Komjen Agus Jabat Menteri Imigrasi dan Pemasyarakatan, Kebanggaan Bagi IWO

By On Oktober 21, 2024

 


sekilasdunia.com, Jakarta -   Komjen Pol Agus Andrianto, resmi dilantik Presiden RI Prabowo Subianto sebagai Menteri Imigrasi dan Pemasyarakatan dalam prosesi yang berlangsung di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (21/10/2024) pagi 

Sebelumnya, Jenderal bintang tiga yang saat ini menjabat sebagai Wakapolri tersebut, diberi amanah untuk mengisi jajaran Kabinet Merah Putih dalam pengumuman yang disampaikan langsung oleh Presiden Prabowo di Istana Merdeka malam tadi, usai pasangan Prabowo-Gibran dilantik sebagai Presiden dan Wapres.

Seperti sudah diprediksi banyak kalangan, sebelum masuk dalam jajaran kabinet, Alumni Akabri 1989 itu merupakan salah satu tokoh yang dipanggil oleh Prabowo dan turut mengikuti pembekalan di kediaman Prabowo di Hambalang, Jawa Barat.

Sementara itu, amanah yang diberikan kepada mantan Kabareskrim itu bukan hanya sebuah kehormatan bagi Polri, namun juga kebanggaan bagi organisasi Ikatan Wartawan Online (IWO).

"Jelas menjadi sebuah kebanggaan dan kehormatan bagi kamu di IWO, karena Bapak Agus Andrianto selama ini merupakan Ketua Majelis Kehormatan IWO yang selama ini sangat peduli dengan organisasi. Bahkan beliau juga dikenal sosok yang sangat mengakomodir berbagai elemen masyarakat di tanah air," ungkap Ketua Umum IWO Teuku Yudhistira di Jakarta usai pelantikan jajaran kabinet Merah Putih, Senin (22/10/2024).

Yudhis berharap, Agus Andrianto mampu menjalankan amanah tersebut dengan baik dan mampu memperkuat jajaran kabinet atas amanah yang diberikan Presiden kepada beliau.

"Pak Agus menjabat di Kementerian baru, Presiden RI juga baru, semoga ada harapan baru juga bagi Indonesia. Kami yakin, dengan basic beliau sebagai anggota Polri dengan capaian uar biasa hingga menyandang jenderal bintang tiga, beliau mampu berbuat yang terbaik untuk Indonesia dalam memperbaiki sistem di Imigrasi dan Pemasyarakatan yang selama ini kerap mendapat sorotan negatif. Kita doakan saja dan kita lihat bagaimana gebrakan beliau nanti setelah bertugas," pungkasnya. ( Sds.red)

 Kabinet Merah Putih, Resmi Dilantik, Berikut Daftar Nama Menterinya

By On Oktober 21, 2024

sekilasdunia.com - Presiden Prabowo Subianto resmi melantik menteri, wakil menteri, dan kepala lembaga untuk berada di Kabinet Merah Putih Periode 2024-2029. Pelantikan itu berlangsung di Istana Negara, pada Senin (21/10/2024).

Total 56 orang yang dilantik pagi ini, yang terdiri dari 7 menteri koordinator, 42 menteri, 8 kepala dan wakil lembaga negara.

Mereka semua dilantik langsung oleh Prabowo Subianto sebagai Presiden RI yang didampingi oleh Wakil Presiden, Gibran Rakabuming Raka.

Berikut daftar nama menteri dan kepala lembaga yang dilantik:

Kementerian Koordinator

1. Kemenko Politik dan Keamanan: Budi Gunawan

2. Kemenko Hukum, HAM, Imigrasi, dan Pemasyarakatan: Yusril Ihza Mahendra

3. Kemenko Perekonomian: Airlangga Hartarto

4. Kemenko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan: Pratikno

5. Kemenko Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan: Agus Harimurti Yudhoyono

6. Kemenko Pemberdayaan Masyarakat: Muhaimin Iskandar

7. Kemenko Pangan: Zulkifli Hasan

Kementerian Teknis

1. Kementerian Badan Usaha Milik Negara: Erick Thohir

2. Kementerian Keuangan: Sri Mulyani Indrawati

3. Kementerian Kesehatan: Budi Gunadi Sadikin

4. Kementerian Pertanian: Andi Amran Sulaiman

5. Kementerian Agama: Nasaruddin Umar

6. Kementerian Dalam NegerI: Tito Karnavian

7. Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah: Abdul Mu’ti

8. Kementerian Pendidikan Tinggi, Sains, dan Teknologi: Satryo Soemantri Brodjonegoro

9. Kementerian Pariwisata: Widiyanti Putri Wardhana

10. Kementerian Ekonomi Kreatif: Teuku Riefky Harsya

11. Kementerian Perdagangan: Budi Santoso

12. Kementerian Perhubungan: Dudy Purwagandhi

13. Kementerian Pertahanan: Sjafrie Sjamsoeddin

14. Kementerian Investasi dan Hilirisasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal: Rosan Roeslani

15. Kementerian Hukum: Supratman Andi Agtas

16. Kementerian HAM: Natalius Pigai

17. Kementerian Lingkungan Hidup: Hanif Faisol Nurrofiq

18. Kementerian Kehutanan: Raja Juli Antoni

19. Kementerian Perlindungan Pekerja Migran: Abdul Kadir Karding

20. Kementerian Ketenagakerjaan: Prof Yassierli

21. Kementerian Perindustrian: Agus Gumiwang Kartasasmita

22. ⁠Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral: Bahlil Lahadalia

23. ⁠Kementerian Kependudukan dan Pembangunan Keluarga: Wihaji

24. ⁠Kementerian Pemuda dan Olahraga: Dito Ariotedjo

25. ⁠Kementerian Usaha Mikro Kecil dan Menengah: Maman Abdurrahman

26. ⁠Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional: Nusron Wahid

27. ⁠Kementerian Komunikasi dan Digital: Meutya Hafid

28. ⁠Kementerian Sekretariat Negara: Prasetyo Hadi

29. ⁠Kementerian Sekretariat Kabinet: Bambang Eko Suhariyanto

30. ⁠Kementerian Imigrasi dan Pemasyarakatan: Agus Andrianto

31. ⁠Kementerian Luar Negeri: Sugiono

32. ⁠Kementerian Perumahan dan Kawasan Permukiman: Maruarar Sirait

33. ⁠Kementerian Kebudayaan: Fadli Zon

34. ⁠Kementerian Transmigrasi dan Percepatan Kawasan Timur Indonesia: M Iftitah Suryanegara

35. ⁠Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal: Yandri Susanto

36. ⁠Kementerian Sosial: Saifullah Yusuf

37. ⁠Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak: Arifatul Choiri Fauzi

38. Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas: Rachmat Pambudy

39. ⁠Kementerian Pekerjaan Umum: Dody Hanggodo

40. ⁠Kementerian Kelautan dan Perikanan: Sakti Wahyu Trenggono

41. ⁠Kementerian Koperasi: Budi Arie Setiadi

42. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi: Rini Widyantini

Lembaga Negara

1. Badan Intelijen Negara: Muhammad Herindra

2. Kepolisian Negara Republik Indonesia: Listyo Sigit Prabowo

3. ⁠Tentara Nasional Indonesia: Agus Subiyanto

4. ⁠Kejaksaan Agung: Sanitiar Burhanuddin

5. Kepala Staf Kepresidenan: AM Putranto

6. Wakil Kepala Staf Kepresidenan: Muhammad Qodari

7. Kepala Kantor Komunikasi Presiden: Hasan Nasbi

8. Ketua Dewan Ekonomi Nasional: Luhut Binsar Pandjaitan

(ims)

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Resmi Dilantik Jadi Presiden dan Wakil Presiden RI

By On Oktober 21, 2024

 


sekilasdunia.com -  Pasangan Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka secara resmi mengemban tugas sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia masa jabatan 2024-2029 pada Minggu, 20 Oktober 2024. 

Keduanya dilantik dalam Sidang Paripurna Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) dalam rangka Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Masa Jabatan 2024-2029 yang diselenggarakan di Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD RI, Jakarta.

Pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dilantik berlandaskan pada Keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nomor 504 Tahun 2024 tentang Penetapan Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Terpilih dalam Pemilihan Umum Tahun 2024. 

Sidang paripurna dimulai pukul 10.00 WIB dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang dilanjutkan dengan mengheningkan cipta.

Secara resmi, sidang paripurna dalam rangka pelantikan Presiden dan Wakil Presiden dibuka oleh Ketua MPR RI Ahmad Muzani. Usai pembukaan sidang, selanjutnya, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka masing-masing mengucapkan sumpah jabatan.

“Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa,” ucap Prabowo Subianto membacakan sumpahnya.

“Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Wakil Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa,” ucap Gibran Rakabuming Raka.

Usai pengucapan sumpah, Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka kemudian menandatangani berita acara pelantikan bersama dengan seluruh pimpinan MPR RI. Selanjutnya, berita acara pelantikan tersebut diserahkan masing-masing kepada Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka oleh Ketua MPR.

Sidang paripurna ditutup dengan ucapan terima kasih Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka kepada para pemimpin dan utusan khusus negara-negara sahabat yang hadir dalam pelantikan tersebut.

“Atas nama rakyat Indonesia, saya mengucapkan terima kasih atas kehadirannya. Anda menghormati kami dengan hadir ditengah kesibukan pada momen kedaulatan konstitusional kami,” ucap Presiden Prabowo Subianto dalam pidatonya

(ims)

Adakan Makan Siang Bersama Di Istana Negara, Presiden Jokowi Pamit Kepada Kabinet Indonesia Maju

By On Oktober 19, 2024

 


sekilasdunia.com - Presiden RI Joko Widodo menggelar jamuan santap siang bersama jelang purnatugas 20 Oktober mendatang. Acara ini tidak hanya dihadiri oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin, tetapi juga oleh Presiden terpilih Prabowo Subianto, sejumlah pimpinan lembaga tinggi negara, para Menteri Kabinet Indonesia Maju, para wakil menteri, para anggota Dewan Pertimbangan Presiden, dan sejumlah kepala badan, Istana Negara Jakarta pada Jumat siang, (18/10/2024).

Dikutip dari setkab.go.id, Sabtu (19/10/2024) suasana terlihat penuh kehangatan, dengan dialog yang santai dan canda tawa mewarnai pertemuan tersebut. Acara dimulai dengan sambutan dari Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, yang memberikan pengantar dengan penuh hormat.

“Selamat datang di Istana Negara. Ini adalah acara makan siang bersama. Agenda utamanya nanti Bapak Presiden yang menyampaikan,” ujar Pratikno.

Setelah sambutan singkat tersebut, makan siang pun dimulai. Hidangan prasmanan disediakan dengan beragam menu khas Tanah Air, mulai dari soto bangkong, asinan, nasi liwet, kambing guling, pempek, hingga mie ayam.

Para menteri dan tamu undangan bebas mengambil makanan di stan yang telah disiapkan, menciptakan suasana yang akrab dan santai. Di meja utama, Presiden Jokowi duduk bersama Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Presiden terpilih Prabowo Subianto, Mensesneg Pratikno, serta Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Momen kehangatan semakin terasa ketika di tengah acara, Presiden Jokowi berpindah meja untuk menghampiri para menteri. Ia terlihat berbincang hangat dengan beberapa di antaranya, menjalin komunikasi yang akrab dan penuh canda tawa. Para menteri pun tampak menikmati momen ini, mereka santai sambil mengobrol, sesekali tertawa bersama rekan-rekan kabinet.

Di penghujung jamuan, Presiden Jokowi memberikan kata sambutan. Ia memulai dengan mengingat perjalanan 10 tahun pemerintahannya, di mana banyak momen penting dan dinamika yang telah mereka lalui bersama.

“Kita telah lalui bersama-sama, banyak tantangan-tantangan yang kita diskusikan, kita debatkan, kita ramaikan di dalam rapat-rapat kabinet, rapat terbatas, dan rapat internal,” ujar Presiden.

Presiden Jokowi juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan dan kerja keras seluruh kabinetnya selama satu dekade terakhir. Ia berharap apa yang telah dikerjakan bersama dapat bermanfaat bagi bangsa dan negara.

“Saya ingin menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan, atas support, atas kerja keras untuk negara ini. Dan saya berharap apa yang sudah kita lakukan dalam 10 tahun ini bermanfaat bagi rakyat, bermanfaat bagi negara, bermanfaat bagi bangsa kita yang kita cintai,” ungkap Presiden.

Tak lupa, Presiden Jokowi menyampaikan selamat bekerja kepada Presiden terpilih Prabowo Subianto dan kabinet barunya. Presiden Jokowi turut mengucapkan permintaan maaf kepada seluruh jajarannya jika selama masa interaksi dan kerja sama ada hal-hal yang kurang berkenan.

“Hari Minggu siang saya akan pulang ke Solo. Kalau ada yang pas ke Jogja 30 menit nanti lewat tol bisa silakan kalau ada yang ingin ke Solo. Kalau pakai jalan tol ada yang ke Surabaya lewatnya pasti harus lewat Solo, silakan juga kalau ingin mampir ke rumah. Sekali lagi mohon maaf,” ucap Presiden.

Jamuan makan siang ini bukan sekadar pertemuan formal, tetapi menjadi momen keakraban dan perpisahan hangat antara Presiden Joko Widodo dengan jajaran Kabinet Indonesia Maju.

(ims)

Polres Binjai Lakukan Razia Gabungan Tempat Hiburan Malam.

By On Oktober 17, 2024

 


sekilasdunia.com - Binjai, Setiap yang menggangu situasi Kamtibmas diwilayah hukum Polres Binjai pasti akan ditindak tegas sesuai dengan undang undang yang berlaku sehingga Polres Binjai pun tidak akan tinggal diam apabila wilayah hukum Polres Binjai menjadi tidak kondusif

Untuk itu Kapolres Binjai AKBP Bambang C Utomo menurunkan personil Polres Binjai untuk melakukan razia ditempat hiburan malam atau biasa disebut diskotik sesuai dengan surat perintah Kapolres Binjai dengan nomor Sprin /2206/ x / PAM.3.3. /2024 dengan menurunkan personil sebanyak 75 personil Polres Binjai dan dibantu oleh satpol PP Kota Binjai serta BNNK Binjai

Sebelum bergerak terlebih dahulu personil Polres Binjai menerima arahan dan juga cara bertindak dilapangan  sehingga personil yang terlibat tidak ada keraguan dalam bertugas dan personil dikumpulkan dihalaman apel Polres Binjai Jalan Sultan Hasanuddin Kecamatan Binjai Kota yang mana pada kegiatan razia diskotik tersebut dipimpin oleh Waka Polres Binjai Kompol RD Firman dan para pejabat utama Polres Binjai pada Kamis (17/10/24) dinihari.

Usai menerima arahan selanjutnya personil Polres Binjai dibawah pimpinan Waka Polres Polres Binjai bergerak menuju lokasi diskotik yang mana kegiatan tersebut menuju sasaran diskotik NBS atau BS yang beralamat di Jalan Binjai emplasemen kw mencirim Kecamatan Sei Bingai Kabupaten Langkat

Pada sasarannya kegiatan razia diskotik ini adalah adanya informasi dari masyarakat yang resah sehingga informasi tersebut sampai ke Polres Binjai untuk ditindaklanjuti yang mana sasaran razia pagi ini mengarah pada narkotika senjata tajam ataupun hal hal yang melanggar hukum karena dikhawatirkan akan menggangu situasi kamtibmas yang akan menyebabkan keresahan bagi masyarakat sehingga kegiatan razia ini dilakukan karena Polres Binjai akan tetap menjaga Kamtibmas yang aman diseluruh wilayah hukum Polres Binjai 

Dilokasi razia Kabagops Polres Binjai Kompol Polin Damanik menjelaskan maksud dan tujuan kehadiran Polres Binjai bahwa akan melakukan razia kepada para pengunjung diskotik  NBS dan Kabagops pun meminta kepada para pengunjung untuk dapat kooperatif kepada petugas yang melaksanakan tugas

Tak perlu berlama lama personil Polres Binjai dan gabungan tiba dilokasi dan bergerak cepat menuju bangunan utama diskotik dan langsung mengerahkan personil untuk mengamankan pengunjung untuk diperiksa barang bawaannya dan akan dilakukan tes urin bilamana ada dari pengunjung yang dicurigai menggunakan narkotika

Dari kegiatan razia pagi ini tidak ada yang ditemukan baik itu narkotika maupun senjata tajam yang dibawa serta pengunjung tidak ada yang dicurigai untuk dilakukan tes urin ditempat sehingga personil Polres Binjai dan gabungan kembali ke Polres Binjai untuk melakukan apel pengecekan personil.

(Sds. red 17/10/24)

 Kapuspen TNI Sebut TNI Bangun Dapur Untuk Program Makan Bergizi Gratis

By On Oktober 17, 2024

sekilasdunia.com - Kepala Pusat Penerangan TNI, Hariyanto, mengatakan tentara turut terlibat dalam membantu program makan bergizi gratis (MBG) yang diusung presiden dan wakil presiden terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Keterlibatan ini berupa pembangunan sarana dan prarasana.

“Saat ini TNI Angkatan Darat sudah menyiapkan lahan untuk 514 lokasi pembuatan dapur MBG, dan yang sudah terbangun sebanyak 84 lokasi,” kata Hariyanto ketika dihubungi pada Selasa, (15/10/2024).

Hariyanto juga mengatakan saat ini sedang dibangun 100 dapur MBG lainnya sampai akhir Desember. 

“Direncanakan pada tanggal 2 Januari 2025 akan launching 100 lokasi makan bergizi gratis,” jelasnya. Namun, ia tidak merinci di mana saja dapur makan gratis itu dibangun.

Makan bergizi gratis merupakan salah satu janji kampanye Prabowo dan Gibran yang rencananya mulai diselenggarakan pada 2025. Pemerintah sendiri sudah mengalokasikan Rp 71 triliun dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara untuk pelaksanaan program tersebut. (ims)

Masa Tugas Heru Budi Berakhir, Presiden RI Joko Widodo Angkat Teguh Setyabudi Sebagai Pj.Gubernur Jakarta

By On Oktober 17, 2024

 


sekilasdunia.com – Presiden RI Joko Widodo menandatangani keputusan presiden (keppres) terkait pemberhentian Heru Budi Hartono sebagai Pj Gubernur Jakarta pada hari ini 16 Oktober 2024. Jokowi juga sekaligus mengangkat Teguh Setyabudi untuk mengisi posisi Pj Gubernur Jakarta.

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana mengatakan keputusan tersebut tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) No. 125P, tertanggal 16 Oktober 2024, tentang Pemberhentian dan Pengangkatan PJ Gubernur DKI Jakarta.

"Presiden Jokowi telah menandatangani Keppres No 125P, tertanggal 16 Oktober 2024, tentang Pemberhentian dan Pengangkatan PJ Gubernur DKI Jakarta," kata Ari dalam pesan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis (16/10/2024).

Dalam keppres itu, Jokowi juga mengangkat Teguh Setyabudi sebagai pengganti Heru Budi. Teguh resmi menjadi Pj Gubernur Jakarta.

"Pada keppres tersebut, Presiden memberhentikan dengan hormat Bapak Heru Budi Hartono sebagai Pj Gubernur DKI Jakarta dan mengangkat Bapak Teguh Setyabudi sebagai Pj Gubernur DKI Jakarta," ujarnya.

Seperti diketahui, Heru Budi yang juga menjabat sebagai Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) ditunjuk Presiden Joko Widodo sebagai Pj Gubernur DKI Jakarta sejak 17 Oktober 2022.

Heru menggantikan tugas Anies Baswedan yang masa jabatannya berakhir pada 16 Oktober 2022. Setelah melalui evaluasi, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) kembali memperpanjang masa jabatan Heru Budi hingga Oktober 2024.

(ims)

Presiden RI Joko Widodo Resmikan Pusat Riset Genomik Pertanian di Sumatra Utara

By On Oktober 17, 2024

 


sekilasdunia.com – Presiden RI Joko Widodo meresmikan Pusat Riset Genomik Pertanian di Kabupaten Humbang Hasundutan, Provinsi Sumatra Utara, pada Rabu (16/10/2024) sore. Dalam sambutannya, Presiden menekankan pentingnya peningkatan produksi pangan di tengah tantangan perubahan iklim yang semakin nyata.

Dikutip dari setkab.go.id, Kamis (16/10/2024) Presiden mengatakan, perubahan iklim sekarang ini semakin nyata dirasakan dan dampaknya tidak hanya berkaitan dengan udara panas, tetapi juga produksi pangan dunia menjadi turun.

“Panasnya berapa bulan, hujannya berapa bulan, sulit sekarang ini diprediksi dan dihitung sehingga menyebabkan produksi pangan di semua negara, hampir di semua negara turun. Dan ketakutan dunia adalah nantinya terjadi krisis pangan,” kata Presiden dalam sambutannya.

Ia mencatat bahwa Indonesia masih tertinggal dalam riset pertanian dibandingkan dengan negara lain. Misalnya, sambungnya, produksi kopi per hektare di Indonesia hanya mencapai 2 hingga 2,3 ton, jauh di bawah negara lain yang mencapai 8 hingga 9 ton per hektare.

“Artinya, bibit benih unggul yang kita miliki kalah dengan mereka. Padi juga sama, kita masih per hektarenya 5,2 ton, negara lain sudah sampai di atas 7 [ton per hektare]. Artinya, riset di sini kita juga masih kalah dengan negara-negara lain,” imbuhnya.

Oleh sebab itu, Presiden mengapresiasi pembukaan Pusat Riset Genomik Pertanian sebagai langkah penting untuk meningkatkan produktivitas hasil pertanian di Indonesia. Ia mengharapkan produktivitas tanaman, baik itu kemenyan, kopi, padi, kentang, bawang merah, hingga bawang putih per hektarenya dapat meningkat dengan keberadaan pusat riset ini.

Ia juga mendorong kerja sama dengan negara lain untuk mendapatkan benih unggul dan meningkatkan hasil pertanian di Indonesia.

“Dan dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa, pada sore hari ini saya resmikan Pusat Riset Genomik Pertanian di Kabupaten Humbang Hasundutan, Provinsi Sumatra Utara,” pungkasnya.

Turut mendampingi Presiden dalam peresmian ini, di antaranya Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.


(ims)

Bank Indonesia Tegaskan Pedagang Wajib Terima Uang Tunai

By On Oktober 17, 2024

 


sekilasdunia.com - Bank Indonesia (BI) menegaskan bahwa semua pedagang wajib menerima pembayaran dalam bentuk uang tunai. 

Hal ini disampaikan oleh Deputi Gubernur BI, Doni Primanto Joewono, menyusul fenomena sejumlah pedagang yang hanya menerima pembayaran non-tunai. Doni menjelaskan, kewajiban ini diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang. 

Dalam Pasal 23 UU tersebut, ditegaskan bahwa setiap orang dilarang menolak penerimaan rupiah yang dimaksudkan sebagai pembayaran atau untuk menyelesaikan kewajiban transaksi di wilayah Indonesia.

"Setiap orang dilarang menolak untuk menerima rupiah sebagai pembayaran di wilayah NKRI, itu poinnya," ujarnya dalam konferensi pers Rapat Dewan Gubernur BI di Kompleks BI, Jakarta, Rabu (16/10/2024).

Meskipun BI mendorong digitalisasi sistem pembayaran di Indonesia, melalui pengembangan berbagai layanan digital seperti QRIS, Doni menegaskan pentingnya penerimaan uang tunai. Transaksi menggunakan QRIS semakin diminati masyarakat, tecermin dari lonjakan 209,61 persen secara tahunan (year on year/yoy) menjadi 4,08 miliar hingga triwulan III-2024. 

Dalam mendukung transaksi fisik, Doni memastikan bahwa BI masih mencetak uang kartal dengan kualitas yang terjaga. 

"Kita pun tetap mencetak uang kartal yang berkualitas, itu masih tumbuh 6-7 persen," ungkapnya. 

Keluhan masyarakat terkait penolakan pembayaran menggunakan uang fisik di sejumlah toko terus bermunculan. Dengan semakin masifnya adopsi sistem pembayaran digital, beberapa pedagang memilih untuk hanya menyediakan opsi pembayaran non-tunai, seperti kartu debit, kartu kredit, dan QRIS.


(ims)

Rapat Paripurna DPR - RI Sahkan Herindra Menjadi Kepala BIN

By On Oktober 17, 2024

 


sekilasdunia.com - Rapat paripurna DPR secara resmi mengesahkan nama Muhammad Herindra sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) penggannti Budi Gunawan.

Paripurna dipimpin Ketua DPR Puan Maharani didampingi Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad, Adies Kadir, Saan Mustopa, dan Cucun Ahmad Syamsurizal.

"Apakah laporan Tim DPR yang memutuskan bahwa saudara Muhammad Herindra layak sebagai Kepala BIN menggantikan Budi Gunawan dapat disetujui?" kata Puan.

"Setuju," ujar anggota dewan yang hadir. Rapat paripurna hari ini dihadiri 387 dari 580 anggota DPR.

Sehari sebelumnya, pada Rabu (16/10), Herindra telah mengikuti uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) di DPR. Herindra pun dinyatakan memenuhi syarat dan kualifikasi untuk menjadi Kepala BIN.

Selanjutnya, DPR akan mengirim surat resmi kepada presiden untuk melantik Herindra. Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco menyebut Herindra kemungkinan dilantik bersamaan dengan pelantikan menteri kabinet Prabowo Subianto pada 21 Oktober 2024.

Herindra merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1987. Ia pensiun dari TNI dengan pangkat Letnan Jenderal dengan jabatan terakhir sebagai Kasum TNI.

Sementara itu, Budi Gunawan disebut-sebut akan mendapat posisi baru di kabinet Prabowo. Budi Gunawan hadir pada pembekalan calon menteri dan kepala badan di kediaman Prabowo di Hambalang, Bogor, Jawa Barat.


(ims)

 Prabowo Akan Berikan Pembekalan Calon Menteri Di Hambalang Bogor

By On Oktober 16, 2024

sekilasdunia.com - Presiden terpilih Prabowo Subianto disebut akan memberikan pembekalan terkait dengan pemerintahan yang bersih sampai dengan situasi politik global kepada para calon menterinya. Pembekalan ini rencananya dilangsungkan di kediaman Prabowo di Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Rabu (16/10/2024). 

“Terkait dengan pemerintahan yang bersih dan antikorupsi, geopolitik, geostrategis, serta strategi pertumbuhan ekonomi,” kata Juru Bicara Prabowo Subianto, Dahnil Azhar Simanjuntak, saat dikonfirmasi soal materi pembekalan.

Sebanyak 59 orang tercatat hadir di acara pembekalan tersebut. Komandan Detasemen Pengawalan Khusus Menteri Pertahanan Letkol G. Borlak belum bisa memastikan apakah itu calon menteri dan wakil menteri yang hadir.

Pembelakan selama dua hari ini turut dihadiri Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka. Putra sulung Presiden RI Joko Widodo itu tiba pukul 07.24 WIB di Hambalang. Eks Wali Kota Solo ini datang dengan menumpangi mobil Toyota Land Cruiser putih berpelat AD 1523 HU.

Pantauan di lokasi, sejumlah tokoh yang terlihat berdatangan di antaranya Yusril Ihza Mahendra, Nusron Wahid, Budi Santoso, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Kemudian, Raja Juli Antoni, Yandri Susanto, Nazaruddin Umar, Airlangga Hartart, Natalius Pigai, Saifullah Yusuf dan Sri Mulyani. Lalu, Budi Arie Setiadi, Meutia Hafid, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Tito Karnavian juga tiba bergantian di Hambalang. Presiden terpilih Prabowo Subianto bakal memberikan pembekalan pada calon menteri kabinet Prabowo-Gibran di Hambalang, Bogor, hari ini mulai pukul 08.00 WIB.

Prabowo sendiri telah memanggil para calon menteri dan wakil menteri ke kediamannya di Jalan Kertanegara selama dua hari terakhir. Pada Senin (14/10/2024) kemarin, ada 49 orang calon menteri yang dipanggil, sedangkan hari ini ada 58 orang calon wakil menteri dan kepala badan yang menghadap Prabowo.


(ims)

Golkar Dan  Gerindra  Paling Banyak Calon Menteri Dan Wamen Di Kabinet Prabowo

By On Oktober 16, 2024

 


sekilasdunia.com - Selama dua hari Presiden RI terpilih periode 2024-2029, Prabowo Subianto memanggil para calon menteri dan calon wakil menteri atau kepala badan, yakni 14-15 Oktober 2024. Total, ada 49 orang calon menteri dipanggil menghadap Prabowo di kediamannya, di Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan pada Senin (14/10/2024). 

Kemudian, total ada 59 orang calon wakil menteri dan kepala badan yang dipanggil oleh Prabowo pada Selasa (15/10/2024). Dari proses yang berlangsung selama dua hari tersebut, Partai Gerindra dan Golkar menjadi partai politik (parpol) dengan kandidat calon menteri dan wakil menteri terbanyak.

Partai Gerindra memiliki enam calon menteri yang dipanggil pada 14 Oktober 2014. Sedangkan Golkar menjadi parpol terbanyak yang memiliki calon menteri, yakni sebanyak delapan orang.

Namun, calon wakil menteri (wamen) atau kepala badan dari Gerindra jauh lebih banyak daripada Golkar. Partai Besutan Prabowo tersebut memiliki delapan calon wamen. Sedangkan Golkar hanya tiga. Apabila dijumlahkan, ada 14 kader Partai Gerindra dan 11 kader Partai Golkar yang bakal masuk dalam kabinet yang dibentuk Prabowo. 

Sementara itu, partai pendukung pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 lainnya tercatat memiliki jatah kandidat yang lebih sedikit dari Gerindra dan Golkar. Sebut saja Partai Demokrat yang memiliki tiga calon menteri dan satu calon wamen. Lalu, Partai Amanat Nasional (PAN) yang tercatat ada dua calon menteri dan dua calon wamen.

Kemudian, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang mendapat jatah satu calon menteri dan dua calon wamen. Lalu, Partai Gelora dengan dua calon wamen; Prima satu calon wamen; dan Partai Garuda satu calon wamen. Diketahui, Partai Gerindra, Golkar, Demokrat, PAN, PSI, Garuda, Prima, dan Gelora tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang sejak awal mengusung Prabowo-Gibran.

Namun, tak hanya parpol yang sejak awal berkeringat memenangkan Prabowo-Gibran pada Pilpres 2024, parpol yang baru bergabung setelah penetapan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI juga diakomodasi oleh Prabowo dalam susunan kabinetnya.

Tercatat ada dua kader Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang turut dipanggil sebagai calon menteri dan satu calon wamen. Kemudian, ada satu dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang dipanggil sebagai calon wamen atau kepala badan. Lalu, satu calon wamen yang berasal dari Partai Keadilan dan Persatuan (PKP). Sementara itu, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang tidak nampak mengirimkan kadernya sebagai calon menteri atau calon wakil menteri rupanya mengusulkan Guru Besar ITB Yassierli menjadi calon menteri Prabowo.


(ims)

Hakim Agung Sunarto Terpilih Jadi Ketua MA 2024-2029

By On Oktober 16, 2024

 


sekilasdunia.com - Mahkamah Agung (MA) telah selesai menggelar pemilihan Ketua MA baru pengganti Muhammad Syarifuddin yang akan purnabakti pada 1 November 2024 mendatang.

Dalam pemilihan yang berlangsung di Ruang Sidang Kusumaatmadja, Gedung MA, Jakarta Pusat, pada Rabu (16/10/2024) ini, Hakim Agung Sunarto terpilih sebagai Ketua MA baru.

Sunarto merupakan Wakil Ketua MA bidang Yudisial. Ia resmi mengemban jabatan itu sejak dilantik Presiden Jokowi pada 3 April 2023 lalu.

Dalam pemilihan tersebut, ada 4 Hakim Agung yang mencalonkan diri sebagai Ketua MA. Mereka adalah Haswandi, Soesilo, Sunarto, dan Yulius.

Dari perolehan suara, Sunarto unggul telak dengan meraup total 30 suara. Urutan kedua diduduki oleh Yulius dengan total 7 suara. Kemudian, disusul oleh Haswandi dengan meraih 4 suara. Terakhir, yakni Soesilo dengan perolehan 1 suara.

Total suara sah yakni sebanyak 42 suara. Suara tidak sah yaitu 2 suara. Sementara, terdapat 1 suara yang abstain.

Dengan perolehan tersebut, Sunarto telah memenuhi ketentuan minimal 50%+1 suara untuk langsung terpilih sebagai Ketua MA dalam satu putaran.

Ia terpilih secara voting dari para Hakim Agung yang memiliki hak suara. Total, ada 44 Hakim Agung yang menggunakan hak suaranya dalam pemilihan ini dari total 45 Hakim Agung yang hadir.

"Berdasarkan berita acara hasil perhitungan kartu suara ternyata Yang Mulia Prof. Dr. H. Sunarto, S.H., M.H., telah mendapatkan suara sjeumlah 30 suara. Lebih dari 50% suara yang sah," kata Ketua MA Syarifuddin.

"Dengan demikian Yang Mulia Sunarto ditetapkan sebagai Ketua MA terpilih 2024-2029," sambungnya.

Dalam pemilihan itu, Syarifuddin tidak menggunakan hak pilihnya. Menurutnya, siapa pun calon yang terpilih sebagai Ketua MA itulah merupakan pilihannya.

Adapun Sunarto selaku Ketua MA yang terpilih nantinya akan mengucapkan sumpah jabatan di depan Presiden.

Dalam membuka sidang pemilihan, Syarifuddin menyebut bahwa pemilihan yang digelar ini bukan hanya sekadar menjadi tradisi di lingkungan MA. Namun, juga menjadi simbol demokrasi dalam setiap pergantian Ketua dan Wakil Ketua MA.

Dalam sidang pemilihan ini, total ada 45 Hakim Agung yang hadir. Ketua panitia pemilihan ini adalah Sugiyanto (Sekretaris MA), Heru Pramono (Panitera MA), dan Sahludin (Kepala Biro Kepegawaian Badan Urusan Administrasi MA).

Syarifuddin akan berusia 70 tahun pada 17 Oktober 2024. Sudah sesuai umur pensiun Hakim Agung. Namun, ia tercatat akan mengakhiri masa jabatannya pada 1 November 2024.

(ims)

 Presiden RI Joko Widodo Resmikan Bendungan Lausimeme Deli Serdang Berbiaya Rp.1,76 T

By On Oktober 16, 2024

sekilasdunia.com – Presiden RI Joko Widodo meresmikan Bendungan Lausimeme yang terletak di Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara, pada Rabu, (16/10/2024). Bendungan ini menjadi bendungan ke-47 yang diresmikan oleh Presiden Jokowi selama sepuluh tahun masa pemerintahannya.

“Bendungan Lausimeme ini adalah bendungan yang ke-47 yang saya resmikan selama 10 tahun ini,” ujar Presiden.

Kehadiran bendungan diharapkan dapat memberikan manfaat sebagai sumber pembangkit listrik (PLTA Minihidro) sebesar 2,80 megawatt dan mendukung sektor pariwisata di Provinsi Sumatera Utara. 

Adapun pembangunan bendungan ini dimulai sejak 2018 dan menghabiskan anggaran Rp1,76 triliun tersebut. Presiden menyebut bahwa Bendungan Lausimeme memiliki sejumlah manfaat yang signifikan bagi masyarakat.

“Bendungan ini akan bisa mengurangi, bisa mereduksi banjir di Kota Medan, di Kabupaten Deli Serdang, dan juga bisa menyediakan air baku untuk Medan dan Deli Serdang selain juga tentu saja untuk mengairi persawahan yang ada di sekitar waduk,” ungkap Presiden.

Bendungan dengan luas genangan mencapai 125 hektare tersebut memiliki kapasitas tampung 21 juta meter kubik. Presiden Jokowi pun berharap dengan beroperasinya Bendungan Lausimeme, manfaatnya akan segera dirasakan oleh masyarakat Sumatra Utara secara luas.

Kehadiran Bendungan Lausimeme merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam membangun infrastruktur pengairan di berbagai daerah di Indonesia. Melalui peresmian ini, pemerintah terus menegaskan komitmennya untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan.

Turut hadir mendampingi Presiden Jokowi dalam peresmian tersebut adalah Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Pj Gubernur Sumatra Utara Agus Fatoni, Pj Bupati Deli Serdang Wiriya Alrahman, Dirjen SDA Kementerian PUPR Bob Arthur Lombogya, Direktur Utama PT Wijaya Karya Agung Budi Wakito, dan Direktur Operasional PT PP Yul Ari Pramuraharjo.

(ims)

Calon Anggota Kabinet yang Dipanggil Prabowo, Ini Daftar Lengkapnya

By On Oktober 16, 2024

 


sekilasdunia.com - Presiden Terpilih Prabowo Subianto telah memanggil beberapa tokoh ke kediamannya di Jalan Kertanegara 4, Jakarta Selatan pada Senin (14/10/2024) dan Selasa (15/10/2024). Mereka adalah para calon menteri, wakil menteri dan kepala badan.

Setelah ini, Presiden terpilih Prabowo Subianto dijadwalkan menggelar pembekelan kepada para calon menteri dan wakil menteri yang akan mengisi kabinet di kediamannya di Hambalang, Jawa Barat, Rabu (16/10/2024).

Berikut daftar lengkapnya: 

Daftar Calon Menteri yang Dipanggil pada Senin (14/10/2024)

1. Prasetyo Hadi: Ketua DPP Partai Gerindra

2. Sugiono: Wakil Ketua Umum Partai Gerindra

3. Widiyanti Putri Wardhana: Pengusaha

4. Natalius Pigai: Pegiat HAM

5. Yandri Susanto: Wakil Ketua Umum PAN

6. Fadli Zon: Wakil Ketua Umum Partai Gerindra

7. Nusron Wahid: Politikus Golkar

8. Saifullah Yusuf: Menteri Sosial Sekjen PBNU

9. Maruarar Sirait: Politikus Partai Gerindra

10. Abdul Kadir Karding: Politikus PKB

11. Wihaji: Wakil Ketua Umum Golkar

12. Teuku Riefky Harsya: Sekjen Partai Demokrat

13. Agus Harimurti Yudhoyono: Ketum Partai Demokrat, Menteri ATR/BPN

14. Arifatul Choiri Fauzi: Muslimat NU

15. Tito Karnavian: Menteri Dalam Negeri

16. Zulkifli Hasan: Ketua Umum PAN, Menteri Perdagangan

17. Satryo Soemantri Brodjonegoro: Akademisi

18. Yassierli: Akademisi

19. Yusril Ihza Mahendra: Pakar Hukum Tata Negara, eks Ketum PBB

20. Bahlil Lahadalia: Ketua Umum Partai Golkar, Menteri ESDM

21. Abdul Mu'ti: Sekretaris Umum PP Muhammadiyah

22. Muhaimin Iskandar: Ketua Umum PKB

23. Agus Andrianto: Wakapolri

24. Raja Juli Antoni: Wamen ATR/BPN

25. Agus Gumiwang: Menteri Perindustrian

26. Pratikno: Mensesneg

27. Ribka Haluk: Pj Gubernur Papua Tengah

28. Iftitah Sulaiman: politikus Partai Demokrat

29. Maman Abdurrahman: politikus Golkar

30. Prof Rachmat Pambudy

31. ⁠Budi Santoso: Sekjen Kemendag

32. Raden Dodi Priyono: Kepala Bagian Administrasi Penganggaran, Biro Perencanaan Anggaran dan Kerja Sama Luar Negeri Sekjen PUPR

33. Dudy Purwagandhi

34. Sakti Wahyu Trenggono: Menteri Kelautan dan Perikanan

35. Hanif Faisol Nurofiq

36. Sultan Bachtiar Najamudin: Ketua DPD

37. KH Nasaruddin Umar: Imam Besar Masjid Istiqlal

38. Amran Sulaiman: Menteri Pertanian

39. Erick Thohir: Menteri BUMN

40. Dito Ariotedjo: Menpora, Partai Golkar

41. Budi Gunadi Sadikin: Menteri Kesehatan

42. Airlangga Hartarto: Menko Perekonomian, eks Ketum Partai Golkar

43. Sri Mulyani: Menteri Keuangan

44. Veronica Tan

45. Supratman Andi Agtas: Menkumham, Gerindra

46. Donny Ermawan: Sekjen Kemhan

47. Rosan Roeslani: Menteri Investasi

48. Muhammad Herindra: Wamenhan

49. Meutya Hafid: Anggota DPR, Golkar

Daftar Calon Wakil Menteri yang Dipanggil Selasa (15/10/2024)

1. Anis Matta: Ketum Partai Gelora

2. Viva Yoga: Politikus PAN

3. Bima Arya Sugiarto: Politikus PAN

4. Christina Aryani: Politikus Golkar

5. Arrmanatha Christiawan Nasir

6. Budiman Sudjatmiko

7. Kartika Wirjoatmodjo: Wakil Menteri BUMN

8. Immanuel Ebenezer: Jokowi Mania

9. Fahri Hamzah: Waketum Partai Gelora

10. Angga Raka Prabowo: Wamen Kominfo

11. Dony Oskaria: Direktur Utama Aviasi Pariwisata Indonesia

12. Yuliot Tanjung: Wamen Investasi

13. Dzulfikar Ahmadi Tawalla: Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah

14. Diana Kusumastuti: Dirjen Cipta Karya KemenPUPR

15. Isyana Bagoes Oka: Anggota Dewan Pembina PSI

16. Todotua Pasaribu: Wakil Ketua TKN Prabowo-Gibran/CEO Bomba Group

17. Giring Ganesha: Anggota Dewan Pembina PSI

18. Nezar Patria: Wamen Kominfo

19. Juri Ardiantoro: Timses Prabowo-Gibran

20. Muhammad Syafi'i: politikus Gerindra

21. Otto Hasibuan: pengacara

22. Diaz Hendropriyono

23. Ferry Juliantono: Waketum Gerindra

24. Agus Jabo Priyono: Ketum Partai Prima

25. Silmy Karim: Dirjen Imigrasi Kemenkumham

26. Taufik Hidayat: Atlet/Pebulu Tangkis

27. Aminuddin Ma'ruf

28. Budi Arie: Menkominfo

29. Stella Christi: Akademisi, Guru Besar Tsinghua University

30. ⁠Ossy Dermawan: Politikus Partai Demokrat

31. Helfi Yuni Moraza: Komisaris LEN

32. ⁠Purwadi Arianto: Purnawirawan Polri

33. Afriansyah Noor: Wamenaker

34. ⁠Atip Latiful Hayat

35. ⁠Dahnil Azhar Simanjutak: Jubir Menhan

36. Faisol Riza: politikus PKB

37. Ahmad Riza Patria: politikus Gerindra

38. Didit Ashaf: eks Kasum TNI

39. Eddy Hiariej (eks Wamenkumham)

40. Dudung Abdurachman: eks KSAD

41. Mugiyanto: Tenaga Ahli KSP

42. Lodewijk Freidrich Paulus: eks Sekjen Golkar

43. Raffi Ahmad: Selebritas

44. Gus Miftah: Penceramah

45. Ahmad Rida Sabana: Ketum Partai Garuda

46. Mardiono: Plt Ketum PPP

47. Suntana: Eks Kabaintelkam Polri

48. Haikal Hasan

49. Thomas Djiwandono: Wamen Keuangan

50. Suahaisil Nazara: Wamen Keuangan

51. Yovie Widianto: musisi

52. Dyah Roro Esti: Golkar

53. Anggito Abimanyu

54. Hasan Nasbi: Presidential Communication Office (PCO)

55. Gus Irfan Yusuf: Gerindra

56. Fauzan: Eks Rektor UMM

57. Edward Omar Sharif Hiariej: Eks Wamenkumham

58. Sulaiman Umar: TKD Prabowo Gibran Kalsel

59. Bambang Eko Suhariyanto: Staf Ahli Menhan

60. Fajar Riza Ul Haq: Muhammadiyah

(ims)

 Kualifikasi Piala Dunia 2026 Grup C, Indonesia vs Cina, Garuda Takluk 1 – 2

By On Oktober 16, 2024

sekilasdunia.com - Timnas Indonesia tumbang dari Timnas China di Kualifikasi Piala Dunia 2026. Garuda kalah dengan skor akhir 1-2.

Di Qingdao Youth Football Stadium, Qingdao, Selasa (15/10/2024), Indonesia tertinggal di babak pertama dengan skor 0-2. China mencetak gol via Behram Abduwelli (menit ke-23) dan Yuning Zhang (menit ke-44).

Pada babak kedua, Indonesia bisa mencetak gol balasan. Thom Haye mencetak gol pada menit ke-86.

Dengan hasil ini, Indonesia masih tertahan di posisi kelima klasemen Kualifikasi Piala Dunia 2026 ronde ketiga Grup F dengan torehan tiga poin. China masih ada di posisi terbawah juga dengan raihan poin yang sama, Indonesia unggul selisih gol.

Adapun jalannya pertandingan, Indonesia mendominasi jalannya babak pertama. Situs Lapangbola mencatat tim asuhan Shin Tae-yong menguasai bola 83 persen.

Tapi, Indonesia malah kecolongan pada menit ke-23. Kesalahan koordinasi lini belakang membuat Shenlong Jiang bisa mengirim umpan untuk Behram Abduwelli menjaringkan bola.

China bisa menggandakan keunggulan pada menit ke-44. Kali ini giliran Yuning Zhang yang mencatatkan nama di papan skor meneruskan umpan Zhunyi Gao.

Indonesia mencatatkan sebanyak lima tembakan di babak pertama, ada empat yang on target. China mencatatkan empat tembakan, tiga mencapai bidang.

Babak kedua berjalan, Indonesia melakukan pergantian pemain. Mees Hilgers, Witan Sulaeman, dan Shayne Pattynama keluar, masuk Thom Haye, Marselino Ferdinan, dan Rizky Ridho.

Indonesia masih kesusahan untuk menciptakan peluang berbahaya saat babak kedua berjalan 14 menit. China menumpuk banyak pemain di lini belakang.

Usaha Rizky Ridho mengancam gawang China berbuah percuma. Umpan Nathan Tjoe-a-on pada menit ke-68 masih dikirim pemain nomor 5 itu melesat.

Asnawi Mangkualam melakukan percobaan pada menit ke-77. Tembakan kapten Indonesia itu masih lemah mengarah ke gawang.

Upaya Nathan dari sudut sempit juga masih melebar pada menit ke-81. Di tengah kotak penalti ada beberapa pemain Indonesia yang sudah menunggu.

Indonesia akhirnya bisa mencetak gol pada menit ke-86. Berawal dari lemparan ke Pratama Arhan, Thom Haye sukses menjaringkan bola.

Tendangan voli Haye dua menit berselang juga belum membuahkan hasil. Bolanya masih melesat jauh. Laga memasuki injury time, wasit memberi waktu sembilan menit. Hingga laga selesai tak ada gol tambahan, Indonesia kalah 1-2.

Susunan pemain

China: Wang Dalei; Jiang Guangtai, Gao Zhunyi, Jiang Shenglong, Li Lei; Wang Shangyuan, Li Yuanyi (Wang Haijian 61), Wei Shihao, Xie Wenneng (Lin Liangming 85), Behram Abduwelli (Alan 85), Zhang Yuning.

Indonesia: Maarten Paes; Asnawi Mangkualam (Pratama Arhan 85), Jay Idzes, Mees Hilgers (Thom Haye 46), Calvin Verdonk; Shayne Pattinama (Rizky Ridho 46), Nathan Tjoe-A-On, Ivar Jenner (Malik Risaldi 85); Witan Sulaeman (Marselino Ferdinan 46), Rafael Struick, Ragnar Oratmangoen.


(ims)

 PLN UIP KLT Dorong Pembangunan Infrastruktur Ketenagalistrikan untuk Dukung Peningkatan Ekonomi

By On Oktober 16, 2024


sekilasdunia, Balikpapan - PLN Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Timur (UIP KLT) berkomitmen untuk terus mempercepat pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan di Provinsi Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Selatan. Hal ini sejalan dengan visi nasional yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo dan Direktur Utama PT PLN (Persero), Darmawan Prasodjo dalam kegiatan Kompas 100 CEO Forum pada Jum’at (11/10) lalu, yaitu mengedepankan pemerataan infrastruktur sebagai fondasi utama pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Dalam beberapa tahun terakhir, PLN UIP KLT telah membangun jaringan transmisi dan gardu induk baru di 3 Provinsi di Pulau Kalimantan guna meningkatkan keandalan pasokan listrik di tengah peningkatan aktivitas ekonomi, termasuk di kawasan industri dan pemukiman baru.

General Manager PLN UIP KLT Raja Muda Siregar menyampaikan bahwa pihaknya telah berhasil menyelesaikan beberapa pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan selama beberapa tahun terakhir, seperti SUTT 150kV GI Tempadung – GI KTT PT MMP yaitu transmisi yang akan mensuplai kebutuhan operasional konsumen tegangan tinggi PT MMP (perusahaan smelter di Kaltim), kemudian 4 pembangunan infrastruktur penting penopang kebutuhan di IKN, GI 150kV Tarjun & SUTT 150kV Single Phi Incomer.

”Selanjutnya kami akan menyelesaikan beberapa Proyek Strategis Nasional dalam rangka penyambungan interkoneksi Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara serta perkuatan dengan skema looping jaringan di Kalimantan Timur hingga Kalimantan Selatan, seluruhnya bertujuan untuk meningkatkan keandalan sistem kelistrikan dan memberikan jaminan pemerataan konsumsi listrik kepada seluruh masyarakat di Kalimantan Timur, Kalimantan Utara dan Kalimantan Selatan,” ucapnya.

Raja menambahkan selain pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan untuk meningkatkan keandalan, pihaknya juga tengah menyelesaikan pembangunan untuk mengakomodir kebutuhan listrik di beberapa perusahaan dalam rangka mendukung operasional bisnisnya. Dimana dengan sistem kelistrikan yang andal dan prima akan menjadi landasan penting untuk mewujudkan mimpi Indonesia menjadi negara maju, sehingga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi bagi sektor industri dan masyarakat.

Sebagai Unit Induk yang melakukan pembangunan listrik di Kalimantan Timur, Utara dan Selatan, UIP KLT memegang peran strategis dalam memastikan kesiapan pasokan listrik untuk mendukung pembangunan daerah khususnya dengan adanya IKN. Dalam beberapa tahun ke depan, pasokan listrik andal menjadi salah satu kunci keberhasilan pengembangan kota yang akan menjadi pusat pemerintahan dan ekonomi baru Indonesia.

”Dengan pembangunan infrastruktur listrik yang terus dipacu, PLN UIP KLT yakin bahwa peningkatan ekonomi di Kalimantan akan bertumbuh kian pesat. PLN secara korporasi tidak hanya fokus pada proyek jangka pendek, tetapi juga merancang infrastruktur yang dapat menopang kebutuhan energi untuk puluhan tahun ke depan, tentunya dengan mengedepankan penggunaan energi bersih. Hal tersebut akan berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi 8% yang telah dicanangkan oleh Presiden terpilih, Prabowo Subianto,” tambah Raja.

PLN UIP KLT memastikan bahwa seluruh proyek strategis di Kalimantan akan terus dikerjakan sesuai jadwal, dengan fokus pada percepatan pembangunan jaringan transmisi dan gardu induk, serta peningkatan kapasitas pembangkit. Semua ini dilakukan demi mewujudkan visi besar untuk menciptakan Kalimantan yang lebih maju dan mandiri dari sisi energi.(Sds)

 Joko Widodo-Prabowo Hadiri Apel Kesiapan Pelantikan Presiden di Mako Brimob Depok

By On Oktober 15, 2024

sekilasdunia.com – Presiden RI Joko Widodo dan Presiden terpilih Prabowo Subianto menghadiri acara Apel Kesiapan Pengamanan Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok (14/10/2024).

Pantauan di lokasi, Jokowi-Prabowo tiba sekitar pukul 08.30 WIB. Jokowi mengenakan setelan jas dan baret korps Brimob berwarna biru. Kedatangan Jokowi-Prabowo disambut Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto.

Setelah disambut, Jokowi-Prabowo naik ke atas mobil Maung dan berjalan dari depan Mako Brimob menuju lokasi apel dengan diiringi marching band dari Polri.

Dalam acara tersebut turut hadir, Mensesneg Pratikno, Menkopolhukam Hadi Tjahjanto, dan Mendagri Tito Karnavian.

Dalam apel ini, Jokowi diagendakan juga akan memberikan tanda kehormatan Nugraha Sakanti kepada 7 satuan kerja Polri dalam apel tersebut.

"Dalam apel gelar pasukan pengamanan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih nanti, Pak Presiden akan memberikan tanda kehormatan kepada 7 satker Polri," kata Karo Penmas Polri Brigjen Trunoyudo Wisnu.

Ketujuh satuan kerja tersebut adalah Bareskrim Polri, Baharkam Polri, Korbrimob Polri, Divisi Hubungan Internasional Polri, Korlantas Polri, Densus 88 Antiteror Polri, dan Pusdokkes Polri.

Nugraha Sakanti merupakan tanda kehormatan yang diberikan pada kesatuan polri, yang dinilai telah berjasa di bidang kepolisian serta bermanfaat bagi bangsa dan negara.

Tak cuma memberikan tanda kehormatan, Jokowi juga menerima anugerah medali kehormatan, keamanan dan keselamatan publik 'Loka Praja Samrakshana'. Medali ini akan langsung diberikan oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

(ims)

 Presiden RI Joko Widodo Terima Medali Loka Praja Samrakshana

By On Oktober 15, 2024

sekilasdunia.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi dianugerahi medali kehormatan keamanan dan keselamatan publik "Loka Praja Samrakshana" dan gelar warga kehormatan Brimob di Markas Komando Korps Brigade Mobil (Mako Brimob), Kelapa Dua, Depok, Senin (14/10/2024).

Adapun medali ini merupakan bentuk apresiasi Kepolisian RI kepada Jokowi yang dinilai berperan besar dalam pengembangan organisasi Korps Bhayangkara. Adapun medali langsung diberikan oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di sela-sela apel kesiapan pengamanan. 

"Di mana ini adalah bentuk penghormatan institusi terkait dengan sumbangsih beliau yang luar biasa terhadap institusi Polri. Sehingga kami bisa lebih optimal dalam melaksanakan tugas pokok kami, melindungi, mengayomi, melayani masyarakat, dan melakukan penegakan hukum," tutur Listyo di Mako Brimob, Kelapa Dua Depok, Jawa Barat, Senin (14/10/2024).

Medali kehormatan tersebut diberikan berdasarkan Keputusan Kapolri nomor Kep/1723/X/2024 tentang Tanda Kehormatan Keamanan dan Keselamatan Publik, sementara gelar warga kehormatan Brimob didasarkan pada Keputusan Dankorbrimob nomor Kep/114/IX/2019 mengenai tradisi Brimob.

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga memberikan anugerah tanda kehormatan Nugraha Sakanti kepada tujuh Satuan Kerja (Satker) Polri, yakni Korbrimob Polri, Korlantas Polri, Bareskrim Polri, Densus 88 Antiteror Polri, Pusdokkes Polri, Baharkam Polri dan Divisi Hubungan Internasional Polri.

Nugraha Sakanti merupakan tanda kehormatan yang diberikan kepada sebuah kesatuan di lingkungan Polri yang telah berjasa di bidang kepolisian yang bermanfaat bagi bangsa dan negara.

"Tentunya penganugerahan yang diberikan oleh Bapak Presiden kepada kita ini sekaligus menjadi amanah dari Bapak Presiden agar kami semua ke depan akan bekerja dengan lebih baik sesuai dengan apa yang menjadi harapan dan amanah rakyat," ungkap Listyo.

Dia menegaskan, tanda kehormatan untuk tujuh Satker Polri harus menjadi motivasi jajaran demi menjadi lebih baik ke depannya. Dengan begitu, Polri diyakini akan semakin dicintai dan disayangi oleh seluruh masyarakat Indonesia.

"Oleh karena itu, sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada seluruh rekan-rekan Satker institusi, dan seluruh anggota atas kerja kerasnya. Dan kami harapkan ini menjadi semangat, ini menjadi motivasi kita untuk bekerja, mengabdi lebih baik lagi untuk masyarakat, bangsa dan negara," Listyo menandaskan.

(ims)

DPR Sepakat Jumlah Komisi Tambah 2, Total Menjadi 13

By On Oktober 15, 2024

 


sekilasdunia.com - Ketua DPR Puan Maharani menyatakan seluruh fraksi partai di DPR telah menyepakati jumlah komisi di DPR bertambah dua, sehingga total menjadi 13. Kesepakatan itu diputuskan dalam rapat pimpinan dan rapat konsultasi DPR yang digelar pada Senin (14/10/2024) ini.

"Hari ini kami baru selesai tadi menyepakati bersama delapan fraksi di DPR bahwa ada penambahan dua komisi di DPR," kata Puan di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta.

Politisi PDIP itu menuturkan seluruh fraksi juga telah menetapkan siapa saja yang akan memimpin komisi-komisi di DPR secara proporsional.

Puan berharap penambahan dua komisi ini bisa menyesuaikan dengan rencana pemerintahan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

"Sehingga memang ada keselarasan dan sinergi antara legislatif dan eksekutif," ucap dia.

Puan mengatakan mitra kerja komisi I hingga XI DPR masih sama seperti periode DPR sebelumnya. Sementara mitra kerja Komisi XII dan Komisi XIII akan disesuaikan dengan nomenklatur kementerian yang dibentuk Prabowo-Gibran.

"Komisi XII dan XIII-nya nanti akan menyesuaikan seperti apa kementerian yang akan diumumkan oleh pemerintah yang akan datang," tuturnya.

Pada saat yang sama, Puan juga memastikan ada penambahan alat kelengkapan dewan (AKD) baru di DPR bernama 'Badan Aspirasinya Masyarakat'. Tugas badan ini nantinya menampung aspirasi masyarakat.

Terpisah, Ketua Fraksi Partai Golkar Muhammad Sarmuji mengatakan DPR juga sudah sepakat tiap komisi akan diisi sekitar 45 anggota dewan. Ia menjelaskan 580 anggota DPR periode 2024-2029 akan terdistribusi secara merata di 13 komisi yang ada.

"Jumlah anggotanya 44 sama 45 per komisi maksudnya. Jadi, totalnya 580 orang terdistribusi begitu," kata Sarmuji di kompleks parlemen.

Adapun Prabowo Subianto Gibran Rakabuming Raka akan dilantik sebagai presiden dan wakil presiden periode 2024-2029 pada 20 Oktober 2024 dalam Sidang Paripurna MPR.

Prabowo saat ini menjabat sebagai Menteri Pertahanan dan juga Ketua Umum Partai Gerindra. Sementara itu, Gibran adalah putra sulung Presiden RI Joko Widodo. (ims)

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *