Paus Fransiskus Tiba di Istana Merdeka untuk Bertemu Presiden RI Joko Widodo

 


sekilasdunia.com - Paus Fransiskus memulai perjalanan apostolik ke sejumlah negara Asia. Indonesia menjadi yang pertama dikunjunginya dalam perjalanan tersebut. Kepala Negara Vatikan itu tiba di Indonesia, Selasa (3/9/2024) hingga Kamis (5/9/2024).

Dikutip dari setkab.go.id, Rabu (4/9/2024) memulai perjalanannya di Indonesia, Paus bertemu dengan Presiden Joko Widodo. Paus tiba sekitar pukul 9.35 WIB dengan menaiki mobil Innova Zenix dengan pelat nomor SCV 1.

Tampak Paus datang dengan mengenakan balutan busana serba putih yang selalu menemani kesehariannya sejak penahbisannya pada Maret 2013. Pakaian itu disebut cassock dengan celana panjang hitam dan sepatu formal senada sebagai bawahan.

Di bagian bahu cassock terdapat mozzetta, yaitu sejenis jubah pendek sedada yang menyimbolkan otoritasnya sebagai paus. Ia juga memakai penutup kepala berwarna khas para rohaniwan Gereja Katolik yang dikenal sebagai zucchetto.

Turut hadir menyambut kedatangan paus, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Seskab Pramono Anung, Mensesneg Pratikno, Menhan Prabowo Subianto, dan Menko PMK Muhadjir.

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Yusuf Permana mengatakan bahwa Jokowi akan menerima Paus di Istana Merdeka.

"Kunjungan tersebut diawali dengan Upacara Kenegaraan di halaman depan Istana Merdeka," kata Yusuf kepada wartawan, Rabu (4/9/2024).

Yusuf menyebut, Paus nantinya juga akan menemui sejumlah tokoh agama di Istana.

Sebelumnya, Paus Fransiskus telah tiba di Indonesia pada 11.16 WIB di Bandara Soekarno-Hatta pada, Selasa (3/9) siang. Begitu menjejakkan kaki di Indonesia, ia mengaku bahwa ini adalah penerbangan terlamanya.

Dikutip dari Reuters, penerbangan Paus dari Roma menuju Jakarta memakan waktu 13 jam.

Paus Fransiskus sendiri berangkat dari Bandara Fiumicino Roma, pukul 17.15 waktu setempat, pada Senin (2/9/2024). Setiba di Jakarta, ia dijemput oleh panitia penyambutan, dan langsung diantar menuju kedutaan besar Vatikan.

Pimpinan tertinggi Vatikan ini menginap di sana selama kunjungannya di Indonesia. Ia juga dijadwalkan bertemu Presiden Jokowi hari ini, dan mengakhiri kunjungan dengan menggelar misa di Stadion GBK, pada Kamis (5/9/2024).

(ims)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *