia.

Jepang memainkan laga perdana mereka di Grup C dengan melawan China di Saitama Stadium, Kamis (5/9/2024). Tim besutan Hajime Moriyasu itu menang telak dengan skor 7-0.

Tujuh gol Jepang dicetak oleh Endo (12'), Mitoma (45+2'), Minamino (52', 53'), Ito (77'), Maeda (87'), dan Kubo (90+5'). Dengan kemenangan ini, Jepang memimpin Grup C.

Sementara itu kejutan terjadi pada laga Australia melawan Bahrain di Robina Stadium, Gold Coast, Kamis (5/9/2024). Bermain di kandang sendiri, Australia kalah dengam skor 0-1.

Gol Bahrain terjadi di penghujung laga melalui gol bunuh diri Harry James Souttar pada menit ke-89. Sementara itu, timnas Indonesia menghadapi Arab Saudi di King Abdullah Sports City Stadium, Jumat (6/9/2024) dini hari WIB.

Timnas Indonesia mampu memberi kejutan dengan bermain imbang 1-1 lawan Arab Saudi. Gol timnas Indonesia dicetak oleh Ragnar Oratmangoen pada menit ke-19.

Arab Saudi menyamakan kedudukan pada menit ke-45+3 oleh Musab Aljuwayr.

Hasil matchday pertama Grup C:

Jepang vs China (7-0)

Australia vs Bahrain (0-1)

Arab Saudi vs Timnas Indonesia (1-1)

Jadwal matchday kedua Grup C:

10 September 2024

Bahrain vs Jepang, Bahrain Nasional Stadium, 23.00 WIB

China vs Arab Saudi, Dalian Suoyuwan Football Stadium, 19.00 WIB

Timnas Indonesia vs Australia, Gelora Bung Karno Stadium, 19.00 WIB. (ims)

Pelamar CPNS Hampir 3 Juta, BKN Perpanjangan Pendaftaran

By On September 06, 2024

 


sekilasdunia.com - Pndaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di portal SSCASN yang sebelumnya dijadwalkan berakhir pada 06 September sesuai dengan Surat Kepala BKN 5419/B-KS.04.01/SD/K/2024 tentang Jadwal Seleksi Pengadaan CPNS TA 2024, akan diperpanjang hingga tanggal 10 September 2024 Pukul 23.59 WIB. Penyesuaian jadwal pendaftaran ini bertujuan untuk mengakomodir para pelamar yang belum berhasil menyelesaikan tahapan pendaftaran di portal.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyebut pihaknya telah mensosialisasikan hal tersebut ke seluruh instansi. Sosialisasi tentang perpanjangan masa pendaftaran CPNS 2024 dilakukan pada instansi di pusat maupun daerah. Hal ini disampaikan oleh Plt Kepala Biro Humas, Hukum dan Kerja Sama BKN Vino Dita Tama, Jumat (6/9/2024).

“Ini ada surat dari BKN link yang di bawah. Itu sudah memberitahukan kepada instansi pusat maupun daerah,” kata Vino.

Vino juga menyebut perpanjangan ini berlaku untuk seluruh instansi pemerintah yang membuka pendaftaran CPNS 2024 di daerah maupun pusat. 

“Iya itu sesuai rilis,” terangnya.

Sebelumnya, Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN Suharmen menyebut, kecenderungan pelamar yang mendaftar dengan sistem kebut semalam dapat menghambat dalam menyelesaikan proses pendaftaran. Ia juga menjelaskan kendala pembelian e-meterai oleh masyarakat di seluruh platform Peruri tidak dapat dibebankan kepada para calon pelamar. Pemerintah lewat Panselnas ingin memberi kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat untuk dapat berkompetisi pada perhelatan CPNS tahun ini.

"Terhitung hingga 5 September 2024 Pukul 08.00 WIB, jumlah pendaftar CPNS telah mencapai 2.922.336, di mana jumlah submit atau resume atau mengakhiri pendaftaran mencapai 1.011.148 pelamar," lanjut Suharmen.(ims)

Presiden RI Joko Widodo Resmikan Gedung RS Kemenkes Surabaya, Habiskan Anggaran hingga Rp 2 Triliun

By On September 06, 2024

 


sekilasdunia.com - Presiden RI Joko Widodo meresmikan Gedung Rumah Sakit (RS) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Surabaya di Jawa Timur, Jumat (6/9/2024) dengan menghabiskan anggaran sebesar Rp 2,01 triliun untuk pembangunan, peralatan, hingga sumber daya manusia (SDM).

"Dibiayai dengan anggaran gede sekali Rp1,6 triliun. Plus peralatannya, (Rp1,6 triliun) itu baru gedungnya, peralatannya Rp 368 miliar, Plus masih ada anggaran lagi untuk SDM Rp 50 miliar. Jadi menelan biaya yang tidak kecil " kata Jokowi saat peresmian, Jumat (6/9/2024).

Dia menekankan pentingnya pembangunan RS Kemenkes Surabaya untuk menampung pasien-pasien stroke, serangan jantung, dan kanker. Terlebih, angka kematian pasien akibat penyakit tersebut di Jawa Timur cukup tinggi.

"Penyebab kematian tertinggi di negara kita itu adalah karena penyakit stroke, serangan jantung, dan kanker. Dan Jawa Timur ini menempati urutan ketiga setelah Yogyakarta dan Jawa Tengah. Hati- hati mengenai hal ini. Sehingga pembangunan RS Kemenkes di Surabaya ini sangat-sangat penting dalam rangka itu," jelasnya.

Presiden juga menuturkan pemerintah menambah 867 tempat tidur untuk pasien di RS Kemenkes Surabaya. Rumah sakit ini nantinya bisa menampung pasien-pasien dari Jawa Timur dan Indonesia bagian timur.

Menurut dia, pemerintah tidak masalah mengeluarkan anggaran besar untuk pembangunan rumah sakit, asalkan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat semakin baik. Dia juga meminta agar ruangan, tempat tidur, hingga penerangan di rumah sakit semakin baik.

Presiden Joko Widodo meresmikan Gedung RS Kementerian Kesehatan di Surabaya, Jawa Timur, Jumat (6/9/2024). Dalam pidatonya, Jokowi mengungkapkan penyebab kematian tertinggi di RI karena penyakit stroke, jantung dan kanker.

Presiden juga memuji kemegahan RS Kemenkes di Surabaya ini yang serasa hotel bintang lima. Dia yakin jika pelayanan RS ini juga baik maka bisa mencegah masyarakat untuk berobat ke luar negeri.

Menurutnya, Indonesia telah kehilangan potensi Rp 180 triliun karena warga tidak mau berobat di dalam negeri.

"Ini akan mencegah kehilangan devisa kita kurang lebih 180 triliun setiap tahunnya karena masyarakat kita pergi ke Singapura, Jepang, Malaysia, Amerika untuk berobat, Rp180 triliun gede sekali," ujar Jokowi.

(ims)

Paus Fransiskus Tiba di Istana Merdeka untuk Bertemu Presiden RI Joko Widodo

By On September 04, 2024

 


sekilasdunia.com - Paus Fransiskus memulai perjalanan apostolik ke sejumlah negara Asia. Indonesia menjadi yang pertama dikunjunginya dalam perjalanan tersebut. Kepala Negara Vatikan itu tiba di Indonesia, Selasa (3/9/2024) hingga Kamis (5/9/2024).

Dikutip dari setkab.go.id, Rabu (4/9/2024) memulai perjalanannya di Indonesia, Paus bertemu dengan Presiden Joko Widodo. Paus tiba sekitar pukul 9.35 WIB dengan menaiki mobil Innova Zenix dengan pelat nomor SCV 1.

Tampak Paus datang dengan mengenakan balutan busana serba putih yang selalu menemani kesehariannya sejak penahbisannya pada Maret 2013. Pakaian itu disebut cassock dengan celana panjang hitam dan sepatu formal senada sebagai bawahan.

Di bagian bahu cassock terdapat mozzetta, yaitu sejenis jubah pendek sedada yang menyimbolkan otoritasnya sebagai paus. Ia juga memakai penutup kepala berwarna khas para rohaniwan Gereja Katolik yang dikenal sebagai zucchetto.

Turut hadir menyambut kedatangan paus, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Seskab Pramono Anung, Mensesneg Pratikno, Menhan Prabowo Subianto, dan Menko PMK Muhadjir.

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Yusuf Permana mengatakan bahwa Jokowi akan menerima Paus di Istana Merdeka.

"Kunjungan tersebut diawali dengan Upacara Kenegaraan di halaman depan Istana Merdeka," kata Yusuf kepada wartawan, Rabu (4/9/2024).

Yusuf menyebut, Paus nantinya juga akan menemui sejumlah tokoh agama di Istana.

Sebelumnya, Paus Fransiskus telah tiba di Indonesia pada 11.16 WIB di Bandara Soekarno-Hatta pada, Selasa (3/9) siang. Begitu menjejakkan kaki di Indonesia, ia mengaku bahwa ini adalah penerbangan terlamanya.

Dikutip dari Reuters, penerbangan Paus dari Roma menuju Jakarta memakan waktu 13 jam.

Paus Fransiskus sendiri berangkat dari Bandara Fiumicino Roma, pukul 17.15 waktu setempat, pada Senin (2/9/2024). Setiba di Jakarta, ia dijemput oleh panitia penyambutan, dan langsung diantar menuju kedutaan besar Vatikan.

Pimpinan tertinggi Vatikan ini menginap di sana selama kunjungannya di Indonesia. Ia juga dijadwalkan bertemu Presiden Jokowi hari ini, dan mengakhiri kunjungan dengan menggelar misa di Stadion GBK, pada Kamis (5/9/2024).

(ims)

Beli E-meterai di Web Peruri Eror, Daftar CPNS 2024 Terganggu

By On September 04, 2024

 


sekilasdunia.com - Pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024 banyak yang mengeluhkan sulit mendapatkan meterai elektronik (e-meterai). Sebab, laman penjualan e-meterai di Peruri (https://meterai-elektronik.com) tidak bisa diakses.

E-meterai menjadi salah satu syarat sah dokumen pendaftaran CPNS 2024. Para netizen di media sosial X meluapkan emosinya tak bisa mendapatkan e-meterai di Peruri, meski sudah melakukan pembayaran. 

Hal ini menyebabkan mereka tak bisa mengirimkan dokumen untuk melamar CPNS. Di satu sisi, pendaftaran CPNS 2024 akan ditutup dua hari lagi atau pada Jumat (6/9/2024). 

Sementara itu, di laman Instagram Peruri, @peruri.indonesia, meminta maaf atas gangguan tersebut. Menurut BUMN percetakan itu, website mengalami peningkatan traffic. 

"Kami mohon maaf atas kendala yang Anda alami. Saat ini, website kami sedang mengalami peningkatan traffic, sehingga kami menerapkan sistem antrian agar tetap menjaga performa layanan dan dapat melayani seluruh user. Proses pengembalian dana dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah yang telah ditetapkan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Peruri berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan terbaik," jelasnya. 

Selain Peruri, masyarakat sebenarnya bisa membeli e-meterai di sejumlah laman lainnya, di antaranya Skill Academy E-Meterai, Signing ID, Materai ID, hingga Mekari. Namun, beberapa di antaranya juga kehabisan stok dan sisanya mengalami gangguan. 

"Saat ini Skill Academy sedang bekerja sama dengan Peruri Digital Security untuk penambahan stok e-Meterai, oleh karena itu pembelian e-Meterai untuk sementara waktu tidak dapat dilakukan. e-Meterai akan diusahakan kembali tersedia pukul 20.00 WIB," tulis Skill Academy.

(ims)

Selama Misa Kudus Paus Fransiskus, Muhammadiyah Dukung Azan Magrib di TV Diganti Running Text

By On September 04, 2024

 


sekilasdunia.com -  PP Muhammadiyah mendukung langkah Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) perihal penayangan azan Salat Magrib di televisi, diberlakukan secara running text lantaran bersamaan dengan Misa Kudus yang dipimpin Paus Fransiskus, di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Kamis, 5 September 2024.

Ketua Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah Anderyan Noor mendukung langkah Kementrian Agama menyurati Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) tersebut.

“Mendukung sebagai langkah toleransi beragama dan untuk menghormati umat Katolik, maka Kemenag menyarankan kepada Kominfo agar pada saat itu adzan Maghrib tetap diumumkan di televisi, tapi melalui running text atau teks berjalan. Dengan demikian, pada momen ini tayangan kumandang adzan tidak ditampilkan seperti biasanya,” kata Anderyan dalam keterangannya, Rabu (4/9/2024).

Sebelumnya, beredar surat permohonan dari Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) perihal penayangan azan Salat Magrib di televisi, untuk sementara diberlakukan secara running text lantaran bersamaan dengan ibadah Misa yang dipimpin Paus Fransiskus di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, pada Kamis, 5 September 2024.

Pertemuan Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Pemimpin tertinggi Gereja Katolik Sedunia, Paus Fransiskus di Istana Merdeka Jakarta, Rabu (4/9/2024) berlangsung sangat hangat. Jokowi dan Kepala Negara Vatikan itu tampak berbincang-bincang santai di beranda Istana Merdeka atau veranda talk.

Setelah upacara penyambutan kenegaraan, Jokowi mengajak Paus Fransiskus masuk ke ruang kredensial Istana Merdeka untuk berfoto bersama dan menandatangani buku tamu. Lalu, Jokowi dan Paus Fransiskus menuju beranda Istana Merdeka untuk veranda talk.

Paus Fransiskus tiba di Istana Merdeka pukul 09.35 WIB, dengan diiringi pasukan marching band. Paus yang memakai mobil Innova Zenix sempat membuka kaca mobilnya dan melambaikan tangan kepada awak media.

Sejumlah anak-anak yang memakai baju adat Indonesia pun ikut menyambut kedatangan Paus Fransiskus di Istana Merdeka. Mobil yang membawa Paus Fransiskus lalu menuju halaman Istana Merdeka Jakarta.

Dalam kesempatan ini, lagu kedua negara dikumandangkan. Sebanyak 21 dentuman meriam juga ikut meiiringi untuk menyambut kedatangan Paus Fransiskus. Jokowi dan Paus juga menyaksikan defile pasukan.

Selanjutnya, sejumlah menteri kabinet Indonesia Maju menyalami Paus Fransiskus. Mereka antara lain, Presiden Terpilih sekaligus Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, hingga Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

(ims)

Menkes: Indonesia Masih Kekurangan 110 Ribu Dokter

By On September 04, 2024

sekilasdunia.com - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebut Indonesia masih kekurangan 110 ribu dokter umum untuk mencukupi penyediaan Sumber Daya Manusia (SDM) kesehatan di Tanah Air.

Budi menjelaskan, dengan populasi 280 juta, Indonesia butuh 280 ribu dokter. Sekarang yang baru terpenuhi 170 ribu dokter. Kalkulasi Budi, perlu waktu 10 tahun untuk memenuhi 110 ribu dokter dengan asumsi hitungan ada 12 ribu lulusan fakultas kedokteran setiap tahun. 

"Kita sekarang baru 170 ribuan, jadi masih kurang kan berapa tuh, 110 ribu. Produksi kita setahun 12 ribu, ini masih jauh sekali gapnya, itu sebabnya saya sangat mendukung kalau ada pihak-pihak yang ingin membangun FK," kata Budi saat launching Fakultas Kedokteran Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta (Unisa), Sleman, Rabu (4/9/2024).

Budi mengapresiasi Unisa di bawah naungan Muhammadiyah yang membuka fakultas kedokteran demi mencapai tujuan pemenuhan SDM itu. Dia juga mendorong Muhammadiyah agar membuka fakultas serupa pada kampus-kampusnya yang berada di dalam maupun luar Pulau Jawa.

"Dan kalau saya juga boleh mohon, kalau bisa orang-orang dari luar Jawa, penduduk-penduduk aslinya, putra daerah dari sana juga dibuat programnya agar lebih banyak lagi dokter-dokter putra daerah yang bisa kita diskusikan peran langsung," pesannya.

Menkes selain itu juga bilang, Indonesia masih kekurangan sekitar 29 ribu dokter spesialis. Selain persoalan itu, lanjut Budi, distribusi tenaga kesehatan juga sulit lantaran semua terpusat di Pulau Jawa.

Budi mengaku telah merayu Menteri Keuangan Sri Mulyani agar mau menggelontorkan duit negara untuk menyubsidi gaji dokter spesialis.

Budi menyebut subsidi tersebut diperlukan agar para dokter spesialis mau bekerja di luar Pulau Jawa. Upaya ini akan dimulai di 150 kabupaten/kota yang masuk dalam kategori Daerah Terpencil Perbatasan Kepulauan (DTPK).


(ims)

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *